25 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraVaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Sasar 126 SD di Surabaya

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Sasar 126 SD di Surabaya

SURABAYA – Vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun digelar di Jawa Timur mulai Rabu (15/12) ini. Pelaksanaan vaksinasi anak dosis pertama di Kota Surabaya menyasar target 227 ribu anak sekolah secara bertahap.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, vaksinasi vaksinasi dosis pertama dilakukan secara bertahap. Dari target 227 ribu anak, hanya 126 sekolah yang mendapat giliran pertama. Sebelumnya, anak-anak ini harus mendapat persetujuan orang tua atau wali murid.

“Ada formulir persetujuan yang wajib diisi oleh orang tua. Pelaksanaan vaksin ini juga langsung dikoordinasi oleh sekolah. Teknisnya sudah diatur sekolah serta tenaga kesehatan dari puskesmas supaya tidak terjadi kerumunan,” kata Febriadhitya, Selasa (14/12).

Pelaksanaan vaksin dimulai pukul 08.00. Setiap puskesmas bertanggung jawab untuk dua sekolah yang berada di wilayahnya. Anak-anak yang baru menjalani imunisasi difteri serta tetanus akan diikutkan pada bulan berikutnya.

“Seribu dosis vaksin per hari untuk anak usia 6-11 tahun. Sebelum mendapat vaksin dosis pertama, anak-anak akan mendapat pemeriksaan riwayat penyakit terlebih dahulu,” kata.

Baca juga :  Toko Mekari, Outlet Produk Olahraga Berkualitas, Terlengkap serta Bergaransi

Vaksinasi anak digeber setiap hari. Jika satu puskesmas ada seribu dosis, maka satu sekolah mendapat jatah 500 dosis sehari. “Sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan pertemuan tatap muka (PTM) diutamakan terlebih dahulu,” katanya.

Febri berharap, pelaksanaan vaksinasi anak dapat berlangsung sesuai target Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya. Yakni, selesai dalam jangka waktu dua pekan. “untuk vaksin dosis dua disesuaikan dengan aturan pelaksanaan vaksin,” katanya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim Dr Makhyan Jibril Al Farabi menjelaskan, vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun digelar di Jawa Timur bersama 10 provinsi lain. Yakni, Provinsi Banten, DI Jogjakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, serta Bali.

“Vaksinasi untuk anak-anak sudah dapat mulai dilaksanakan. Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) bahwa vaksinasi sudah diperbolehkan untuk anak usia 6-11 tahun,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim Dr Makhyan Jibril Al Farabi.

Jibril menambahkan, sebelumnya juga sudah ada keterangan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) maupun Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) yang memperbolehkan vaksinasi usia anak. Sebelumnya sudah dilakukan uji klinis bahwa vaksinasi pada usia 6-11 tersebut aman serta efektif.

Baca juga :  Pemuda Gubeng Airlangga Gantung Diri, Ajak Ibunya Mati Bareng

“Di Jatim ada 21 kota/kabupaten yang sudah diperbolehkan untuk melaksanakan vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun, dinilai dari capaian vaksinasinya. Daerah-daerah tersebut ialah daerah yang sudah mencapai vaksinasi dosis satu untuk umum lebih dari 70 persen serta vaksinasi lansia 60 persen,” jelasnya.

Daerah tersebut Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Tuban, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, serta Kota Surabaya.

“Proses vaksinasi ini dapat diselenggarakan di puskesmas atau dapat datang langsung di sekolah-sekolah yang memang sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” katanya.

Menurut dia, pemberian vaksin Covid-19 dilaksanakan dua dosis. Dengan dosis separo dari dewasa kurang lebih setengah mililiter atau isinya 3 mikrogram dengan jarak empat pekan atau 28 hari. “Anak usia 6-11 tahun itu dipastikan tidak masuk dalam kriteria eksklusi,” ungkapnya.

Baca juga :  Dua Bandit Gasak Motor di Jalan Ketintang

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pelaksanaan vaksinasi anak ini akan dilakukan secara bertahap. Provinsi Jawa Timur masuk tahap pertama disebabkan cakupan vaksinasi dosis pertama telah mencapai di atas 70 persen serta cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen di seluruh kabupaten/kota.

Berdasarkan sensus penduduk, terdata sebanyak 2.048.628 anak yang berusia 6-11 tahun di Jatim. Jenis vaksin yang dipergunakan ialah Sinovac. Kickoff vaksinasi di Jawa Timur rencananya dilakukan di SDN Kaliasin 1 Surabaya sebanyak 764 siswa serta kantor Kecamatan Ngawi sebanyak 300 siswa. Beberapa sekolah lainnya di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, akan dilaksanakan kemudian hari.

“Prinsipnya, daerah yang telah mencapai vaksinasi umum di atas 70 persen serta vaksinasi lansia lebih dari 60 persen serta memiliki stok vaksin Sinovac silakan dimulai vaksinasi anak umur 6-11 tahun,” tutur Khofifah. (rmt/mus/rek)

Sumber »

Must Read

Related News