27 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraBRI Dominasi Pasar Valas dalam Volatilitas Pasar Global & Pemulihan Ekonomi

BRI Dominasi Pasar Valas dalam Volatilitas Pasar Global & Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis pemerintah dalam jaga stabilitas perekonomian Indonesia melalui peran aktif dalam transaksi operasi moneter Bank Indonesia (BI) serta dalam pasar valas domestik.

Di tengah volatilitas pasar global serta pemulihan ekonomi dunia yang masih terus berlanjut, BRI mampu mempertahankan dominasinya dalam pasar valas Indonesia. Hingga akhir Kuartal III 2021, volume transaksi valas BRI tercatat meningkat 46% secara YoY serta berhasil mendongkrak market share BRI menjadi 11,07% dari total transaksi valas domestik. Produk valas yang ditawarkan BRI juga semakin beragam, baik dari plain vanilla product maupun structured product.

Dominasi BRI dalam pasar valas didukung oleh peningkatan client base sebagai dampak dari makin aktifnya BRI sebagai market maker dalam memenuhi kebutuhan client, baik segmen ritel, korporasi maupun interbank. Solidnya kinerja transaksi valas juga ditopang oleh penguatan layanan transaksi ekspor impor bagi nasabah BRI.

Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi menjelaskan transaksi ekspor impor menjadi salah satu pintu masuk bagi perseroan dalam meningkatkan client base transaksi valas. “BRI terus memperkuat layanan ekspor impor yang melibatkan pelaku usaha Indonesia melalui pendampingan, pengembangan produk, serta strategi pricing yang unggul. Luasnya cakupan bank koresponden serta jaringan unit kerja di dalam maupun luar negeri juga menjadi nilai tambah BRI,” imbuhnya.

Hingga akhir September 2021 transaksi ekspor impor BRI tercatat tumbuh 40% secara YoY dengan pertumbuhan terbesar ada pada segmen ritel (96%) serta korporasi (34%). Capaian tersebut memberikan kontribusi positif pada peningkatan keuntungan spot & derivative dari transaksi valas yang tumbuh sebesar 65% secara YoY. Kinerja positif perseroan dalam pasar valas juga mendapat apreasiasi dari Alpha Southeast Asia sebagai Best FX Bank for Structured Products, Best FX Bank for Money Market Products serta Best FX for Retail Clients di tahun 2021.

Sejalan dengan dominasi dalam pasar uang valas, BRI juga aktif berkontribusi dalam penguatan pasar uang Rupiah melalui transaksi Repo. Hal ini sejalan dengan implementasi Blueprint Pengembangan Pasar Uang (BPPU) 2025 yang diluncurkan oleh BI. Sepanjang tahun 2021, transaksi repo BRI tercatat tumbuh 114,63% secara YoY. Peningkatan transaksi repo ini juga dibarengi dengan perluasan counterparty transaksi repo melalui penandatanganan GMRA. Sebagai wujud komitmen dalam mendukung percepatan pendalaman pasar repo, BRI juga aktif melakukan sinergi serta kolaborasi bersama pelaku pasar uang di Indonesia sebagai strategic partner BRI dalam transaksi pasar uang.

Wujud nyata komitmen BRI dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional juga ditunjukkan dengan partisipasi aktif BRI dalam transaksi operasi moneter BI. BRI merupakan peserta aktif lelang reverse repo serta Term Deposit BI. Hingga akhir Kuartal III 2021 volume transaksi BRI dengan BI secara YoY telah tumbuh 152,11% untuk transaksi reverse repo serta tumbuh 87,87% untuk transaksi Term Deposit Rupiah.

Solidnya kinerja perusahaan tersebut mendapatkan apresiasi dari BI dalam perhelatan Bank Indonesia Award 2021 pada Rabu (24/11). Dalam acara yang disaksikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo, secara virtual tersebut BRI menerima penghargaan sebagai Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah serta Valas Terbaik. BRI dinilai mampu berperan aktif dalam jaga stabilitas nilai tukar rupiah serta mendukung kebijakan stimulus moneter Pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Capaian ini sekaligus sebagai bukti nyata komitmen BRI untuk terus menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional yang akan terus dilanjutkan pada masa mendatang.

“Penghargaan yang diterima ini menjadi pemicu bagi BRI untuk terus memberikan layanan serta produk terbaik bagi masyarakat Indonesia. Apresiasi ini sekaligus menjadi bukti nyata atas dedikasi serta peran BRI sebagai salah satu Bank BUMN dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Ke depannya, BRI akan terus menjadi mitra strategis BI dalam jaga stabilitas moneter negara kita,” pungkas Achmad Royadi. (*/jay)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x