26 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraPPKM LEVEL 3 BATAL, Ini Aturan Baru Pengetatan Jelang Nataru

PPKM LEVEL 3 BATAL, Ini Aturan Baru Pengetatan Jelang Nataru

JAKARTA – Pemerintahan memutuskan untuk membatalkan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 selama periode libur natal serta tahun baru (nataru) di semua wilayah di Indonesia di tengah ancaman varian baru covid-19, Omicron.

Sebagai gantinya, pemerintah tetap akan memberlakukan kebijakan sebelumnya, berdasarkan assessmen. Dimana per 4 Desember 2021, jumlah kabupaten kota yang tersisa di level 3 hanya 9,4 persen dari total kabupaten/kota di Jawa-Bali, atau hanya 12 kabupaten/kota.

Menko Maritim serta Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru secara merata pada semua wilayah, melainkan memberlakukan sejumlah pengetatan.

“Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri. tetapi kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal serta Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing serta tracing yang tetap digencarkan,” kata Luhut Binsar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (6/12) malam.

Ia juga memastikan perbatasan Indonesia akan tetap diperketat dengan syarat untuk penumpang dari luar negeri ialah hasil tes PCR negatif maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan, serta melakukan karantina selama 10 hari di Indonesia.

Luhut mengatakan pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah menjelang momen Natal serta Tahun Baru. Hal itu juga lantaran penguatan 3T (testing, tracing serta treatment) serta capaian vaksinasi dalam satu bulan terakhir.

“Capaian vaksinasi dosis 1 di Jawa-Bali yang sudah mencapai 76 persen serta dosis 2 yang mendekati 56 persen. Vaksinasi lansia terus digenjot hingga saat ini mencapai 64 serta 42 persen untuk dosis 1 serta 2 di Jawa Bali,” kata Luhut.

Sebagai perbandingan, belum ada masyarakat Indonesia yang divaksinasi pada periode Natal serta Tahun Baru tahun lalu. Hasil sero-survei juga menunjukkan masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19 yang tinggi.

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x