29 C
Sidoarjo
BerandaVideoHari Pahlawan mari Jaga Persatuan Jangan Mau Diadu Domba serta Gelorakan...

Hari Pahlawan mari Jaga Persatuan Jangan Mau Diadu Domba serta Gelorakan Gotong Royong

Sidoarjo – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan lebih dari satu abad yang lalu serta sejak Belanda masuk bangsa Indonesia terpecah-pecah disebabkan politik adu domba. tetapi akhirnya kita semua menyadari bahwa bangsa Indonesia ialah bangsa dengan suku, ras serta agama yang berbeda-beda. Perbedaan itu diharapkan tidak menjadi pemecah belah persatuan. Justru sebaliknya perbedaan diharapkan dapat memperkaya serta memperkuat bangsa Indonesia.

Pesan itu disampaikan Bupati Gus Muhdlor saat bertindak menjadi inspektur upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Rabu, (10/11).

“Kita harus terus menggelorakan gotong royong persatuan serta kesatuan Indonesia,”pintanya.

Gus Muhdlor juga mengatakan toleransi terhadap perbedaan yang ada harus terus dijaga. Seperti halnya semboyan bhinneka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Gus Muhdlor minta saat ini harus lebih maju ditahun sebelumnya. Hal itu harus dilakukan untuk membuktikan pada dunia bahwa kita semua dapat mewujudkan cita-cita para pahlawan.

“Kita bukan bangsa yang lemah yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah dari penjajah, tetapi secara bersama kita dapat mengalahkan serta mengusir bala tentara terkuat dunia, ” ucapnya.

Dikatakannya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya harus menjadi contoh. Pertempuran yang kini diperingati sebagai hari pahlawan tersebut harus dicontoh sebagai satu tekad gigih berjuang serta pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun. Selain itu semangat pertempuran saat itu seakan tidak mengenal keterbatasan ataupun halangan. Hal seperti itu yang harus menjadi semangat saat ini dalam mengisi kemerdekaan.

“Jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal usul semangat pantang menyerah ini harus kita resapi, lestarikan sebagai bangsa untuk menghadapi tantangan serta ancaman apapun, kita ialah anak serta cucu kandung dari pahlawan bangsa,”pintanya.

Dirinya minta semangat, tekad serta keyakinan pahlawan bangsa harus menjadi inspirasi generasi penerus bangsa. Hal tersebut sejalan dengan tema hari pahlawan tahun ini yakni pahlawanku inspirasi ku. Dikatakannya musuh bersama sesungguhnya saat ini ialah kemiskinan serta kebodohan. serta potensi untuk mengalahkannya sangat besar. Pasalnya Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah serta letak geografis yang strategis.

“Melalui peringatan hari pahlawan tahun 2021 ini, marilah kita bersama bahu membahu dengan penuh keikhlasan serta rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan dapat memberikan kontribusi bagi bangsa serta negara sesuai dengan kemampuan serta profesi masing-masing,”ajaknya.

Dalam upacara peringatan hari pahlawan pagi tadi juga disematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya oleh bupati Sidoarjo serta wakil bupati Sidoarjo serta ketua DPRD Sidoarjo. Satyalancana Karya Satya ialah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada Pegawai Negeri Sipil yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

Sumber »

Must Read

Related News