33 C
Sidoarjo
BerandaKata-kata MutiaraKata mutiara Islami, 60+ Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan, Inspiratif serta Menggugah

Kata mutiara Islami, 60+ Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan, Inspiratif serta Menggugah

Pada artikel kata mutiara islami tentang kehidupan ini, kamu akan menemukan banyak sekali kata nasehat indah yang membuatmu lebih menghargai hidup serta menumbuhkan optimisme supaya pantang menyerah dalam melalui jalan terjal kehidupan. Lebih dari itu, kita diajak untuk memberikan perhatian lebih besar terhadap kehidupan akhirat yang kekal.

Hidup ialah perjalanan panjang yang harus kita tempuh. Islam memandang hidup sebagai persinggahan sementara kita di dunia, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa hidup ini hanyalah sepintas saja, ibarat seorang yang berjalan kemudian singgah berteduh di bawah pohon rindang serta kemudian berjalan lagi.

Oleh disebabkan itu, seorang muslim seharusnya dapat mengisi setiap waktu dalam hidupnya dengan kebaikan-kebaikan serta amal saleh sebagai bekal untuk menuju kehidupan yang lebih kekal serta Kekal, yaitu kehidupan akhirat. disebabkan setelah masa kontrak hidup kita di dunia habis, tak ada lagi yang berharga selain amal kebaikan yang kita lakukan selama hidup di dunia. Seluruh kesenangan yang bersifat duniawi sudah tak ada gunanya lagi.

Kumpulan kata mutiara islami tentang kehidupan ini juga banyak menasihati kita untuk jangan sampai menjadi budak dunia yang seluruh hidupnya hanya dihabiskan untuk mengejar dunia serta mengabaikan akhirat.

Dalam beberapa ayat alquran, Allah telah mengingatkan manusia untuk waspada dengan tipu daya dunia. Salah satunya dalam surat Al-Hadid ayat 20 Allah berfirman, ”serta kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu,”. Maka mereka yang mengetahui hakikat kehidupan dunia tidak akan menjadikan dunia sebagai target akhir, akan tetapi dunia hanya sarana untuk menuju kebahagiaan yang hakiki.

Sayangnya, banyak manusia yang lupa, mereka mengabaikan misi utama kehidupannya di dunia untuk beribadah pada Sang Pencipta, Allah subhanahu wa ta’ala. Kesibukan duniawi menjadikan mereka lalai dari mengingat Tuhannya, terbuai dalam gemerlap dunia yang membutakan mata batinnya. Padahal, kehidupan di dunia ialah satu-satunya kesempatan sekaligus juga terakhir kalinya yang akan menentukan keadaan kita selama-lamanya di akhirat nanti.

Beberapa kata mutiara islami tentang kehidupan pada artikel ini juga mengajak kita untuk menjalani hidup yang bermakna, bukan sekedar rutinitas tunamakna yang jauh dari perintah Allah. disebabkan hidup manusia memiliki target, satu-satunya target itu ialah untuk beribadah pada Allah. Jika seseorang menjalani hidup hanya sekedar hidup, maka hidupnya tak lebih seperti seekor binatang.

Apapun aktifitas yang kita lakukan, seharusnya tetap berorientasi pada kehidupan akhirat. Baik saat kita belajar, bekerja, berinteraksi sosial, serta lain sebagainya. Dengan mengharap ridha Allah subhanahu wa ta’ala, insyaallah aktifitas yang dilakukan bernilai amal saleh yang mendapat balasan baik dari Allah.

( Kata bijak islami tentang bersabar)

Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan

Hidup yang kita jalani bukan untuk memenuhi kemauan sendiri, melainkan harus disesuaikan dengan kehendak Allah subhanahu wa ta’ala. Kata mutiara islami tentang kehidupan di bawah banyak sekali memuat nasehat indah yang akan membantu kita memahami hakikat hidup dalam pandangan islam. Juga memuat motivasi islami supaya selalu optimis dalam hidup.

Kata bijak islami tentang kehidupan ini kami rangkum dari berbagai sumber seperti ayat alquran, hadis Nabi, kata hikmah para ulama, serta lainnya. Sebagian juga dilengkapi dengan teks berbahasa inggris serta bahasa arab. Kamu dapat menjadikan kata bijak islami tentang kehidupan ini sebagai sarana berbagi nasehat pada orang lain.

Antara adzan serta shalat

When we are born the adhan is given, when we die, salah is prayed. That is how short life is, the time between adhan and Salah.

Ketika kita lahir, dikumandangkan adzan. Ketika mati, kita dishalatkan. Begitulah.. betapa sesungguhnya hidup ini sangatlah singkat, hanya berjarak antara adzan serta shalat.

Hidup itu sulit

Life is tough. Handle it with prayer

Hidup itu sulit. Maka atasilah dengan shalat

Bukan surga

“So what if this life isn’t perfect? It’s not Jannah.” (Nouman Ali Khan)

“Memangnya kenapa jika kehidupan di dunia ini tidak sempurna? Kehidupan ini bukanlah surga.” (Nouman Ali Khan)

Hanya sesaat

And this worldly life is not but diversion and amusement. And indeed, the home of the Hereafter – that is the [eternal] life, if only they knew. (Q.S al-Ankabut 64)

serta tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau serta main-main. serta sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui. (Q.S al-Ankabut 64)

Saya yakin

My life may not be going the way i planned it but it is going exactly the way Allah planned it.

Mungkin hidupku tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah Saya rencanakan, tapi Saya yakin pasti berjalan seperti yang Allah rencanakan.

Hanya tiga hari

The world is 3 days: As for yesterday, it has vanished along with all that was in it. As for tomorrow, you may never see it. As for today, it is yours, so work on it. – Hasan al-Bashri

Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini. – Hasan al Bashri

Hidup itu ujian

Life is a test, if Allah answers your prayers, then he is increasing your faith. If he delays, he is increasing your patience. If he does not answer, he has something better for you.

Hidup ialah sebuah ujian, jika Allah menjawab doa-doamu, berarti Allah ingin meningkatkan keimananmu. Jika Allah menunda menjawab doamu, berarti Allah ingin meningkatkan kesabaranmu. Jika Allah tidak menjawab doamu, maka yakinlah bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu.

Ibarat pensil

Life without ALLAH, is like an unsharpened pencil. It has no point.

Hidup tanpa ALLAH ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik.

Positive thinking

Every bad situation will have something positive. Even a dead clock shows correct time twice a day. Stay positive in life. Allah knows what is the best for you.

Setiap situasi buruk yang menimpa pasti ada sisi positifnya. Bahkan jam dinding yang rusak sekalipun akan menunjukkan waktu yang tepat selama dua kali sehari. Maka tetaplah berpikir positif dalam hidup. Allah maha tahu apa yang terbaik buatmu.

Begitu berharga

Every minute of our life in dunya is precious. We must utilize it to win the unseen treasures of Akhirah.

Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka kita harus dapat memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti.

( Kata bijak islami tentang bersyukur)

Kata mutiara islami tentang kehidupan

Saat terpuruk

When life knocks you down you are in perfect position to pray.

Ketika hidupmu sedang terpuruk, pada saat itulah kamu berada dalam posisi sempurna untuk berdoa.

Tak akan membosankan

Life cannot become boring when we establish contact with Allah, the One who gives happiness.

Hidup ini tidak akan terasa membosankan jika kita mau menjalin kontak dengan Allah, sang pemberi kebahagiaan.

Sebuah perjalanan

Life is a journey from Allah to Allah.

Hidup ialah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi pada Allah.

Hanya main-main

And the life of this world is nothing but play and amusement. (Q.S al-An’am: 32)

serta tiadalah kehidupan dunia ini, melainkan hanyalah main-main serta senda gurau belaka. (Q.S al-An’am: 32)

Jangan terperdaya

So let not this present life deceive you. (Q.S Fatir: 5)

Maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu. (Q.S Fatir: 5)

Begitu singkat

Life is too short. We may not be alive until the next salaah time. So pray now and pray every salaah as if it is your last salaah.

Hidup ini sangatlah singkat. Kita tidak dapat menjamin masih hidup sampai waktu shalat berikutnya. Maka, mulai sekarang berdoalah, serta berdoalah setiap kali shalat seolah-olah itu ialah shalat terakhirmu.

Akhirat lebih baik

But you prefer the worldly life, while the Hereafter is better and more enduring. (Q.S Al-A’laa:16-17)

Tetapi kalian (orang-orang kafir) lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat itu jauh lebih baik serta lebih kekal. (Q.S Al-A’laa:16-17)

Perjalanan mengenal Allah

Life is a journey toward knowing Allah. – Dr. Mustafa Mahmud

Hidup ini ialah sebuah perjalanan untuk mengenal Allah. – Dr. Mustafa Mahmud

Ibarat timbangan

The life of this world and the Hereafter, in the heart of a person, are like the two scales of a balance, when the one becomes heavier the other becomes lighter. – `Amr ibn Abdullah

Kehidupan dunia serta akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan. – `Amr ibn Abdullah

Jangan sampai tenggelam

Aim to live in this world without allowing the world to live inside you, because when a boat sits on water it sails perfectly, but when water enters inside the boat, it sinks. – Ali bin Abi Thalib RA

Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, disebabkan ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam. – Ali bin Abi Thalib RA

Bagai orang asing

Live in this world as a traveller or a stranger. (HR. Bukhari)

Jadilah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau pengembara. (HR. Bukhari)

Memilih jalan hidup

You will die the way you lived your life. – Hadits

Kamu akan mati sebagaimana kamu menjalani hidup. – Hadis

( Kata bijak islami tentang penyesalan)

Kata mutiara islami tentang kehidupan

Allah tempat kembali

He gives life and causes death, and to Him you will be returned. – (Q.S Yunus: 56)

Dialah yang menghidupkan serta mematikan, serta hanya pada-Nya lah kamu akan dikembalikan. – (Q.S Yunus: 56)

Tak ada yang kekal

Every loss is nothing else but a reminder that nothing in this life is permanent. – Dr. Bilal Philips

Setiap kehilangan yang kita alami tidak lain ialah sebuah pengingat bahwa tidak ada satu pun dari kehidupan ini yang kekal. – Dr. Bilal Philips

Hanya dua hari

Life consists of two days, one for you one against you. So when it’s for you don’t be proud or reckless, and when it’s against you be patient, for both days are test for you. – Ali bin Abi Thalib

Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu serta satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga serta gegabah; serta pada saat ia melawanmu bersabarlah. disebabkan keduanya ialah ujian bagimu. – Ali bin Abi Thalib

Allah mampu

Allah can change the most hopeless situation into the best moment in your life.

Allah mampu mengubah situasi paling terpuruk menjadi momen terbaik dalam hidupmu.

Bagai mencelupkan jari

The life of this world compared to the hereafter is as if one of you were to put his finger in the ocean and take it out again, then compare the water that remains on his finger to the water that remains in the ocean. – Hadits

Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan dengan kehidupan akhirat melainkan seperti salah seorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya ketika ia angkat kembali dari laut?. – Hadis

Baik di dalam

Create a life that feels good on the inside, not one that just looks good on the outside.

Ciptakan sebuah kehidupan yang terasa baik di dalam, bukan hanya yang terlihat bagus dari luar.

Kesabaran

The best things in life come with patience.

Hal terbaik dalam hidup selalu datang bersama dengan kesabaran.

Bagai mimpi

What is this world but a dream that a sleeper sees. He delights in it for a few moments, and then wakes up to face reality. – Hasan Al-Bashri

Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, serta kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan. – Hasan Al-Bashri

Pasang surut kehidupan

Life is full of ups and downs. So, stay thankful during the highs and hopeful during the lows.

Hidup ini penuh dengan pasang surut. Jadi, tetaplah bersyukur saat berada di puncak serta penuh harapan saat berada di posisi terendah.

Khawatirkan akhiratmu

Worry about your next life, not this.

Khawatirlah dengan kehidupan kamu yang selanjutnya (akhirat), bukan kehidupan yang sekarang ini.

Dusta yang indah

Life asked Death, “Why do people love me but hate you?” Death responded, “Because you are a beautiful lie and I am a painful truth.”

Hidup bertanya pada Kematian, “Mengapa orang-orang mencintaiku tapi membencimu?” Kematian menjawab, “disebabkan kamu ialah dusta yang indah serta sementara Saya ialah kebenaran yang menyakitkan.”

Kata mutiara islami tentang kehidupan

Singkat serta tak pasti

Life is short and uncertain. You don’t know when your time on this earth will end. Start your day with Bismillah, end it with Alhamdulillah.

Hidup itu singkat serta tidak pasti. Kamu tidak pernah tahu kapan waktu hidupmu di dunia ini akan berakhir. Awali harimu dengan bismilah, akhiri dengan alhamdulillah.

Penjara dunia

The world is a prison for the believer and a paradise for the unbeliever. – Hadits

Dunia ini penjara bagi orang beriman serta surga bagi orang kafir. – Hadis

Bagai air asin

The Dunya is like salt water; whenever you increase in drinking it, you will also increase in thirst.

Dunia ini seperti air asin, semakin kamu meminumnya, semakin kamu merasakan haus.

Dua sisi mata uang koin

Life is like a coin pleasure and pain are the two sides, only one side is visible at time. But remember, the other side also waiting for its turn.

Hidup ini seperti koin, senang serta susah ialah dua sisi. Hanya satu sisi yang terlihat pada satu waktu. Tapi ingat, sisi lain juga menunggu gilirannya.

Jangan bandingkan

Never compare your life story with those in the movies. Because those are written by scriptwriters, yours is by Allah.

Jangan pernah membandingkan kisah hidupmu dengan kisah mereka yang ada dalam film. disebabkan kisah mereka ditulis oleh penulis naskah, sementara kisahmu ditulis oleh Allah.

Rencana Allah

Whenever you don’t understand what’s happening in your life, just close your eyes, take a deep breath and say, “Ya Allah, I know it is your plan, just help me through it.”

Kapan saja kamu tidak dapat memahami apa yang sedang terjadi dalam hidupmu, pejamkan matamu, tarik napas dalam-dalam serta katakan, “Ya Allah, Saya tahu ini ialah rencanamu, tolong bantu Saya untuk melaluinya.”

Terlalu singkat

Life is too short to chase anything other than jannah. – Boona Mohammed

Hidup ini terlalu singkat untuk mengejar sesuatu yang tidak membawa kita semakin dekat dengan surga. – Boona Mohammed

Bagai lautan

Life is like the ocean. It can be calm or still, and rough or rigid, but in the end, it is always beautiful.

Hidup itu seperti lautan. Ia dapat tenang serta hening, kasar serta kaku. Tapi pada akhirnya, ia selalu indah.

Bagai cermin

Life is like a mirror. It will smile at you only if you smile at it.

Hidup itu seperti sebuah cermin. Ia akan tersenyum kepadamu hanya jika kamu tersenyum kepadanya.

Seumur hidup

Your Creator gave you an entire lifetime to find Him.

Sang Penciptamu memberi kamu waktu seumur hidup untuk menemukan-Nya.

Kata Kata Islami Tentang Kehidupan

Yang sebenarnya

Jangan memprioritaskan kehidupan duniawi, disebabkan kehidupan yang sebenarnya dimulai setelah mati.

Lelah yang Lillah

Ubah kata lelah itu menjadi lillah, supaya menjadi lebih berkah. disebabkan Allah menyukai hamba-Nya yang pekerja keras tetapi tetap taat pada-Nya.

Arti kesenangan

Kita tidak akan paham arti kesenangan tanpa kesusahan terlebih dahulu. disebabkan Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 6)

Rencana-Nya

Rencana Allah itu lebih baik dari rencanamu, jadi tetaplah berjuang serta berdoa hingga kau kan menemukan bahwa ternyata memang Allah memberikan yang terbaik untukmu.

Pribadi yang bersyukur

Kapankah kebahagiaan akan didapatkan kalau kita selalu memikirkan apa yang belum ada, tapi mengabaikan apa yang sudah kita miliki. Jadilah pribadi yang selalu bersyukur dengan rahmat yang sudah kita miliki.

Raih akhiratmu

Genggam duniamu, akhirat meninggalkanmu. Genggam akhiratmu, niscaya dunia datang padamu.

Memanfaatkan hidup

Umur semakin bertambah, jangan biarkan dosa pun ikut bertambah. Hayat semakin berkurang, jangan biarkan iman pun ikut berkurang.

Melibatkan Allah

Hubungkan semua urusan pada Allah, supaya semua yang susah menjadi mudah, supaya semua urusan menjadi berkah.

Hidup tenang

Rahasia hidup tenang ialah dengan selalu menyertakan Allah dalam kehidupan kita serta menjalani hidup sesuai dengan tuntunan agama.

Setelah mati

Hari ini dunia ialah nyata, serta akhirat hanya cerita. Tapi setelah mati, dunia hanya cerita, akhirat jadi nyata.

supaya tak menyesal

Dunia boleh kita kejar. Tapi jangan lupa akhirat, supaya kelak tak menyesal.

Setetes air

Dunia ini hanya setetes air. Kalau kau tak dapat jangan sedih, disebabkan yang tak kau dapat hanya setetes. serta kalau kau dapat jangan bangga, disebabkan yang kau dapat hanya setetes. (Ustadz Abdul Somad)

Syukur serta sabar

Hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan, tapi tentang menghargai apa yang kamu miliki serta sabar menanti apa yang akan menghampiri.

Matahari terbenam

Setiap matahari terbenam mengurangi satu hari kehidupan kita. Tetapi setiap matahari terbit memberikan kita satu hari lagi untuk berharap.

Hidup itu belajar

Belajar tenang, disebabkan saya pernah menyesal terburu-buru. Belajar berhenti marah, disebabkan saya sering melihat penyesalan disebabkan marah. Belajar ikhlas, disebabkan saya tahu Allah Maha Adil. Belajar memulai lagi, disebabkan hidup terus berjalan.

(Rekomendasi: Kumpulan kata bijak islami terbaik penuh motivasi serta inspirasi)

Itulah tadi beberapa kata mutiara islami tentang kehidupan yang memuat nasehat-nasehat bijak dalam mengarungi kehidupan yang fana di dunia ini. Semoga dapat menjadi motivasi yang menambah semangat kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Sumber »

MUST READ
JANGAN LEWATKAN
- Advertisement -