31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraTokopedia Kerja Sama dengan 100 Pemda untuk Pembayaran PBB secara Online

Tokopedia Kerja Sama dengan 100 Pemda untuk Pembayaran PBB secara Online

SURABAYA –  Kemajuan teknologi informasi membuat semua lini kehidupan terasa semakin mudah. Bukan hanya sektor bisnis saja, tetapi pelayanan publik kini juga semakin mudah serta nyaman. Salah satunya ialah pembayaran Pajak Bumi serta Bangunan (PBB) yang dapat dilakukan secara online lewat platform digital, Tokopedia.

Menurut Emmiryzan, Kepala Divisi Kebijakan Publik serta Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, saat ini pihaknya telah melakukan kerjasama dengan 100 kota/ kabupaten di Indonesia dimana semua  pembayaran PBB dimasing-masing kota/ kabupaten tersebut dapat dilakukan secara digital lewat Tokopedia.

Yang terbaru, Tokopedia dipercaya Pemerintah Kota Surabaya dalam penyediaan akses digital pelayanan publik lewat fitur pembayaran PBB secara online di Loket Pajak Tokopedia. Pihaknya  dipercaya sebagai modern channel pertama yang melayani pembayaran PBB secara online di Surabaya.

“Dengan ini kami ingin mempermudah masyarakat mengakses layanan publik dengan lebih nyaman, cepat serta aman hanya dari genggaman tangan,” kata Emmiryzan, Senin (18/10).

Dijelaskan, fitur pembayaran PBB di Tokopedia diharapkan dapat mempersingkat proses administrasi masyarakat dalam membayar pajak. Inovasi ini juga dapat memaksimalkan potensi penerimaan negara demi pemerataan ekonomi secara digital sekaligus membantu pemulihan ekonomi untuk #BangkitBersama di tengah pandemi.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Tokopedia yang telah menghadirkan fitur pembayaran PBB online untuk Surabaya.

Selain memudahkan membayar pajak di mana serta kapan saja, upaya ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. “disebabkan pajak sangat berperan dalam pembangunan daerah.” kata Eri Cahyadi

Cara pembayaran PBB Surabaya lewat Tokopedia sangat mudah. Masyarakat cukup memilih kota/kabupaten yang ingin dibayarkan, dalam hal ini Surabaya. Setelah itu, masukkan nomor pembayaran/nomor pokok objek pajak/SPPT PBB di halaman yang tersedia. Pilih keterangan tahun lalu nilai tarif akan muncul sebagai tagihan PBB.

Pembayaran dapat dilakukan dengan 50 metode pembayaran, termasuk pembayaran secara cicilan, transfer bank, uang elektronik, gerai offline seperti minimarket serta kantor pos serta masih banyak lainnya. Masyarakat juga dapat menggunakan kode promo “PBBSurabaya” untuk mendapatkan cashback hingga Rp10.000 selama 8 – 31 Oktober 2021. (fix/jay)  

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x