26 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraWali Kota Eri Cahyadi Ingin UMK Surabaya Rp 7 Juta

Wali Kota Eri Cahyadi Ingin UMK Surabaya Rp 7 Juta

SURABAYA – Kalangan serikat buruh masih memprotes kenaikan upah minimum provinsi (UMP) Jatim yang hanya 1,2 persen atau Rp 22.790. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun menemui perwakilan serikat buruh di Balai Kota Surabaya, Jumat (26/11).

Menurut Eri Cahyadi, pertemuan dengan perwakilan serikat buruh untuk menampung aspirasi yang akan disampaikan pada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Ada tiga kategori perusahaan. Yakni, kategori perusahaan lokal, perusahaan go public/interlokal, serta perusahaan asing.

“Usulan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu Rp 4,3 juta sekian. Kalau dari SPSI itu beda-beda, seperti perusahaan lokal diusulkan Rp 4,3 juta, yang perusahaan go public Rp 4,6 juta sekian, serta perusahaan asing Rp 4,7 sekian,” jelasnya.

Baca juga :  Bekupon di Tenggumung Dirobohkan gegara Jadi Ajang Judi Merpati

Eri berharap ke depannya jika ada permasalahan atau usulan dapat dimusyawarahkan bersama. Tujuannya untuk jaga kebersamaan serta kegotongroyongan antara Pemkot Surabaya serta masyarakat.

“Saya ingin UMK Surabaya itu Rp 7 juta. Kalau suami gajinya kurang dari UMK, maka kita akan mengajak istri serta anak-anaknya yang usianya produktif untuk dilatih UMKM,” katanya.

Sementara itu, Kadisnaker Kota Surabaya Achmad Zaini menambahkan, pada pertemuan kali ini ada berbagai usulan. Di antaranya, untuk usaha kecil atau atau UMKM disesuaikan dengan kesepakatan antara pengusaha serta pekerja. Kemudian, perusahan TBK diusulkan oleh SPSI Surabaya ada kenaikan 5 persen.

Selain itu, perusahaan besar yang memiliki modal dalam negeri diusulkan ada kenaikan 7,5 persen. Sedangkan perusahaan besar dengan modal asing diusulkan ada kenaikan 9 persen dari UMK sekarang. “Itu usulan dari dewan pengupahan. Kewenangan UMK sepenuhnya ada di gubernur. Wali kota serta bupati sekadar merekomendasikan,” kata Zaini.

Baca juga :  Kemendag Lepas Ekspor Olahan Sorgum NTB ke Timor Leste serta Malaysia

Di lokasi yang sama, Ketua Konfederasi SPSI Surabaya Dendi Prayitno menyampaikan banyak terima kasih pada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang telah menampung usulan UMK di Kota Pahlawan. “Prinsip dasarnya, semua aspirasi SPSI Surabaya sudah diakomodir semua,” katanya. (rmt/rek)

Sumber »

Must Read

Related News