28 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraLolos dari Krisis serta Songsong Pertumbuhan, Bos BNI Sabet 2 Penghargaan

Lolos dari Krisis serta Songsong Pertumbuhan, Bos BNI Sabet 2 Penghargaan

JAKARTA – Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) Royke Tumilaar menyabet dua penghargaan atas Lifetime Achievement Award in Banking Industry dari CNBC Indonesia serta Top 100 CEO 2021 Infobank.

Tantangan yang muncul dari bauran krisis yang datang bertubi–tubi dalam dua tahun terakhir ini merupakan ujian yang berat bagi setiap orang. Kendati demikian, rangkaian krisis ini menjadi Kawah Candradimuka untuk menguji setiap pemimpin perusahaan serta menemukan para CEO yang handal serta tahan banting.

Pandemi Covid–19 merupakan ujian yang luar biasa bagi perusahaan mana pun di dunia ini. Di Indonesia, krisis yang mulai terasa di bulan Maret 2020 ini menguji daya tahan setiap warga negara dalam mempertahankan hidup akibat sakit, sekaligus menekan resiliensi perekonomian sebagian besar pelaku ekonomi.

Kini, pandemi mulai melandai. Tentunya tepat untuk mengarahkan pandangan ke seluruh penjuru demi menemukan siapa sajakah yang bertahan hidup, bahkan mungkin mampu tumbuh meski didera krisis berkepanjangan.

Baca juga :  Wawali Armuji Optimistis Kota Tua Surabaya dapat Jadi Jujukan Wisatawan

CNBC Indonesia serta Infobank menemukan bahwa salah satu perusahaan yang mampu bertahan serta bahkan tumbuh selama krisis ialah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI (Kode saham: BBNI).

CNBC Indonesia mencatat, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar layak dianugerahi Penghargaan sebagai Lifetime Achievement Award in Banking Industry. Sementara itu, Infobank menetapkan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sebagai salah satu Top 100 CEO 2021 Infobank: Leading Trough Uncertainty 2022.

Kedua penghargaan tersebut diberikan pada Royke Tumilaar dalam sebuah seremoni yang digelar secara terpisah pada Selasa (14 Desember 2021) di Jakarta, dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

Royke menuturkan beberapa catatan yang membuat BNI layak untuk memperoleh penghargaan dari kedua Lembaga tersebut tercermin dari pencapaian positif kinerja bisnis BNI selama tahun 2021.

Baca juga :  Ngamen di Bulak Banteng sambil Nyolong Motor di Parkiran

Laba bersih perusahaan hingga kuartal 3 – 2021 tumbuh 96,7% YoY, terutama didukung oleh mesin bisnis BNI berupa Net Interest Income (NII) serta Fee Based Income (FBI) yang masing-masing tumbuh sebesar 17,7% serta 16,8% YoY.

Jika NII terdongkrak oleh pertumbuhan kredit yang kembali menguat, maka FBI pun turut tumbuh disebabkan selama pandemi, BNI juga semakin mempercepat transformasi digital dalam semua lini pelayanannya. Transformasi digital dilakukan untuk meningkatkan kapabilitas transactional banking, termasuk berkolaborasi dengan fintech serta e-commerce.

Penguatan digital tersebut diantaranya dilakukan dengan mendigitalisasi platform bisnis perusahaan, pengembangan produk-produk digital, serta memperkuat ekosistem digital dengan API Open Banking. “Saat ini, BNI ialah bank yang unggul dalam pengembangan API Open Banking dengan 283 jenis layanan serta sudah dipergunakan oleh 4.000 clients,” ujar Royke Tumilaar.

Adapun untuk bergerak lebih kencang pada tahun 2022, Royke melanjutkan perseroan juga sukses mengeksekusi strategi penguatan modal selama tahun 2021 dengan penerbitan Tier 2 Capital senilai USD 500 juta serta Additional Tier 1 Capital Securities senilai USD 600 juta. Tambahan modal ini menopang akumulasi CAR BNI hingga kuartal III-2021 saja sebesar 19,9% atau naik 3,1% jika dibandingkan dengan akhir tahun sebelumnya.

Baca juga :  Golkar Diprediksi Mampu Memenangkan Kontestasi Pemilu 2024

“BNI selanjutnya, memperkuat service offerings pada nasabah, misalnya melalui pembentukan BNI Sekuritas Singapore untuk mendukung bisnis korporasi serta launching program Xpora untuk mendukung nasabah UMKM Go Global,” katanya.

Faktor-faktor ini yang memperkuat fundamental BNI pada tahun 2021. serta, BNI pun telah siap untuk menjawab tantangan bisnis pada tahun 2022. Tahun 2022 akan menjadi tahun yang lebih baik disebabkan masyarakat telah berangsur-angsur beradaptasi dengan kondisi new normal.  BNI siap berjalan beriringan untuk tumbuh bersama-sama. (*/jay)

Sumber »

Must Read

Related News