30 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraMulai Tahun 2022 Urus Adminduk di Surabaya Cukup lewat Aplikasi Online

Mulai Tahun 2022 Urus Adminduk di Surabaya Cukup lewat Aplikasi Online

SURABAYA –  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kota Surabaya. Saat ini Surabaya mempunyai Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk (Swargaloka) yang dibuat oleh Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya. tetapi penggunaan aplikasi tersebut baru dapat dipergunakan 1 Januari 2022.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi me-launching Swargaloka di Mall Pelayanan Publik Siola, Rabu (27/10). Swargaloka ini merupakan publikasi yang berkaitan dengan informasi seputar pelayanan Adminduk di Kota Surabaya. Nantinya, informasi pelayanan tersebut dapat diakses oleh masyarakat Kota Surabaya melalui media sosial (medsos), yakni Youtube, Instagram, Twitter, hingga Spotify.

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, peluncuran Swargaloka tersebut terinspirasi dengan sosial media yang dimiliki oleh Humas Pemkot Surabaya. Serta, menjadi salah satu cara untuk mendekatkan pelayanan adminduk pada masyarakat.

Baca juga :  Pemkot Surabaya Diminta Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

“Kami mencoba mengemas informasi pelayanan adminduk melalui platform Youtube, Instagram, serta Podcast untuk lebih memudahkan warga,” katanya.

Ia mengaku, selama ini banyak warga yang belum mengetahui mudahnya mengurus adminduk. Bahkan publikasi adminduk sangat kurang sehingga warga masih belum dapat memanfaatkan pelayanan adminduk kami yang sudah kami sediakan di tingkat kelurahan. Seperti layanan adminduk yang terintegrasi dengan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya maupun Pengadilan Agama (PA).

“Ya itu sudah kami sediakan tapi jumlah pemohonnya masih sedikit. Mungkin kurang publikasi jadi ini kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan layanan adminduk,” ungkapnya.

Pihaknya tengah menyiapkan tiga langkah strategis untuk aplikasi online yang dapat diakses oleh masyarakat Kota Surabaya mulai Januari 2022 mendatang. Pertama ia akan menyiapkan peraturan, disebabkan tidak semua warga dapat melakukan layanan online secara mandiri. Kedua, menyiapkan sistem aplikasi, serta ketiga ialah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari warganya.

Baca juga :  Hafiz/Gloria Amankan Satu Tiket Perempat Final Indonesia Masters

“Swargaloka ini menjadi salah satu perkakas melalui materi informasi media sosial yang akan membantu warga Surabaya untuk mulai belajar menggunakan aplikasi online nantinya,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap dengan adanya Swargaloka akan lebih memudahkan jalinan komunikasi antara Pemkot Surabaya dengan masyarakat terkait pelayanan adminduk, supaya lebih mudah mendengarkan aspirasi warga. Sebab, pada Januari 2022, Eri mengaku, warga Kota Surabaya diharapkan sudah dapat mengakses pelayanan adminduk melalui aplikasi online.

“Insyaallah nanti per 1 Januari 2022, warga dapat mendapat pelayanan adminduk cukup menggunakan aplikasi online. Jadi dapat diakses di rumah atau dimana saja,” ujar Eri.

Dispendukcapil telah memiliki aplikasi Kalimasada, yakni aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapat pelayanan adminduk serta akan memberikan pelatihan di tingkat RT terkait aplikasi tersebut. “Alhamdulilah membuat saya semakin yakin, bahwa pelayanan kependudukan dapat berhenti di tingkat Kelurahan. Bila hal itu tercapai, berarti semua pelayanan sudah dekat dengan masyarakat. Nantinya akan beralih menggunakan aplikasi online,” pungkasnya. (rmt/nur)

Baca juga :  Diduga Pikun, Pengemudi Mercy Lansia Lawan Arus di Tol JORR Tabrak 3 Mobil

Sumber »

Must Read

Related News