30 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraMasjid Al-Akbar Surabaya, Masjid Megah yang Tampung 36 Ribu Jemaah

Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid Megah yang Tampung 36 Ribu Jemaah

SURABAYA – Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kota Pahlawan. Saat ini suasana masjid terbesar di Jatim ini sudah mulai ramai mulai dari yang beribadah hingga yang berdagang di sekitar masjid.

MAS dibangun di atas lahan seluas 11,2 hektare dengan kapasitas 36 ribu jemaah, masjid ini ternyata dibangun dengan perhitungan teknologi yang sangat matang.

Humas Masjid Al-akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan, ada cerita menarik dibalik sejarah pembangunan masjid ini yakni panitia pembangunan proyek mendatangkan langsung marmer dari Lampung untuk keperluan pengadaan lantai.

“Selain murah serta berkualitas, marmer dari perbukitan lampung dianggap memiliki jumlah warna yang banyak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan masjid,” katanya.

Baca juga :  AS-Uni Eropa-Asia Ramai-Ramai Larang Turis dari 8 Negara di Afrika Selatan

MAS dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Wali Kota Surabaya saat itu, H Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. tetapi, disebabkan krisis moneter pembangunannya dihentikan sementara waktu.

“Tahun 1999, masjid ini dibangun lagi serta selesai tahun 2001. Pada 10 November 2000 masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid,” jelas Helmy. (mus/nur)

Sumber »

Must Read

Related News