28 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraWarga Pemegang KIS Tak Terlayani di 17 RS di Surabaya

Warga Pemegang KIS Tak Terlayani di 17 RS di Surabaya

SURABAYA – Warga Kota Surabaya pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) hingga saat ini belum dapat terlayani secara gratis di 17 rumah sakit daerah. Sebab, ke-17 rumah sakit terkait belum menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Distribusi KIS di RW se-Surabaya sudah bagus. Rumah sakit yang kerja sama dengan BPJS Kesehatan harus lebih banyak serta baik dalam pelayanannya,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti di Surabaya, Jumat (22/10).

Menurut dia, ada 17 dari 59 rumah sakit di Surabaya yang belum menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Hal ini menyebabkan warga Surabaya pemegang KIS tidak dapat terlayani secara gratis di rumah sakit itu.

Baca juga :  Anak Bos MNC Ini Resmi Dipacari Kevin Sanjaya

Kota Surabaya telah menerapkan Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta pada 1 April 2021. Jumlah penduduk yang menjadi peserta BPJS Kesehatan saat itu mencapai 84,4 persen dari total penduduk sebanyak 2,9 juta jiwa.

untuk itu, Reni berharap kerja sama antara rumah sakit dengan BPJS Kesehatan diperbanyak supaya kejadian ditahannya surat keterangan lahir (SKL) warga Maospati oleh rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan BPJS disebabkan tidak mampu bayar persalinan, tidak terjadi lagi.

Apalagi, kebijakan Jaminan Kesehatan Semesta yang digagas Wali Kota Surabaya itu membawa beban APBD Surabaya yang besar serta diperkirakan setahun mencapai Rp 400-an miliar untuk iuran JKN BPJS.

Baca juga :  50 Ribu Pekerja di Jatim Terdampak Pandemi Covid-19

Kebijakan UHC, kata dia, hal baik dari wali kota patut diapresiasi serta perlu diimbangi dengan ketercukupan fasilitas kesehatan yang kerja sama dengan BPJS, serta itu leading sektornya ada di dinas kesehatan.

“Saya mendorong makin banyak RS yang kerja sama dengan BPJS supaya warga Surabaya lebih banyak pilihan mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau serta berkualitas,” katanya. (ant/opi)

Sumber »

Must Read

Related News