31 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanMoU dengan Bulog, Gus Muhdlor Targetkan PDRB Sektor Pertanian Tahun 2021 Naik KOMINFO,...

MoU dengan Bulog, Gus Muhdlor Targetkan PDRB Sektor Pertanian Tahun 2021 Naik KOMINFO, Sido…

MoU dengan Bulog, Gus Muhdlor Targetkan PDRB Sektor Pertanian Tahun 2021 Naik

KOMINFO, Sidoarjo – Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada sektor pertanian di kabupaten Sidoarjo dinilai Bupati Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) masih rendah. Tahun lalu, PDRB pada sektor ini hanya menyumbang 2,8 persen saja. Rendahnya pendapatan pada sektor pertanian menurut Gus Muhdlor disebabkan ada pergeseran fenomena para petani pemilik lahan. Selain itu, panjangnya distribusi mata rantai antara petani dengan pasar juga menjadi aspek yang harus dicarikan solusinya.

Upaya yang dilakukan Bupati Gus Muhdlor dalam mengatasi permasalah itu, diantaranya melakukan kerjasama dengan Perum Bulog dengan menghadirkan para stakeholder. Mulai dari Asosiasi Penggiling Gabah serta Beras, Gapoktan, Petani Milenial, perwakilan Pabrik Gula Candi serta Krembung serta PT. Indomarco Prismatama (Indomaret).

Isi dari Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani antara Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor serta Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita, yaitu fokus utamanya menjalin kerjasama dalam hal pengadaan serta pendistribusian beras. Kerjasama ini akan berlangsung selama dua tahun kedepan.

Sekarang ini, kata Gus Muhdlor petani lebih suka lahannya dibeli atau dilandas untuk pembangunan perumahan atau pabrik, ketimbang ditanami sendiri.

Alasan lainnya, lanjut Gus Muhdlor bahwa inovasi pada sektor pertanian selama ini masih dinilai kurang. Ia melihat Sidoarjo ini mestinya dapat menerapkan konsep urban farming.

Pertanian urban ialah praktik budidaya, pemrosesan, serta distribusi bahan pangan di atau sekitar kota. Pertanian urban juga dapat melibatkan peternakan, budidaya perairan, wanatani, serta hortikultura. Dalam arti luas, pertanian urban mendeskripsikan seluruh sistem produksi pangan yang terjadi di perkotaan.

“Sudah saatnya para petani kita harus berani menerapkan pertanian ala perkotaan atau urban farming. Hari ini kita menggandeng Bulog untuk membantu petani supaya dapat meningkatkan hasil panen padi serta tebu saat panen raya nanti,” terang Muhdlor saat membuka kegiatan Temu Kemitraan dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) petani padi serta tebu di Grand Mirama, Surabaya. Kamis, (17/6/2021). IR.

Sumber » @pemkabsidoarjo

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x