25 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraKenaikan Harga Telur serta Ayam Merupakan Siklus Tahunan

Kenaikan Harga Telur serta Ayam Merupakan Siklus Tahunan

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Peternak Unggas Nusantara Kadma Wijaya mengatakan, kenaikan harga bahan pokok untuk telur ayam serta ayam potong yang saat ini terjadi merupakan hal wajar disebabkan siklus tahunan. “Biasanya siklus tahunan saja. Semoga dapat kembali ke harga wajar di atas harga pokok produksi para peternak,” kata Kadma, Jumat (31/12).

Menurut Kadma, tingginya kedua harga bahan pokok tersebut disebabkan adanya kenaikan permintaan pada momen Natal serta tahun baru. “Ada kenaikan permintaan, jadi siklus tahunan biasa,” ujar Kadma.

Kadma menyampaikan, harga kedua bahan pokok tersebut akan kembali ke harga acuan yang ditetapkan Kementerian Perdagangan pada Januari 2022 atau Selesai perayaan malam tahun baru. “Semoga dapat kembali ke harga wajar di atas harga pokok produksi para peternak. Biasanya Januari akan kembali ke harga acuan,” ungkapnya.

Baca juga :  PT Maspion Serahkan Lahan di Jalan Pemuda 17 ke Pemkot Surabaya

Diketahui, harga bahan pokok mengalami kenaikan menjelang awal tahun 2022, mulai dari minyak goreng, telur ayam, ayam potong, hingga cabai.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, beberapa harga bahan pokok seperti telur ayam serta minyak goreng akan turun setelah tahun baru 2022. “untuk telur serta minyak goreng akan terkoreksi menurun setelah tahun baru,” kata Oke.

Menurut Oke, pemicu turunnya harga minyak goreng dipengaruhi oleh turunnya harga Crude Palm Oil (CPO) sebagai bahan baku produksi minyak goreng. Sedangkan, turunnya harga telur dikarenakan menurunnya permintaan telur untuk Bantuan Sosial (Bansos) oleh pemerintah.

Sementara itu, Oke menyampaikan bahwa panen cabai akan terjadi pada Februari, sehingga kemungkinan harga cabai juga mulai turun di waktu tersebut. (ant/nur)

Baca juga :  Satu PMI dari Malaysia Meninggal setelah Dirawat di RS Haji Surabaya

Sumber »

Must Read

Related News