26 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanTahukah kamu Era Society 5.0, apa itu? Era super smart society (society 5.0) diperkenalkan...

Tahukah kamu Era Society 5.0, apa itu? Era super smart society (society 5.0) diperkenalkan ol…

Tahukah kamu

Era Society 5.0, apa itu?

Era super smart society (society 5.0) diperkenalkan oleh Pemerintah Jepang pada tahun 2019, yang dibuat sebagai antisipasi dari gejolak disrupsi akibat revolusi industri 4.0, yang menyebabkan ketidakpastian yang kompleks serta ambigu (VUCA). Dikhawatirkan invansi tersebut dapat menggerus nilai-nilai karakter kemanusiaan yang dipertahankan selama ini.

Dalam menghadapi era society 5.0, yang diperlukan ialah meningkatkan kualitas SDM. Selain pendidikan beberapa elemen serta pemangku kepentingan seperti pemerintah, Organisasi Masyarakat (Ormas) serta seluruh masyarakat juga turut andil dalam menyambut era society 5.0 mendatang.
untuk menjawab tantangan Revolusi industri 4.0 serta Society 5.0 diperlukan kecakapan hidup abad 21 atau lebih dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thingking, Communication, Collaboration).

Sementara itu di abad 21 kompetensi yang diharapkan dimiliki masyarakat supaya tidak tertinggal ialah memiliki kemampuan 6 Literasi Dasar (literasi numerasi, literasi sains, literasi informasi, literasi finansial, literasi budaya serta kewarganegaraan).
Tidak hanya literasi dasar tetapi juga memiliki kompetensi lainnya yaitu mampu berpikir kritis, bernalar, kretatif, berkomunikasi, kolaborasi serta memiliki kemampuan problem solving.

Berdasarkan riset World Economic Forum (WEF) 2020, terdapat 10 kemampuan utama yang paling dibutuhkan untuk menghadapi era Revolusi Industri 5.0 yaitu dapat memecahkan masalah yang komplek, berpikir kritis, kreatif, kemampuan memanajemen manusia, dapat berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, kemampuan menilai serta mengambil keputusan, berorientasi mengedepankan pelayanan, kemampuan negosiasi, serta fleksibilitas kognitif. 10 Kemampuan ini juga relevan dalam menghadapi Society 5.0.

Dulur Sidoarjo, apakah sudah siap menghadapi era Society 5.0 ?

Wld/kominfo.

Sumber » @pemkabsidoarjo

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x