27 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanPuluhan Buruh Pabrik Rokok Di Kecamatan Jabon Mendapat Pelatihan Ketrampilan Kerja Dari...

Puluhan Buruh Pabrik Rokok Di Kecamatan Jabon Mendapat Pelatihan Ketrampilan Kerja Dari DBHCHT…

Puluhan Buruh Pabrik Rokok Di Kecamatan Jabon Mendapat Pelatihan Ketrampilan Kerja Dari DBHCHT

KOMINFO,Sidoarjo – Upaya mewujudkan 100 ribu lapangan kerja baru yang menjadi program prioritas Bupati serta Wakil Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali S.IP serta H. Subandi SH terus dilakukan OPD Sidoarjo. Salah satunya oleh Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo yang getol memberikan pelatihan ketrampilan kerja pada warga Sidoarjo. Seperti pelatihan pemijatan bayi, pastry, SPA refleksiologi, perawatan kulit yang pagi tadi dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali di Kecamatan Jabon, Rabu, (27/10). Ada puluhan pekerja pabrik rokok yang ikut dalam pelatihan yang dibiayai dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Sidoarjo tersebut. Hampir seluruh pesertanya perempuan.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor minta pada peserta pelatihan untuk serius mengikutinya. Jangan sampai pelatihan semacam ini hanya dipergunakan untuk mengambil uang saku pelatihannya saja. Pasalnya anggaran yang dipergunakan tidak sedikit. Semisal satu peserta yang lulus sertifikasi kompetensi membutuhkan biaya Rp. 1,5 juta. Selanjutnya, Gus Muhdlor minta peserta pelatihan untuk dapat mempraktekkan hasil dari pelatihan yang didapat.

“Jenengan harus serius,”pintanya.

Gus Muhdlor berharap dengan pelatihan seperti ini akan dapat mengurangi pengangguran. Dikatakannya tingkat pengangguran dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo cukup tinggi. Angkanya mencapai 10,98 persen meski saat ini mulai menurun. Oleh karenanya ucap Gus Muhdlor, peningkatan kapasitas kompetensi warga Sidoarjo perlu didorong. Menurutnya peningkatan kompetensi hal yang wajib dilakukan suatu daerah terhadap penduduknya. Dengan itu, suatu daerah akan menjadi daerah yang berdaya saing.

“Peningkatan kapasitas seperti ini wajib didorong, supaya masyarakat mempunyai daya saing menghadapi persaingan era global saat ini,”ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gus Muhdlor mengatakan Kabupaten Sidoarjo memiliki kawasan industri baru di Desa Kalisogo Jabon. Warga Kecamatan Jabon menjadi prioritas untuk dapat bekerja di kawasan industri tersebut.

Lanjut komentar

Sumber » @pemkabsidoarjo

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x