33 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanDigeber Bupati Muhdlor, UMKM Sidoarjo Sudah Nikmati Modal Murah 20 Miliar Rupiah Kominfo,...

Digeber Bupati Muhdlor, UMKM Sidoarjo Sudah Nikmati Modal Murah 20 Miliar Rupiah Kominfo,…

Digeber Bupati Muhdlor, UMKM Sidoarjo Sudah Nikmati Modal Murah 20 Miliar Rupiah

Kominfo, Sidoarjo – Program modal murah dengan bunga hanya 3 persen per tahun yang digeber Pemkab Sidoarjo melalui BUMD BPR Delta Artha telah banyak dinikmati usaha mikro, kecil, serta menengah (UMKM) di daerah tersebut. Tercatat penyaluran tahun ini hingga November 2021 telah menembus angka Rp20 miliar dengan jangkauan hampir 850 UMKM.

Program modal murah bertajuk ”Kredit Sayang” ini diluncurkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali pada Maret 2021 lalu. UMKM dapat mengajukan pinjaman modal hingga Rp200 juta.

”Salah satu kendala UMKM memang soal permodalan. Sehingga kita bikin program modal murah ini, yang termasuk paling murah dibanding program perbankan lain. Kita minta BPR Delta Artha terus memacu penyalurannya, termasuk jemput bola sosialisasi bahwa ada program ini ke komunitas-komunitas UMKM,” jelas Muhdlor, Selasa (7/12/2021).

Dia menjelaskan, skema program tersebut ialah pemerintah daerah melalui APBD menanggung subsidi bunga pada UMKM. Nilai subsidi bunga yang digelontorkan melalui APBD sebesar Rp5,8 miliar. Dengan subsidi bunga yang ditanggung pemeritah daerah, industri perbankan milik Pemkab Sidoarjo tetap mampu menjalankan operasional bisnis dengan baik, serta di sisi lain UMKM dapat terbantu mendapatkan modal murah.

”Masih ada alokasi subsidi bunga yang belum terserap, sehingga ini ada ruang untuk memacu penyaluran Kredit Sayang. Dana dari rakyat, kita kucurkan untuk subsidi bunga, tentu manfaatnya juga harus ke rakyat. Makanya monggo UMKM Sidoarjo manfaatkan ini,” jelas Gus Muhdlor, sapaan akrab bupati alumnus Universitas Airlangga tersebut.

Gus Muhdlor menambahkan, selain tetap menggeber Kredit Sayang berbunga murah 3 persen per tahun, Pemkab Sidoarjo juga bakal menjalankan program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA) pada tahun depan. KURMA ialah skema bantuan modal Rp5-50 juta untuk kelompok perempuan terutama dari keluarga kurang mampu. Alokasi dana untuk KURMA disiapkan puluhan miliar dari APBD Sidoarjo 2022.

”Jadi kalau Kredit Sayang ini untuk UMKM yang sudah jalan dengan prosedur khas perbankan tetapi bunganya sangat murah hanya 3 persen.”

Sumber » @pemkabsidoarjo

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x