28 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraPeduli Pendidikan, AXA Mandiri Syariah Salurkan Dana Bangun Perpustakaan

Peduli Pendidikan, AXA Mandiri Syariah Salurkan Dana Bangun Perpustakaan

JAKARTA – PT AXA Mandiri Financial Services unit Syariah (AXA Mandiri Syariah) menyerahkan secara simbolis dana bantuan senilai Rp 300 juta pada Yayasan Investa Cendekia Amanah (YICA). Bantuan tersebut merupakan sebagian dana surplus underwriting tahun 2020 senilai lebih dari Rp 640 juta yang diserahkan sebagai dana sosial.

Dana bantuan tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan perpustakaan bagi para santri di area Pesantren Cendekia Amanah yang berlokasi di Depok. Penyerahan simbolis dana bantuan yang dilanjutkan dengan peresmian perpustakaan oleh Direktur AXA
Mandiri Uke Giri Utama serta Ketua Yayasan Investa Cendekia Amanah K.H. Muhammad Cholil Nafis yang dilakukan bertepatan dengan peringatan hari santri nasional, serta memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Direktur AXA Mandiri Uke Giri Utama menyatakan, “Bantuan dana untuk pembangunan perpustakaan ini merupakan salah satu wujud kepedulian AXA Mandiri Syariah di bidang pendidikan. Sebagai mitra dari masyarakat, selain menyediakan solusi perlindungan asuransi yang akan membantu melindungi hal terpenting bagi masyarakat, kami juga berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam menciptakan kualitas hidup yang lebih baik, salah satunya ialah melalui pendidikan.”

Pada saat peninjauan lokasi perpustakaan, K.H. Cholil Nafis menyebutkan bahwa bantuan AXA Mandiri Syariah dalam pembangungan perpustakaan ini memberikan manfaat yang besar bagi kelangsungan pendidikan para santri. “Keberadaan perpustakaan dengan berbagai buku yang nantinya akan membantu para santri dalam
membaca buku-buku referensi yang berupa buku manual serta digital,” katanya.

(ISTIMEWA)

Dalam sejarah keilmuan Islam selalu ditandai dengan adanya perpustakaan yang lengkap. Di masa pemerintahan al-Makmun dinasti Abbasiyah pernah dibangun perpustakaan Baitu Al-Hikmah yang menjadi pusat keilmuan Islam.

“Di pesantren Cendekia Amanah akan menjadikan budaya baca sebagai sarana literasi pada para santri dalam melakukan kajian Islam serta ilmu umum dengan lebih baik. Jadi perpusatakaan yang dibantu oleh AXA Mandiri Syariah merupakan investasi dunia serta akhirat. Di dunia sebagai dasar membangun peradaban serta di akhirat menjadi bekal kebajikan yang terus mengalir pahalanya,” tambah K.H Cholil seraya mengucapkan terima kasih serta mendoakan AXA Mandiri Syariah supaya terus sukses serta berhasil.

Di tahun sebelumnya, AXA Mandiri Syariah juga turut memberikan bantuan dalam pembangunan Khadijah Learning Center sebagai pusat pendidikan bagi muslimah yang ingin belajar keterampilan. Hasil keterampilan yang berupa barang tersebut, nantinya dapat dijual, sehingga dapat membantu keuangan keluarga. Selain itu, AXA Mandiri Syariah juga memberikan bantuan seribu paket logistik pendidikan pada anak-anak kurang mampu supaya tetap dapat melakukan kegiatan belajar dari rumah, sebagai respon terhadap kebijakan berkegiatan dari rumah akibat pandemi COVID-19.

Penyaluran Dana Surplus Underwriting ialah selisih lebih total kontribusi pemegang polis atau peserta ke dalam dana Tabarru’ ditambah total recovery klaim dari reasuradur dikurangi pembayaran santunan/klaim/manfaat, kontribusi reasuransi, serta kenaikan penyisihan teknis, dalam satu periode tertentu sebagaimana ditetapkan Berita Pers PR-015/X/COMS-AMFS/2021 Public dalam Polis.

Pada tahun 2020, AXA Mandiri Syariah mencatatkan dana surplus underwriting mencapai lebih dari Rp 4.7 miliar. Sesuai ketentuan polis, dana surplus tersebut sebagian dibagikan pada peserta, sebagian ditambahkan ke dalam dana Tabarru’ serta sebagian dibagikan pada Pengelola. Peserta yang memperoleh dana surplus di bawah Rp 50 ribu akan dikumpulkan serta disalurkan sebagai dana sosial.

Dana sosial yang terkumpul sejumlah lebih dari Rp 640 juta kemudian diserahkan pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk disalurkan pada berbagai pihak dalam mendukung program pemenuhan kebutuhan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat yang terdampak COVID-19. Program-program tersebut di antaranya ialah bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, serta kemanusiaan.

Penyaluran sebagian dana surplus underwriting ini merupakan komitmen perusahaan dalam menjalankan amanah para peserta asuransi AXA Mandiri Syariah. Pada tahun 2020, AXA Mandiri Syariah telah memberikan perlindungan asuransi syariah pada lebih dari 48 ribu peserta. Sedangkan dari sisi pendapatan kontribusi, di tahun 2020 AXA Mandiri Syariah mencatatkan pendapatan kontribusi sebesar lebih dari Rp 434 miliar.

Pendapatan tersebut diperoleh melalui berbagai macam produk asuransi syariah, seperti Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah, Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah, dll. Berbagai solusi perlindungan tersebut dipasarkan melalui ratusan cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) di seluruh Indonesia.

Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI mempunyai potensi bagi pemasaran produk AXA Mandiri Syariah serta menjadi partner yang sangat tepat disebabkan paling mengerti akan kebutuhan pengelolaan keuangan secara Syariah, khususnya bagi masyarakat muslim di Indonesia. (*/jay)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x