30 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik Pemerintahan.KUBE Sidoarjo Percepat Penanganan Fakir Miskin KOMINFO, Sidoarjo – Dinas Sosial Kabupaten Sid...

.KUBE Sidoarjo Percepat Penanganan Fakir Miskin KOMINFO, Sidoarjo – Dinas Sosial Kabupaten Sid…

.KUBE Sidoarjo Percepat Penanganan Fakir Miskin

KOMINFO, Sidoarjo – Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo merevitalisasi program  Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang telah ada di Kabupaten Sidoarjo sejak tahun 2011, dengan menggelar sosialisasi hari ini, Rabu (16/6) di Fave hotel Sidoarjo.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kasi. Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan serta Perlindungan Anak Kabupaten Nganjuk, Edy Darijanto, serta Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo, Dahamroni.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, DR. Tirto Adi M.Pd., menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat salah satu upaya strategis dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial, serta melindungi hak asasi manusia terutama dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya.

Baca juga :  SELAMAT HARI SANTRI 2021…

Sosialisasi KUBE ini dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini serta besok, masing – masing menghadirkan kelompok KUBE baru dari 9 Kecamatan. Salah satu target kegiatan ini ialah untuk menciptakan lapangan kerja bagi keluarga yang kurang mampu serta memberdayakan masyarakat untuk hidup mandiri.

Peserta kegiatan KUBE hari ini diikuti oleh 180 peserta yang terdiri atas Camat serta Kasi Kesos dari 9, dari TKSK, Pendamping PKH, SLRT, serta kelompok KUBE sendiri.

Sebenarnya KUBE di Kabupaten Sidoarjo boleh dikata, mati enggan hidup tak mau. Berdasarkan data KUBE pemberdayaan fakir miskin sejak tahun 2011. KUBE pemberdayaan fakir miskin dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur tahun 2011 ada 12 KUBE, tahun 2012 ada 32, tahun 2013 ada 15, tahun 2014 ada 12 KUBE pemberdayaan fakir miskin.

Baca juga :  Selamat Maulid nabi Muhammad SAW. Libur ini mau kemana ya? Ini ada ide menarik……

Ditahun yang sama, yakni : 2014 KUBE Perdesaan Mandiri 15 serta, KUBE Perkotaan Mandiri  ada 40 dana dekon dari Kemensos RI. Masih ditahun yang sama KUBE Perdesaan PKH ada 30 sumber dana dari Kemensos RI.

Ditahun 2015 berturut – turut KUBE Pemberdayaan Fakir Miskin, Perkotaan Mandiri, KUBE perdesaan PKH ada 85 Sumber anggaran dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur serta Kemensos RI.

Tahun 2016 secara berturut – turut KUBE Pemberdayaan Fakir Miskin, KUBE Perdesaan PKH sejumlah 125, Sumber dana dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur serta Kemensos RI. serta di tahun 2017 KUBE Perdesaan PKH jumlahnya 20 Sumber dana dari Kemensos.

Baca juga :  Seni pengambilan gambar dari berbagai sudut. Aerial maupun street photografi…

ENY.

Sumber » @pemkabsidoarjo

Must Read

Related News