30 C
Sidoarjo
BerandaTechnologyGadgetReview Gadget, Review Realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial dengan Baterai Awet...

Review Gadget, Review Realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial dengan Baterai Awet serta Kaya Fitur

Jakarta, PortalSidoarjo.com – Tak hanya smartphone 5G yang diperkenalkan Realme bulan ini, serangkaian produk AloT terbaru pun juga ikut diperkenalkan oleh Realme. Mereka diantaranya yakni dua varian smartwatch kekinian, yakni Realme Watch 2 serta Realme Watch 2 Pro.

Yap, seperti yang sudah kita ketahui, smartwatch merupakan salah satu aksesoris pintar yang saat ini semakin diminati banyak orang lantaran dapat dipergunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Para produsen gawai pun berlomba dalam menciptakan smartwatch besutannya dengan beragam kemampuan andal yang ditawarkan, begitupun dengan Realme.

Seakan tak ingin kehilangan momentum emas ini, Realme terus memberikan peningkatan spesifikasi terhadap perangkat wearables nya, yang dilakukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan anak muda. Oleh karenanya, melalui Realme Watch 2 Pro, Realme menawarkan harga terjangkau dengan berbekal spesifikasi canggih serta desain nan trendi sehingga mudah dijangkau oleh lebih banyak masyarakat Indonesia, khususnya para millennials.

Kali ini, team Selular berkesempatan untuk menjajal series terbaru dari Realme Watch 2 Pro berwarna Silver. Ingin tahu kecanggihan fitur dari smartwatch ini? Langsung saja, berikut team Selular sajikan untuk Anda :

Review Realme 8 5G : Smartphone 5G Rp3 Jutaan, Bodi Ramping Performa Kencang

Cara Pengoperasian

Realme Watch 1

Realme Watch 1Realme Watch 1

Tentu saja, hal pertama yang harus diketahui pengguna ialah tentang bagaimana cara pengoperasiannya.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan ialah dengan me-install aplikasi ‘Realme Link’ di playstore ataupun Apple app store. Perlu digaris bawahi, jam tangan pintar ini dapat dipergunakan untuk perangkat Android maupun iOS.

Setelah aplikasi Realme Link ter-install, selanjutnya pastikan smartwatch Realme Watch 2 Pro sudah menyala. Cara turn-on nya ialah cukup dengan menekan tombol fisik di area samping kanan perangkat selama kurang lebih tiga detik, kemudian plih bahasa yang ingin dipergunakan, lalu klik scan QR untuk selanjutnya dilakukan proses pairing melalui aplikasi Realme Link di smartphone Anda. Perlu diingat, jangan lupa untuk mengaktifkan konektivitas Bluetooth sebelum proses pairing dilakukan.

Desain

Realme Watch 4

Realme Watch 4Realme Watch 4

Masih sama dengan arloji Realme sebelumnya, Realme Watch 2 Pro ini sangat ringan serta nyaman pada saat dipergunakan. Bagaimana tidak, meski terkenal dengan layarnya yang cukup lebar, tetapi jam tangan pintar ini memiliki bobot hanya 40 gram, yang dimana 2 gram lebih berat dari sang adik, yakni Realme Watch 2.

Kemudian, strap pada Realme Watch 2 Pro berbahan karet dengan tulisan jargon andalan Realme yaitu “Dare to Leap” yang tak terlalu besar. meski berbahan karet, strap dari arloji ini terkesan sangat elastis, tebal, serta mudah dicuci. Sehingga tak perlu takut kotor jika Anda menggunakan varian warna Silver. Juga, pengaitnya pun terbilang erat serta kencang sehingga tak perlu khawatir smartwatch ini jatuh pada saat dipakai di pergelangan tangan, meski dibawa pada keseharian yang sangat aktif.

Realme Watch 2 Pro hadir dengan dua opsi warna yakni hitam serta silver, serta memiliki total ukuran keseluruhan sebesar 255,2 x 8,9 x 12,65 mm dengan strapnya yang memiliki lebar seluas 22 mm. Jika dilihat dari segi desain, menurut penulis smartwatch ini memang sangat cocok diperuntukkan bagi anak muda.

Selain menyuguhkan desain masa kini yang apik nan elegan, aksesoris pintar ini juga memiliki lebih dari 100 Watch Face Trendi  yang dapat menjadi pilihan para pengguna untuk menambah kesan gaya sesuai keinginan hati. Mulai dari tipe yang sederhana, mekanikal, hingga gaya yang lebih dewasa, disediakan oleh Realme melalui smartwatch ini.

Menariknya lagi, untuk mengusung Watch Face pada Realme Watch 2 Pro yang sangat bergaya, Realme kembali menggaet desainer ternama asal Korea yaitu Grafflex.

Layar

Realme Watch 7

Realme Watch 7Realme Watch 7

Selanjutnya, masuk ke pembahasan soal layar. Menurut penulis, layar pada smartwatch terbaru Realme ini terbilang sangat pas untuk kaum millennials, yakni tak terlalu lebar serta tak terlalu kecil, alias “sedang”. Sensasi swipe-swipe pada smartwatch ini pun juga dapat dilakukan dengan leluasa.

Realme Watch 2 Pro hadir dengan mengusung layar sentuh berwarna seluas 1,75 inci (4,4 cm) dengn resolusi 320 x 385 pixel (287 PPI) yang mampu menampilkan visual nan tajam serta nyata. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tampilan layar pada Realme Watch 2 Pro ini telah meningkat sebanyak 56%. Layar sentuhnya pun terbilang responsif, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengontrol Watch 2 Pro dengan mudah.

Selain ukurannya yang diperbesar, Realme Watch 2 Pro juga dilengkapi dengan 30fps high refresh rate untuk pengalaman penggunaan yang lebih halus, kontrol jari, serta reaktivitas yang ditingkatkan. Realme Watch 2 Pro hadir dengan resolusi tinggi nan mewah sebesar 320×385 pixel dengan tingkat kecerahan 600 nits, memastikan layar akan tetap terlihat dengan jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung.

Pada bagian perlindungan, Realme Watch 2 Pro dilengkapi dengan kaca 2.5D, ketahanan goresan yang lebih tinggi, serta pelapis anti sidik jari untuk mendukung pengalaman penggunaan yang superior. Sehingga, pengguna tak perlu was-was jika smartwatch ini terpentok ataupun terjatuh ke tanah, juga tak perlu khawatir akan meninggalkan jejak bekas sidik jari.

Fitur

Realme Watch 11

Realme Watch 11Realme Watch 11

Tak berhenti sampai layar serta desain, soal fitur dari Watch 2 Pro pun ikut “diperkaya” oleh Realme. Bagi Anda yang gemar berolahraga, Realme Watch 2 Pro dapat jadi teman seru. Demi memenuhi kebutuhan para anak muda, Realme meningkatkan jumlah mode olahraga pada Realme Watch 2 Pro hingga 90 mode. Apapun olahraga yang pengguna suka, Raealme Watch 2 Pro memilikinya.

Selain itu, jam tangan pintar ini juga dapat mengukur detak jantung Anda. Sensor presisi tinggi PPG optical yang terdapat pada realme Watch 2 Pro mendukung monitor detak jantung hingga 24-jam tanpa henti serta secara cepat serta tepat akan mengukur detak jantung pengguna. Lalu, nantinya pengguna juga akan diberi notifikasi ketika detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Pemantauan detak jantung didapatkan dengan memancarkan cahaya hijau dengan panjang gelombang tertentu ke kulit serta kemudian mendeteksi cahaya yang dipantulkan. Sensor di Realme Watch 2 Pro bekerja sangat baik dalam berbagai faktor penting seperti akurasi, kompatibilitas warna kulit, serta konsumsi daya.

Realme Watch 2 Pro mendeteksi detak jantung tiap 5 menit selama 24 jam. Jika detak jantung terlalu rendah atau terlalu tinggi dari batas normal, Realme Watch 2 Pro akan memberikan notifikasi untuk mengingatkan pengguna akan kesehatan tubuhnya.

Selanjutnya, Realme Watch 2 Pro juga dapat mendeteksi kadar oksigen dalam darah. Kadar oksigen dalam darah merupakan salah satu indikator yang paling penting untuk menilai kesehatan fisik seseorang. Jika kadar oksigen dalam darah terlalu rendah, artinya sel-sel darah tidak mendapatkan oksigen yang cukup, yang merupakan gejala untuk beberapa masalah kesehatan.

Biasanya untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, perlu menggunakan peralatan medis. tetapi kini berkat adanya Realme Watch 2 Pro, pengguna dapat mengukur kadar oksigen dalam darah mereka kapan saja. Jika dibandingkan dengan monitor medis, tingkat akurasi Realme Watch 2 Pro telah mencapai tingkat tinggi.

Terakhir, tidak hanya kaya akan fitur kesehatan, Realme Watch 2 Pro juga dapat menerima hampir semua notifikasi aplikasi serta menampilkan beberapa ikon yang sesuai, mendukung tampilan panggilan, SMS, serta pesan aplikasi pihak ketiga.

Perlu disebutkan juga bahwa Realme Watch 2 Pro telah disesuaikan dengan hampir semua aplikasi pihak ketiga untuk notifikasi pintar, termasuk aplikasi yang paling umum dipergunakan seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, serta aplikasi lainnya. Memang sangat amat cocok untuk dipergunakan oleh kaum muda.

Dual Satellite GPS

Realme Watch 1 1

Realme Watch 1 1Realme Watch 1 1

Salah satu yang menjadi pembeda antara Realme Watch 2 Pro dengan Realme watch 2 ialah hanya di varian Pro yang tersemat fitur Dual Satellite GPS. Realme Watch 2 Pro menggunakan sensor GPS yang sangat presisi. Perlu diketahui bahwa GPS dapat meningkatkan kualitas hidup pengguna.

Contohnya, smartwatch tanpa GPS hanya mampu mengkalkukasikan rute lari melalui prediksi algoritma, yang artinya ketepatan rute serta akurasi kecepatannya rendah. Sedangkan smafrtwatch yang memiliki fitur GPS, ia mampu memberikan data yang lebih Persis dalam kedua aspek tersebut. Realme Watch 2 Pro memiliki GPS dual-satelit, yang dapat memberikan akurasi posisi hingga 2,5 meter dengan kecepatan hingga 2 detik.

dapat Diajak Kerjasama

Realme Watch 3

Realme Watch 3Realme Watch 3

Jika Anda hobbi mendengarkan music, saya rasa smartwatch ini cocok untuk Anda. Realme Watch 2 Pro juga dapat mengontrol pemutar musik di smartphone secara remote, sehingga pengguna dapat dengan mudah menghentikan ataupun memutar musik ketika sedang berlari.

Selain itu, Realme Watch 2 Pro juga dapat dipergunakan sebagai remote kamera, yang membuat pengguna dapat mengambil foto mereka bahkan saat sedang sendirian.

Anda tak suka diganggu pada saat waktu tertentu? Tenang, smartwatch ini dapat diajak bekerjasama. Sebab, Realme Watch 2 Pro menyediakan fitur penolakan telepon. Ketika smartphone yang terhubung mendapatkan telepon, nomor penelepon akan tertera di Realme Watch 2 Pro dengan tombol penolak. Sehingga, pengguna dapat menolak telepon hanya dalam satu kali klik.

Daya Tahan Baterai

Realme Watch 2

Realme Watch 2Realme Watch 2

Desain oke serta Fitur lengkap. Lantas, bagaimana soal baterainya? Yup, ini merupakan penambah kabar baik untuk Anda. Realme telah meningkatkan Realme Watch 2 Pro dengan 390mAh baterai yang sangat efisien. Sehingga, Watch 2 Pro mampu dipergunakan pengguna hingga 14 hari. Selama menggunakan Realme Watch 2 Pro, baterai smartwatch ini hanya berkurang sekitar 25% untuk tiga hari penggunaan. Jadi, Anda hanya perlu mengisi ulang daya setiap dua minggu sekali.

Persentase tersebut sudah termasuk dengan mengaktifkan fitur monitor denyut jantung aktif sepanjang hari, juga dengan masuknya berbagai macam notifikasi yang terbilangcukup banyak.

Perlu digaris bawahi, semakin sering perangkat bergetar, semakin berkurang juga jumlah dayanya. Cara pengisian dayanya pun sangat praktis disbanding beberapa smartwatch kompetitor lainnya. Yakni, cukup melalui mekanisme magnetik pada bodi belakangnya.

Tahan Air

Realme Watch 2 1

Realme Watch 2 1Realme Watch 2 1

Hal terakhir yang ingin penulis sampaikan terkait keunggulan dari Realme Watch 2 Pro ialah smartwatch ini tahan akan rintikan air. Pasalnya, Realme Watch 2 Pro sudah dilengkapi dengan IP68 water resistant, yang dimana pengguna tak perlu melepasnya pada saat mencuci tangan, serta tak perlu khawatir jika berkeringat ketika menggunakan Realme Watch 2 Pro untuk berolahraga.

Seluruh produk Realme Watch 2 Pro yang dipasarkan telah melalui pengujian ketahanan, seperti 100.000 kali penekanan tombol, 300 kali uji jatuh dari ketinggian 1M, 5.000 kali uji pengisian daya, serta 168 jam 55℃/95%RH pengujian suhu ekstrim.

Kesimpulan

Dengan banderol harga sebesar Rp899.000, saya rasa smartwatch ini cukup “worth-it” jika dilihat dari beragam keunggulan yang disuguhkan oleh Realme Watch 2 Pro ini. Memang, slogan dari arloji pintar ini ialah “Kenalin, Smartwatch Anak Muda!”, yang seolah smartwatch ini memang dibuat khusus untuk anak muda.

Tetapi menurut saya, smartwacth ini juga cocok dipergunakan oleh pengguna dewasa. Jam tangan pintar ini sangat tepat untuk mereka yang sedang mencari smartwatch kekinian dengan harga terjangkau tetapi tetap kaya akan fitur serta fungsi.

Tonton juga video di bawah ini:

Sumber »

Must Read

Related News