27 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraPemkot Surabaya Diminta Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

Pemkot Surabaya Diminta Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

SURABAYA – Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya minta pemerintah kota setempat menggelar operasi khusus minyak goreng curah menyusul harga komoditi tersebut yang mengalami kenaikan dalam sebulan terakhir.

“Kami berharap pemkot segera mengambil sejumlah langkah guna menekan kenaikan harga minyak goreng curah di pasaran,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno saat memantau harga minyak goreng di Pasar Genteng, Surabaya, Sabtu.

Menurut Anas, harga minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional Surabaya mengalami kenaikan dari sebelumnya di kisaran Rp11.000 hingga Rp15.000 kini di pasaran mencapai Rp20.000 per kilogram. Anas mengatakan tingginya harga minyak goreng curah di pasaran Kota Surabaya dipicu turunnya panen sawit pada semester kedua.

untuk itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya perlu melakukan sejumlah langkah yakni menggelar operasi pasar khusus komoditi minyak goreng curah, kemudian melakukan pengawasan terhadap distributor minyak goreng bekerja sama dengan kepolisian.

Selain itu, melakukan pendataan berkala kebutuhan masyarakat untuk minyak goreng serta mendorong pemkot segera berkoordinasi dengan Bulog supaya mendapatkan pasokan minyak goreng.

“Kami berharap tidak ada yang salah dengan tata kelola minyak. Mudah-mudahan tidak ada permainan harga minyak goreng menjelang Hari Raya Natal serta Tahun Baru 2022,” kata politikus PDIP ini.

Sementara itu, salah seorang pedagang minyak goreng di Pasar Genteng, Liong, mengatakan, harga minyak goreng curah untuk dua kilogram yang sebelumnya Rp36.000 sekarang Rp40.000, satu kilogram dari Rp13.000 menjadi Rp20.000 serta jirigen isi 5 liter dari Rp75.000 menjadi Rp90.000.

“Sudah satu bulan ini harga minyak goreng curah naik. Omset kami turun. Semoga tahun baru turun. Sekarang orang pilih curah lebih murah,” katanya.

Hal sama juga dikatakan pedagang lainnya David Sutanto yang mengatakan harga minyak goreng curah naik terus sementara stok mulai menipis. “Saya sudah minta dikirim pabrik. Tapi sampai saat ini belum dikirim,” katanya.

Sementara itu, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surabaya sudah melakukan beberapa langkah di antaranya menjalin kerja sama dengan distributor minyak goreng curah serta menggelar operasi pasar digelar di 31 kecamatan di Surabaya.

Kepala Distribusi Dinas Perdagangan (Disdag) Surabaya Trio Wahyu Bowo mengatakan, operasi pasar di kecamatan itu bermaksud untuk mendekatkan komoditi pasar pada warga. Sehingga warga tidak perlu lagi kebingungan serta kesulitan mencari minyak goreng curah. (antara/jay)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x