27 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanDiskominfo Sidoarjo Dorong Masyarakat Berani Melaporkan Peredaran Rokok Ilegal Kominfo,...

Diskominfo Sidoarjo Dorong Masyarakat Berani Melaporkan Peredaran Rokok Ilegal Kominfo,…

Diskominfo Sidoarjo Dorong Masyarakat Berani Melaporkan Peredaran Rokok Ilegal

Kominfo, Sidoarjo – Puluhan warga Kecamatan Prambon mengikuti Sosialisasi Ketentuan Dibidang Cukai Pemberantasan Rokok Ilegal. Kepala Seksi (Kasi) Layanan Informasi Dinas Komunikasi serta Informatika (Diskominfo) Muhammad Wildan dalam laporannya menyampaikan target dari Sosialisasi mengajak peran serta masyarakat dalam memberantas peredaran rokok ilegal dengan tidak membeli atau menjual rokok tanpa cukai. Kamis, (28/10/2021)

“target sosialisasi ini kita mengajak masyarakat untuk ikut bersama-sama memerangi peredaran rokok ilegal dengan cara tidak membeli rokok tanpa cukai serta kita dorong masyarakat untuk berani melaporkan bila melihat peredaran rokok ilegal di Sidoarjo,” jelas Wildan.

“Kita mengundang sebanyak 75 orang, semuanya warga Kecamatan Prambon” tambahnya.

Baca juga :  TANAMKAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA DIRI SENDIRI…

Sosialisasi yang ke-21 ini dibiayai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini menghadirkan narasumber dari Bea Cukai Juanda, Bagian Perekonomian Setda Sidoarjo serta Satpol PP Sidoarjo.

Materi sosialisasi diantaranya mengidentifikasi ciri-ciri rokok ilegal. Bagi yang biasa merokok akan lebih mudah membedakan antara rokok ilegal serta legal. Salah satunya dengan melihat adanya pita cukai. Kemudian rokok yang dipasang pita cukai bekas, cirinya pita cukainya sudah tidak rapi disebabkan bekas dipasang. Identifikasi ketiga pemalsuan pita cukai. Ciri dari pita cukai palsu ialah jenis kertas yang dipakai. disebabkan bahan kertas pita cukai asli hampir sama dengan bahan uang kertas.

“Ciri pita cukai yang asli memiliki serat. Serat pita cukai dapat diambil dengan cara dibasahi terlebih dahulu. Kalau pita cukai palsu dari hasil print akan berbeda sekali. Disetiap pita cukai ada hologram. Tahun 2021 tema pita cukai Biota Laut. Ada gambar Karang atau Gelembung-Gelembung Air. serta ada gambar huruf Z bila dilihat dari bawah sinar matahari serta ada tulisan BCRI (Bea Cukai Republik Indonesia). Pita cukai asli tercetak dengan jelas,” terang Rizki dari Kantor Bea Cukai Juanda.

Baca juga :  Bertemu PMII, Bupati Sidoarjo: Harus Jadi Agen Lawan IntoleransiKominfo, Sidoarjo – Bup…

“Peredaran rokok ilegal benyak melibatkan para perempuan. Pengepakan rokok lebih banyak menggunakan tenaga perempuan..

Lanjut komentar.

Sumber » @pemkabsidoarjo

Must Read

Related News