26 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraPLN Selesaikan Pekerjaan SUTT 150 kV Grati – Pier 1

PLN Selesaikan Pekerjaan SUTT 150 kV Grati – Pier 1

PASURUAN – jaga serta meningkatkan keandalan suplai energi listrik baik Tegangan Ting­gi maupun Tegangan Ekst­ra Tinggi di Jawa Timur serta Bali merupakan tugas yang diemban oleh Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM).

Melalui Unit Pelaksana Trans­­­misi (UPT) Probolinggo, PLN berhasil meningkatkan keandalan suplai dengan me­lak­sanakan pekerjaan perbaikan komponen (spacer) yang lepas pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV T.10-T.11 Grati-Pier 1.

Perbaikan dilakukan sebagai tindakan preventif untuk meminimalisir terjadinya gangguan yang berpotensi dapat menyebabkan pemadaman. Hal itu dikarenakan jalur penghantar tersebut merupakan jalur kritikal Grati – Pier dalam penyaluran energi listrik dengan daya mampu mencapai 3.104 Ampere.

Baca juga :  Mendag Harapkan Side Events G20 Mampu Dorong Ekonomi Nasional

“Dalam meningkatkan keandalan pada jaringan transmisi SUTT maupun SUTET memiliki berbagai cara. Salah satunya yang telah dilakukan oleh UPT Probolinggo beberapa hari lalu yaitu perbaikan anomali di jaringan transmisi 150 KV. Kami juga memprioritaskan perbaikan pada jalur-jalur kritis yang memiliki dampak luas apabila terjadinya gangguan,” jelas General Manager UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan tentang pekerjaan di SUTT Grati.

Didik menambahkan, perbaikan dilakukan selama 24 jam dengan 10 personel dari UPT Probolinggo. Selama pekerjaan berlangsung, pemadaman butuh dilakukan tetapi tidak berdampak pada pelanggan sehingga tidak mengganggu suplai listrik ke masyarakat.

“Pekerjaan dilakukan de­ngan tetap mengedepankan keamanan personel serta kenyamanan pelanggan, sehingga perbaikan dapat berjalan lancar serta pelayanan penyaluran energi listrik ke pelanggan juga tetap optimal,” ungkap Didik. (*/jay)

Baca juga :  Humas PN Surabaya Bilang Hakim Itong Tak Punya Riwayat Negatif

Sumber »

Must Read

Related News