29 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaJemaah Masjid di Sidoarjo Sembelih 41 Sapi Plus 27 Kambing Kurban, 5...

Jemaah Masjid di Sidoarjo Sembelih 41 Sapi Plus 27 Kambing Kurban, 5 Jam Tuntas

SIDOARJO, – Penyembelihan 41 sapi serta 27 kambing kurban di areal Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Kabupaten Sidoarjo pada Hari Raya Idhuladha 1442 H, Selasa (20/7/2021) pagi, tuntas hanya dalam waktu 5 jam.

Selain anggota panitia dari jemaah masjid, takmir masjid setempat juga mendatangkan 8 jagal yang dikerahkan untuk menyembelih puluhan sapi serta kambing itu.

“Alhamdulillah tadi penyembelihan mulai sekitar pukul 07.30 WIB serta selesai pukul 12.20 WIB,” kata Ketua Takmir Masjid Siti Suci Nur Rohmah, H S Makin Rahmat pada ..

Makin menuturkan, selain penyembelihan pemotongan daging juga sangat cepat, sebab pihaknya menggunakan mesin potong.

“Ada tiga mesin pemotong yang langsung dioperasionalkan. Jadi cepat selesai, tinggal distribusikan saja,” akunya.

Baca juga :  PANDEAN sidoarjonang sidoarjo onok beberapa spot heritage , salah siji e pandean.nang pandea…

Aba Makin, sapaan karibnya menjelaskan, semua hewan kurban yang disembelih itu berasal dari warga. Ia merinci, untuk jumlah 41 ekor sapi itu terdiri dari 38 ekor ialah program tabungan (arisan) warga perumahan yang berkurban.

“Lalu satu sapi dari Sekda Sidoarjo serta dua sapi lainnya kurban pribadi warga sekitar. Kalau yang yang 27 ekor kambing itu dari warga sekitar serta tetangga perumahan,” jelasnya.

Sementara untuk pendistribusian daging kurban tersebut, pihak panitia tidak khawatir kewalahan, sebab telah memiliki list siapa saja yang menerima.

“Total ada 128 daftar lembaga penerima diantaranya yayasan, panti asuhan, majelis taklim, guru TPQ hingga para fakir miskin yang sudah terdaftar,” jelasnya.

Baca juga :  Terbakar Cemburu, Warga Nganjuk Tewas Dikeroyok di Sidoarjo

untuk menghindari kerumunan, para penerima daging kurban itu diakomodir oleh koordinator masing-masing.

“Kordinator datang serta membawa daging dengan daftar yang akan menerima. Jadi kami tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perum Magersari Sidoarjo dibangun pada November 1998, tepatnya pada Ahad, 15 Rajab 1419 Hijriah. Sejak berdiri hingga saat ini, jemaah warga setempat berperan aktif dalam memakmurkan masjid.

Hal itu terbukti dari tahun ke tahun saat Hari Raya Idhul Adha selalu banyak jemaah yang berkurban. Bahkan dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan. Hal itu terlihat dari kurban tahun ini lebih banyak kurban sapi dari tahun sebelumnya.

Baca juga :  Jembatan layang masangan kembali ada kecalakaan truk. Truk terguling saat akan naik jembatan la…

“Kalau tahun lalu sebanyak 35 ekor sapi serta 35 ekor kambing,” ungkapnya. Ia menyebut sudah selama 6 tahun ini kurban meningkat signifikan.

“Alhamdulillah kami bersyukur melalui program menabung kurban rutin yang diinisiasi jamaah warga Perumahan Magersari setiap tahun dapat berkurban, dapat bermanfaat bagi semua orang. Semoga beliau semua selalu mendapat perlindungan Allah SWT,” pungkas Aba Makin yang juga menkabat Ketua LPBH NU Sidoarjo.

 

Sumber »

Must Read

Related News