31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraTim PkM Umaha Sidoarjo Dampingi Proses Digitalisasi 2 UMKM

Tim PkM Umaha Sidoarjo Dampingi Proses Digitalisasi 2 UMKM

SIDOARJO – Tim Program Pengabdian pada Masyarakat (PkM) Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo melaksanakan program Peningkatan Usaha Melalui Digitalisasi pada UMKM “Dapur Atha” serta “Keripik Pedas Morang Moreng Snack”.

Program PkM tersebut dibiayai oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset serta Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset serta Teknologi.

Pada 2021 ini, UMAHA Sidoarjo berhasil memenangkan Kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian PTS.

Tim PkM yang pertama ialah Lilla Puji Lestari, S.Si., M.Si./0717057902 (ketua), Khairil Anam, S.Kom, M.Kom/0712109103 (anggota), Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si/0705029201 (anggota), serta Drs. Setiawan, S. Ak., MM./0710066102 (anggota).

Baca juga :  Polda Imbau Pelaku Pencabulan Santriwati Segera Menyerahkan Diri

Mitra dalam PkM kali ini ialah 2 mitra UMKM yaitu Dapur Atha yang bergerak dalam pembuatan keripik gayam serta keripik kering kentang serta Morang Moreng Snack yang bergerak dalam pembuatan keripik pedas.

Lilla Puji Lestari, ketua tim PkM menjelaskan bahwa program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra mengatasi masalah dalam aspek produksi, pemasaran serta manajemen. “Yaitu mitra belum menggunakan mesin Teknologi Tepat Guna (TTG),” jelasnya.

Selain itu, program PkM ini juga membantu mitra dalam mengatasi masalah dalam aspek pemasaran. Yaitu, mitra belum mengetahui tentang manajemen pemasaran khususnya bagi usaha kecil menengah, belum mempunyai Instagram serta Shopee untuk pemasaran serta penjualan produk mitra secara online.

Baca juga :  Nyamar Ojol, Ditangkap saat Antar SS di Rungkut Industri

Lilla menambahkan bahwa dalam program PkM ini juga telah dilakukan penyerahan mesin TTG pada mitra dengan harapan dapat meningkatkan kapasitas produksi dari kedua mitra. (rpp/jay)

Sumber »

Must Read

Related News