25 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanKetua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa'adah Muhdlor (Ning Sasha) mengunjungi tempat sentra...

Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Muhdlor (Ning Sasha) mengunjungi tempat sentra Usah…

Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Muhdlor (Ning Sasha) mengunjungi tempat sentra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pembuatan peralatan Dapur seperti Panci serta Dandang. Letaknya di Desa Kebakalan Kecamatan Porong.

Bersama pengurus TP-PKK, Ning Sasha berangkat dari Pendopo Delta Wibawa gowes bareng menuju Desa Bakalan. Desa ini lebih dikenal dengan sebutan desa Panci disebabkan mayoritas warganya berprofesi pembuat Panci. Sabtu, (25/9/2021).

Dalam kunjungannya Ning Sasha menyampaikan pemulihan ekonomi sektor UMKM penting dilakukan. Salah satunya melalui promosi.

Selain itu, target lain dari kunjungannya ke kampung Panci disebabkan ingin lebih banyak lagi mengenal sentra UMKM yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Selain yang sudah familiar seperti Kampoeng Batik Jetis serta Sentra Industri Tas serta Koper Tanggulangin.

Baca juga :  Pemulihan ekonomi Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu fokus penting serta utama selain urusan k…

Menurut Istri Gus Muhdlor itu keberadaan UMKM mendukung pertumbuhan ekonomi Sidoarjo. Seperti sentra UMKM penghasil panci atau dandang yang lebih dikenal dengan usaha sayangan ini.

“Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam pemulihan ekonomi yaitu melalui promosi serta bermula dari sini akan ada dukungan dari pemerintah. Khususnya Disperindag dapat mengangkat potensi usaha daerah serta dapat dikembangkan supaya menjadi jujugan sebagai wisata desa panci,” katanya.

Mayoritas warga desa Kebakalan memilih profesi sebagai pengarajin Panci serta dandang. Profesi ini sudah turun temurun dari zaman kakek mereka. Hingga saat ini masih dapat bertahan sekalipun dalam kondisi masa pandemi ini. Dalam sehari rata-rata mampu memproduksi 1000 panci serta 500 dandang.

Baca juga :  Vaksinasi istimewa yang diikuti oleh lansia, disabilitas serta ibu hamil di Desa Jedongcangkring …

“Saya sangat menyayangkan hasil produksi ini malah lebih terkenal di luar daerah Sidoarjo bahkan sampai di luar Jawa. Inj menjadi PR kita bersama untuk membangkitkan lagi supaya sentra industri ini menjadi jujugan masyarakat lokal maupun dari luar serta sekaligus membangkitkan UMKM yang ada di desa-desa,” katanya.

Sejalan dengan Ning Sasha, Camat Porong Khoirul Anam menyampaikan semoga dengan adanya kunjungan ini akan lebih mengangkat lagi produksi dalam daerah seperti usaha sayangan ini. YU/IR

Sumber » @pemkabsidoarjo

Must Read

Related News