29 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraSebelum 10 November Revitalisasi THP Kenjeran Rampung  

Sebelum 10 November Revitalisasi THP Kenjeran Rampung  

SURABAYA – Penataan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran terus dikebut. Saat ini pengerjaan hanya menyelesaikan stan pedagang. Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat serta Kawasan Permukiman Cipta Karya serta Tata Ruang (DPRKPCTR) Kota Surabaya Iman Krestian mengatakan, pengerjaan stan pedagang sudah mencapai 70 persen. Ditargetkan akan rampung di bulan November nanti.

“untuk pengerjaan lainnya sudah rampung, tinggal penyediaan area pedagang (stan),” katanya, Senin (25/10).

Stan yang dibangun sebanyak 204 yang terdiri dari stan pedagang kerupuk serta souvernir berjumlah 72 stan. Kemudian stan untuk pedagang makanan serta baju berjumlah 132 stan. “Total stannya 204. Saat ini kami sedang menyelesaikan stan-stannya. Jadi target rampung sebelum 10 November,” ungkapnya.

Baca juga :  Sri Mulyani: Pemerintah Harus Belajar dari Delta untuk Tangani Omicron

Revitalisasi THP Kenjeran dimulai November 2020 dengan menggunakan anggaran hibah pariwisata sekitar Rp 1,2 miliar serta kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan swakelola dengan anggaran Rp 200 juta.

Iman mengaku, pengerjaan revitalisasi ini secara bertahap sehingga anggaran yang dikeluarkan juga bertahap. “Sekarang kita kerjakan secara swakelola lagi dengan anggaran Rp 200 juta juga,” ungkapnya.

Secara keseluruhan konsep baru ini lebih difokuskan pada landscape serta ruang terbuka yang memperlihatkan pemandangan laut dipadu dengan Jembatan Suroboyo. Selain itu panggung di tepi pantai yang biasanya untuk pertunjukan musik dangdut akan diganti dengan panggung semi permanen. Yang letaknya dapat diubah-ubah.

“Panggungnya kita bongkar disebabkan menghalangi view Jembatan Suroboyo. Selain itu kondisinya juga rusak. Jadi kami ganti yang semi permanen serta lebih kekinian,” jelasnya.

Baca juga :  Axiata-XL Axiata Teken MoU Jual Beli Saham, Ambilalih 66,03% Saham Link Net

Lanjut Iman, untuk area bermain ditata ulang serta dibedakan berdasarkan zona sehingga ada space yang luas. “Nanti di sisi utara akan dibuat lebih privat disebabkan ada lapangan voli pantai. Jadi konsepnya anak muda. Sedangkan sisi selatan untuk pedagang, tapi juga ada area bermain,”imbuhnya.

Pihaknya juga memperbaiki drainase di area sekitar disebabkan selama ini kawasan itu sering banjir apabila hujan.

Sementara itu Kepala UPTD THP Kenjeran, Wisata Air Kalimas serta Wisata Religi Ampel, Saidatul Mahruna mengatakan, THP Kenjeran masih belum dibuka disebabkan masih adanya revitalisasi yang belum rampung. tetapi ia juga tidak mengetahui kepastian wisata pantai itu dibuka. “Yang diperbaiki banyak. Jadi kalau sudah selesai se,” katanya. (rmt/nur)

Baca juga :  PT Maspion Serahkan Lahan di Jalan Pemuda 17 ke Pemkot Surabaya

Sumber »

Must Read

Notes notes …

Related News