30 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraLapangan THOR Dulu Markas Klub Sepak Bola Belanda

Lapangan THOR Dulu Markas Klub Sepak Bola Belanda

SURABAYA – Lapangan THOR (Tot Heil Onzer Ribbenkast) merupakan salah satu lapangan sepak bola tua yang ada di Kota Surabaya. Lapangan ini lokasinya berada di Jalan Padmosusastro Nomor 74 A.

Pemerhati sejarah sepak bola Dhion Prasetya mengatakan, lapangan THOR dahulu merupakan markas klub kesebelasan THOR. Klub THOR sendiri berdiri pada 7 September 1901. THOR memiliki kepanjangan Tot Heil Onzer Ribbenkast yang memiliki arti Demi Tulang Rusuk Kita.

“Lapangan tersebut dahulu markas klub sepak bola warga Eropa bernama THOR. Yang isinya orang-orang Belanda saja,” ujar Dhion pada Radar Surabaya.

Dhion menambahkan, keberadaan lapangan THOR usianya hampir sama dengan lapangan Bogowonto yang letaknya tak jauh dari lapangan THOR. “Dari dahulu lokasinya juga di situ. THOR sama Bogowonto hampir sama usianya,” bebernya.

Ia menyebutkan, sejak dahulu lapangan THOR sudah memiliki tribun. Uniknya tribun lapangan THOR hanya ada di sisi barat lapangan. “Tribunya dulu dari kayu yang usianya tua, sudah ada sejak 1920-an. Hanya ada di sisi barat,” ucapnya.

Keberadaan tribun kayu tersebut, lanjut Dhion, kini sudah tidak ada. Tribun lapangan THOR sudah direnovasi menjadi lebih modern. Bahkan di tribun sudah terpasang kursi single seat. “Sekarang tribunnya sudah bagus. Zaman saya kecil masih menjumpai tribun kayu,” kenangnya.

Menurut Dhion, lapangan THOR cukup dikenal sejak zaman kolonial. Lapangan dahulu juga dilengkapi tanah di sekeliling luar pinggirnya. “Dahulu pinggirnya berupa tanah, tanah cokelat bukan lintasan. Sekarang kan ada lintasan atletiknya,” paparnya. (rus/nur)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x