21 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanPemkab Sidoarjo Kembangkan Pertanian Urban Farming KOMINFO,Sidoarjo- Upaya meningkatkan produk...

Pemkab Sidoarjo Kembangkan Pertanian Urban Farming KOMINFO,Sidoarjo- Upaya meningkatkan produk…

Pemkab Sidoarjo Kembangkan Pertanian Urban Farming

KOMINFO,Sidoarjo- Upaya meningkatkan produktifitas pertanian terus dilakukan Pemkab Sidoarjo. Salah satunya dengan mengembangkan pertanian urban farming.Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali S.IP atau Gus Muhdlor mengatakan PDRB Kabupaten Sidoarjo dari sektor pertanian sangat kecil. Hanya 2 persen. Selebihnya disumbang sektor industri serta sektor lainnya. Hal tersebut dikemukannya saat menerima kunjungan Kepala Badan Penyuluhan serta Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr di pendopo Delta Wibawa, Jumat, (25/5). Dalam kunjungannya, BPPSDMP ingin mengajak kerjasama dalam peningkatan SDM penyuluh pertanian serta petani Sidoarjo.

Gus Muhdlor melanjutkan Kabupaten Sidoarjo menjadi kabupaten penyangga Surabaya. Salah satunya penyangga di bidang pertanian. tetapi dibidang itu saat ini tidak optimal. untuk itu upaya mengoptimalkan produktifitas pertanian terus dilakukan. Salah satunya melalui peningkatan SDM petani maupun penyuluh pertanian.

Baca juga :  Selamat malam #wargajatim? Semoga kita semua dalam keadaan sehat yaBerikut ialah data terkin...

“Kehadiran beliau (kepala BPPSDMP) untuk meningkatkan produktifitas tidak lain dengan meningkatkan SDM penyuluhnya, Kabupaten Sidoarjo berkomitmen untuk itu semua,”ucapnya.

Gus Muhdlor sendiri melihat saat ini masyarakat Sidoarjo tidak berminat bertani. Para pemilik sawah lebih memilih menjual sawahnya. Mereka beramsumsi bahwa lebih menguntungkan menjual sawah dibandingkan dengan bertani sepuluh tahun kedepan. Melihat hal itu dirinya minta ada perubahan paradigma dari pertanian sawah ke pertanian urban farming.

“Kecenderungan itu merubah paradigma dari pertanian yang seharusnya disawah seperti sekarang ini harus ke urban farming,”ucapanya.

Kepala BPPSDMP Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi mendukung pengembangan urban farming yang di lakukan Kabupaten Sidoarjo. Dukungannya dimulai dengan peningkatan kapasitas penyuluh pertanian maupun petani itu sendiri. Termasuk petani milennial yang menjadi sasaran peningkatan SDM bagi pengembangan urban farming.

Baca juga :  Perpanjangan pemberlakuan PPKM sd 2 Agustus 2021...

“Arahan beliau ini akan kita support, dimulai dengan peningkatan kapasitas penyuluh pertanian termasuk petani milennial,”ucapnya.

GIT.

Sumber » @pemkabsidoarjo

MUST READ
JANGAN LEWATKAN
- Advertisement -