31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraKonsumsi Kopi Lokal Baru 20 Persen, Terbanyak Masih Suka Brand Luar

Konsumsi Kopi Lokal Baru 20 Persen, Terbanyak Masih Suka Brand Luar

SURABAYA – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Perkebunan, baru 20 persen dari masyarakat yang mengonsumsi kopi maupun kakao lokal. Akan tetapi, masyarakat yang minum dari brand luar mencapai 40 persen.

“Ini kan ironis, makanya harus kita mulai dari diri kita sendiri untuk mendorong konsumsi produk lokal kita,” jelasnya, Minggu (12/12).

Mantan Kepala Dinas Kelautan serta Perikanan Jatim ini minta serta mendorong masyarakat supaya mulai mengkonsumsi kopi serta hasil kakao dari produk lokal. Hal itu diharapkan supaya produk kopi serta kakao di Jatim semakin meningkatkan nilai jual produk yang menguntungkan bagi para petani. “Mulai sekarang, mari kita konsumsi kopi serta kakao kita sendiri, disebabkan masyarakat kita sudah memiliki kopi dengan potensi mutu yang lebih baik,” katanya, kemarin.

Baca juga :  Awkarin Tahun Ini Dinikahi Gangga

Menurut Heru, konsumsi produk lokal ini juga merupakan bagian dari Jatim Agro yang berefek pada perekonomian UMKM. Jika konsumsi kopi serta kakao dapat ditingkatkan, petani lokal secara tidak langsung akan terbantu. “Dengan ini kita dapat menguasai pangsa pasar kopi serta kakao. Setidaknya kita dapat bersaing di tingkat internasional. Mudah-mudahan, kita dapat membangkitkan industri kopi serta kakao kita dalam waktu dekat,” terangnya.

untuk itu, Heru mengingatkan pada seluruh dinas terkait untuk menaikkan mutu kopi serta strategi marketing di pasaran. Pasalnya, memang tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat akan selalu memandang brand serta kemasan. “Saya minta tolong untuk sinergi serta kolaborasinya dengan pihak-pihak terkait untuk memaksimalkan pelatihan. Mungkin dapat diajarkan cara menjual memakai sachet ataupun variasi rasa. Kan ada target marketnya sendiri-sendiri,” tuturnya.

Baca juga :  Ini Alasan Rangnick Tarik Keluar Cristiano Ronaldo

Heru mengatakan, mengonsumsi produk lokal merupakan bagian dari wujud cinta negara.  Brand awareness terhadap produk lokal juga harus ditingkatkan. “Kalau cinta Indonesia, kalau cinta Jawa Timur, berhenti minum kopi atau kakao dari luar. Kalau perlu, setiap kali ke mall, jangan minum kopi di sana. Bawa sendiri dengan Tumblr yang ada logo lokalnya. Apalagi orang-orang pemerintahan, kita harus memberi contoh,” pesannya. (mus/nur)

Sumber »

Must Read

Related News