28 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraDinas Perhubungan Jatim Siapkan Personil Jelang Penertiban ODOL

Dinas Perhubungan Jatim Siapkan Personil Jelang Penertiban ODOL

SURABAYA – Dinas Perhubungan Jawa Timur berkomitmen mewujudkan Jawa Timur bebas kendaraan Over Dimension serta Over Load atau ODOL. untuk itu kesiapan personil yang bertugas dalam pemantauan serta pengawasan juga terus digiatkan.

Menurut Nyono, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, operator harus segera melakukan normalisasi armada kendaraan angkutan yang tidak sesuai standar produksi serta ketentuan peraturan.

Sebab, kendaraan angkutan yang Over Dimension serta Over Load atau ODOL berpotensi menjadi penyebab kecelakaan serta merusak infrastruktur jalan disebabkan beban muatan yang berlebih.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas serta Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 48 serta 49, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis serta laik jalan.

Baca juga :  Gempa M6,7 di Banten, Warga DKI Berhamburan Keluar Rumah serta Kantor

“untuk pemilik kendaraan pribadi, pastikan kendaraan anda juga dalam keadaan laik jalan sebelum melakukan perjalanan. Cek berkala sesuai anjuran perawatan teknis pabrikan kendaraan,” kata Nyono.

Dinas Perhubungan Jatim Siapkan Personil Jelang Penertiban ODOL

Penggunaan Teknologi Digital

Terkait penerapan tekonologi di era Industri 5.0, Nyono mengaku saat ini pihaknya mematangkan rencana pengembangan ruang kendali berbasis teknologi digital. Melalui ruang kendali digital ini, nantinya semua unit di Dinas Perhubungan di Kabupaten/Kota di Jatim akan semakin terintegrasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Ruang kendali terpadu ini juga akan menjadi pusat layanan masyarakat, khususnya pemantauan berbagai moda transportasi di Jawa Timur. Di bidang transportasi, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur mengawali dengan penerapan teknologi digital berupa Smart Card untuk layanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Baca juga :  Tabur Bunga di Dermaga Madura Koarmada II Surabaya Kenang Pahlawan Laut

“Selain berfungsi sebagai sarana transaksi non-tunai, Smart Card ini juga menyimpan data status kendaraan serta perizinannya,” tandas Nyono.

Dukung Penerapan PPKM Saat Nataru

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur juga siap melaksanakan kebijakan pemerintah tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat libur Natal serta Tahun Baru (Nataru). Di antaranya memantau lalu lintas orang yang menggunakan transportasi umum.

Pemantauan dilakukan di terminal bus, stasiun kereta api serta pelabuhan laut. Tujuannya supaya kuota kapasitas angkutan selama PPKM dilaksanakan sesuai ketentuan. Pemantauan di antaranya dilakukan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) LLAJ Surabaya, Lamongan, Bangkalan, Malang, Madiun, Probolinggo, Jember serta Banyuwangi.

“meski pemerintah membatalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara nasional, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur tetap berkomitmen dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkas Nyono.

Baca juga :  Hallo temen-temen Sidoarjo. Apa kabarLagi pengen perawatan sama pacar kalian, atau sudah ada…

Informasi ini dipersembahkan Forum Lalu Lintas serta Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur///id. (fix/jay)

Sumber »

Must Read

Related News