26 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraVaksin Merah Putih Produksi Unair Bakal dipergunakan untuk Booster

Vaksin Merah Putih Produksi Unair Bakal dipergunakan untuk Booster

SURABAYA – Saat ini tim peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) sedang menyelesaikan laporan uji praklinis pascauji praklinis tahap kedua. Laporan tersebut bakal dikirimkan ke Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) untuk dievaluasi.

“Hari ini (Jumat, Red) kita akan diskusikan lebih lanjut dengan Kemenkes terkait hasil uji praklinis tahap kedua. Kemudian kita akan konsultasi lagi dengan BPOM berkaitan dengan kecukupan sampel serta lain-lain,” kata Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih, Jumat (15/10).

Menurut Nasih, vaksin buatan anak negeri tersebut dapat dipergunakan untuk proses vaksinasi booster tahun 2022. Sasarannya masyarakat kurang mampu di tanah air. “Kawan-kawan di Kemenkes sudah memberikan komitmen untuk dapat menggunakan vaksin ini (Merah Putih). Nantinya untuk proses vaksinasi atau mungkin untuk booster,” ungkapnya.

Baca juga :  Kadin Jatim Percepat Pemulihan Ekonomi Pascapandemi dengan Pameran BBI

Nasih menjelaskan, izin untuk uji klinis vaksin telah diberikan BPOM. Nantinya uji klinis akan dilakukan di RSUD dr Soetomo, Surabaya. tetapi, Nasih belum dapat memastikan pelaksanaan kapan uji klinis vaksin.

“Insya Allah, enggak sampai tahun depan. Yang jelas, kami sudah tanda tangan kontrak dengan RSUD dr Soetomo untuk dapat menyiapkan seluruh kebutuhan (uji klinis). Semua kita serahkan ke kawan-kawan dr Soetomo untuk rekrutmen relawan, pelaporan, serta sebagainya,” jelas Nasih.

Menurut dia, hasil uji praklinis I serta tahap II sesuai dengan harapan meskipun ada beberapa kendala di lapangan. Vaksinnya juga cukup efektif saat diujicobakan ke satwa makaka serta mencit. (rmt/rek)

Sumber »

Must Read

Related News