27 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraLuhut Ungkap Skenario Pemerintah jika Terjadi Kenaikan Kasus Omicron

Luhut Ungkap Skenario Pemerintah jika Terjadi Kenaikan Kasus Omicron

JAKARTA – Pemerintah menyiapkan skenario penanganan kasus jika terjadi kenaikan drastis penularan varian baru virus Corona, Omicron.

“Pemerintah siapkan langkah-langkah forward looking, atau bahasa tentaranya kontingensis, tindakan-tindakan darurat manakala itu terjadi,” kata Menteri Koordinator Maritim serta Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang juga Koordinator PPKM Jawa Bali. dalam konferensi pers daring disiarkan Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin (20/12).

Skenario penanganan itu diterapkan berdasarkan perubahan jumlah kasus harian, tingkat perawatan di rumah sakit, serta tingkat kematian.

Luhut mengatakan pemerintah akan menggunakan ambang batas (threshold) 10 kasus per juta penduduk per hari atau setara 2.700 kasus per hari.

“Kami threshold 10 juta penduduk per hari, atau 2.700 kasus per hari. Tetapi kami akan mulai pengetatan ketika kasusnya melebihi 500 serta 1.000 kasus per hari. Pengetatan lebih jauh akan dilakukan ketika tingkat perawatan RS serta tingkat kematian di nasional maupun provinsi kembali mendekati threshold level 2,” kata Luhut.

Luhut mengatakan pemerintah akan terus mengawasi pergerakan masyarakat, terlebih menjelang libur Natal serta tahun baru. Dia juga menyoroti jumlah wisatawan yang naik cukup signifikan dibanding pekan lalu.

“Pemerintah terus mewaspadai hal ini dengan mendorong seluruh pemerintah daerah beserta Forkompimda setempat supaya kembali mengontrol kebijakan penerapan PeduliLindungi yang saat ini penggunaan mingguannya turun di 74 persen kabupaten kota di Jawa Bali,” kata Luhut.

Luhut mengingatkan pandemi COVID-19 belum Selesai. disebabkan itu, ia minta keadaan tak diperparah dengan kelalaian dalam menerapkan protokol kesehatan serta euforia berlebihan disebabkan terjadi penurunan kasus.

“Masyarakat tolong perhatikan ini. Tak ada urusan suku, pangkat, apa semua, ini kita semua sama dengan penyakit ini. Kalau tak kompak, kita dapat jadi korbannya. Saya mengajak kita semua berdoa serta melakukan yang terbaik,” kata dia. (antara/jay)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x