26 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanNing Sasha Kunjungi UMKM di Kawasan Kecamatan Gedangan Kominfo, Sidoarjo- Ketua PKK Sido...

Ning Sasha Kunjungi UMKM di Kawasan Kecamatan Gedangan Kominfo, Sidoarjo- Ketua PKK Sido…

Ning Sasha Kunjungi UMKM di Kawasan Kecamatan Gedangan

Kominfo, Sidoarjo- Ketua PKK Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor yang juga merupakan Ketua Dekranasda Kabupaten Sidoarjo berkunjung sentra UMKM di Desa Tebel Kecamatan Gedangan. Di desa ini usaha industri kecil serta kerajinan menjadi mata pencaharian warganya. Bersama dengan pengurus PKK serta Dekranasda Sidoarjo, Ning Sasha gowes dari pendopo menuju desa Tebel untuk melihat langsung produksi Aloevera diolah menjadi minuman segar yang dapat menghasilkan rupiah. Sabtu, (27/11/2021).

Kampung Bendo Macrame di Desa Tebel Barat ini ibu-ibu menanam Aloevera yang yang minuman segar. Selain itu juga perangkat desa yang dipelopori Suroto sering mengadakan pelatihan ketrampilan kerajinan tangan seperti membuat kain jumputan serta gantungan kunci. Ada juga teras baca serta mini library yang disebar di 8 titik yang dapat dibaca oleh siapa saja.

Baca juga :  Hari Jadi ke 163 Kabupaten Sidoarjo diperingati setiap tanggal 31 Januari diawali dengan rangka…

Ning Sasha mengapresiasi kreativitas warga desa Tebel yang juga merupakan salah satu kampung literasi di Sidoarjo. Hampir semua warganya menggeluti ekonomi kreatif. Mayoritas perempuan di desa ini semangat ikut pelatihan dalam mengembangkan kemampuannya membuat kerajinan tangan serta membuat makanan yang dapat menambah nilai ekonomi keluarga.

“Semoga ke depan kampung literasi ini menjadi kampung jujugan wisata edukasi bagi para pelajar, saya akan menjembatani dengan dinas pendidikan untuk dapat mewujudkan hal ini. Seperti kampung Batik, kampung Topi, kampung Bebek yang sudah lebih dulu dikenal. Saya akan usulkan ke kementerian pariwisata jika di sidoarjo ada Desa Literasi serta warganya kreatif, harapannya kampung ini akan dikunjungi pemerintah pusat serta dinobatkan sebagai tempat wisata edukasi,”kata Ning Sasha.

Baca juga :  UPAYA KENDALIKAN INFLASI BUPATI MUHDLOR SIDAK HARGA SEMBAKOInflasi atau kenaikan harga barang…

Setelah dari kampung literasi rombongan bergeser ke Desa Punggul untuk memanen Cabai bersama. Disini ada kurang lebih 3 Ha sawah yang ditanami Cabai, Bawang merah serta Melon. Kunjungan dilanjutkan ke home industri Bordir atribut sekolah, seperti Dasi, Bedge. Desa Punggul Kecamatan Gedangan biasa disebut kampung Topi. Rata – rata omset perbulan dari hasil menjual Topi serta atribut sekolah itu mencapai 10 juta rupiah.

Yu/ir kominfo.

Sumber » @pemkabsidoarjo

Must Read

Related News