30 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanPemkab Sidoarjo melalui Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo gelar penyuluhan bimbingan jabatan Bursa...

Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo gelar penyuluhan bimbingan jabatan Bursa Ke…

Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo gelar penyuluhan bimbingan jabatan Bursa Kerja Khusus (BKK) sistem antar kerja dalam jejaring info lowongan kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) serta Antar Kerja Antar Negara (AKAN) bagi siswa SMK. Kali ini dilakukan di SMK TPI Gedangan, Rabu, (15/9).

Kegiatan ini untuk memfasilitasi lulusan SMK untuk terjun ke dunia kerja. Pemkab Sidoarjo menyediakan bursa kerja khusus dengan lowongan kerja yang dapat dipilih. Seperti lowongan kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) serta Antar Kerja Antar Negara (AKAN).

Dinas Tenaga Kerja sudah memiliki data peluang kerja lokal, antar daerah maupun antar negara. Perusahaan mana saja yang menerima pegawai sudah tercatat oleh Disnaker. Seperti yang saat ini sedang dilakukan penjajakan kerjasama dengan dua perusahaan yang berada di Jepang.

Baca juga :  Vaksinasi usia 12-17 tahun dosis 2 pada seribu pelajar digelar Pemkab Sidoarjo bersama PT. Ka…

Dengan luasnya jejaring kerja itu, lulusan SMK harus lebih meningkatkan kompetensinya. Ada banyak faktor untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK. Selain dari peran gurunya juga dari sarana serta prasarana sekolah. Seperti terdapat akses praktek di dalam sekolah maupun diluar sekolah.

Link and Match antara pendidikan dengan dunia kerja oleh sebab itu menjadi hal yang perlu terus diusahakan dengan banyak upaya kolaborasi. Hal ini sekaligus untuk mewujudkan visi serta misi Bupati Sidoarjo dalam menciptakan 100 ribu lapangan kerja baru. Dengan tingkat pengangguran terbuka yang mencapai 10,97 persen, maka penciptaan lapangan kerja baru ini akan mereduksi jumlah pengangguran yang ada.

Lulusan SMK potensial untuk mendapatkan pekerjaan secara langsung di perusahaan, tetapi juga dapat menjadi pengusaha. “Saya lebih cenderung berharap supaya warga Sidoarjo banyak yang menjadi wirausaha, menjadi pengusaha disebabkan kemandirian usaha akan menciptakan lapangan-lapangan kerja yang baru sehingga akan terjadi penurunan tingkat pengangguran terbuka secara efektif,” ujar Bupati Sidoarjo, Gus Muhdlor sebagaimana diwakili oleh Sekretaris Daerah Ahmad Zaini.
(Git/Ir/Kominfo).

Baca juga :  Salah satu dari 17 program yang saat ini dikebut Bupati Sidoarjo ialah membuka 100 ribu lapang…

Sumber » @pemkabsidoarjo

WhatsApp Image 2021 08 22 at 14.51.40

Must Read

WhatsApp Image 2021 08 22 at 14.51.40

Related News