25 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPenggali Makam Sidoarjo Temukan Ribuan Uang Koin Kuno, Diduga dari Zaman Dinasti...

Penggali Makam Sidoarjo Temukan Ribuan Uang Koin Kuno, Diduga dari Zaman Dinasti Song

SIDOARJO, – Ribuan uang koin kuno (uang gobok) seberat 34 kilogram, ditemukan warga saat melakukan penggalian makam di Dusun Sigit RT 01 RW 03, Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon, Sidoarjo.

Temuan uang gobok yang diduga terdapat pada masa Dinasti Song, sekitar tahun 1054-1055 masehi tersebut ditemukan oleh Suroto (50) serta para penggali makam lainnya saat pemakaman ibu Nanik, Minggu (27/6/2021) sekitar pukul 01.00 WIB.

“Waktu selesai menggali makam, ganco (alat gali. Red) saya itu membentur uang gobok ini, bunyinya cring gitu,” ujar Suroto, penggali makam saat di temui di rumahnya, Senin (28/6/2021).

Saat ditemukan, uang Gobok itu mengkristal di dalam tanah. Sehingga, Suroto membuat lubang melingkar supaya uang gobok tersebut dapat di ambil. “Jadi ‘wungkul’ gitu,” terang Suroto.

Baca juga :  DAWET BAKERAN pasar larangan...Sopo tau rene ??? salah satu warisan sidoarjo selain batik je...

Oleh Suroto serta para penggali makam lainnya, uang tersebut kemudian diamankan di Balai Dusun Sigit, Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. “Beratnya ada 34 kilogram,” katanya.

Sementara Tri Kisnowo, Penggiat Budaya asal Sidoarjo mengatakan, bahwa ribuan koin kuno ini diduga terdapat pada masa Dinasti Song pada tahun 1054-1055 atau akhir kerajaan Kahuripan.

“Kalau berdasarkan hasil studi refrensi, temuan ini ada kesamaan dengan temuan yang ada di Banyuwangi. Tim cagar budaya di sana mengatakan kalau koin seperti ini dari Dinasti Song,” terangnya.

Menurut studi refrensi nya, tulisan yang ada di koin itu dibaca Tian Xi Tong Bao. Nah pada tahun 1054-1055 masehi yang diduga akhir dari kerajaan Kahuripan, itu mengacu pada bukti prasasti Gandhakuti tahun 1056 masehi.

Baca juga :  3M gimana toh bapak/[email protected] @khofifah.ip antrian vaksin sampai mbludak ginivideo ini d...

Sumber »

MUST READ
JANGAN LEWATKAN
- Advertisement -