26 C
Sidoarjo
BerandaVideoSIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) Pelayanan Digital Kabupaten Sidoarjo #Inovasi

SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) Pelayanan Digital Kabupaten Sidoarjo #Inovasi

Sipraja “One Stop Service Aplikasi” Layanan Digital Kabupaten Sidoarjo

Sejak dilaunching tahun 2019 Aplikasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo atau Sipraja menjadi satu-satunya aplikasi pelayanan online yang mengintegrasikan layanan pemerintah mulai dari desa/kelurahan, kecamatan sampai ke tingkat Dinas Teknis atau perangkat daerah di Kabupaten Sidoarjo. Sipraja hadir untuk memberikan pelayanan publik prima pada masyarakat yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan teknologi yang semakin dinamis.

Sipraja didesain sebagai aplikasi layanan satu pintu atau “One Stop Service Aplikasi” untuk urusan pelayanan perizinan serta non perizinan yang selama ini banyak dibutuhkan masyarakat.

Terdapat 24 jenis layanan yang tersedia yang dapat diakses non stop 24 jam. Pemohon tinggal memilih jenis layanan yang sudah dibagi menjadi 3 Tipe.

untuk mengurus surat domisili,surat keterangan biodata penduduk, surat keterangan kematian, Surat keterangan umum desa, SKDU serta layanan pengajuan BPUM serta layanan pengantar pernikahan masuk dalam layanan tipe A.

Sedangkan untuk tipe B terdapat layanan mengurus surat keterangan umum kecamatan, Kartu Keluarga serta SKTM online, serta surat keterangan umum kecamatan

Bagi masyarakat yang ingin mengurus Kartu Pencari Kerja, mengurus IMB maksimal 400m2 2lantai serta mengurus Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK dapat masuk ke dalam menu layanan tipe C.

Dimasa pandemi Covid-19, Aplikasi Sipraja yang digagas oleh Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sidoarjo itu menjadi solusi bersama. Baik pemerintah maupun masyarakat sama-sama mendapatkan kemudahan. Pemerintah dapat melayani dengan optimal serta masyarakat terlayani dengan baik.

Pelayanan dalam Genggaman menjadi Motto Sipraja. Kemudahan dari Sipraja tidak hanya mengurus izin lewat online dari website maupun andorid saja, ada “Value-Add” atau nilai tambah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Masyarakat dimanjakan dengan fasilitas layanan antar surat gratis serta layanan cetak mandiri. untuk mengoptimalkan layanan antar surat, Pemkab Sidoarjo bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia.

Menggunakan aplikasi ini pemohon juga dapat melakukan cetak mandiri atau print dari rumah surat yang sudah selesai diverifikasi serta sudah ditandatangani secara elektronik. Sistem ini sudah melalui uji keabsahan dari BSSN atau Badan Siber serta Sandi Negara. Jadi Masyarakat tidak perlu khawatir lagi disebabkan surat yang dikeluarkan dijamin aman serta sah dimata hukum.

Hadirnya Sipraja mendukung Visi Misi Kabupaten Sidoarjo dalam mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Transparan serta Tangkas Melalui Digitalisasi untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik serta Kemudahan berusaha di Kabupaten Sidoarjo.

Aplikasi Sipraja dapat diakses melalui :
1. Download aplikasi di Google Play Store atau,
2. Buka Website Sipraja https://sipraja.sidoarjokab.go.id/index.php/login

Sumber »

Must Read

Related News