27 C
Sidoarjo
BerandaKata-kata MutiaraKata mutiara Islami, 26+ Kata Islami Malam Hari Menjelang Tidur, Indah serta...

Kata mutiara Islami, 26+ Kata Islami Malam Hari Menjelang Tidur, Indah serta Menggugah

Menemani waktu istirahatmu, kumpulan kata islami malam menjelang tidur ini sangat bagus disimak sebagai bahan renungan supaya kita tidur dalam keadaan yang baik serta insyaallah Allah bangunkan dalam keadaan yang baik pula.

Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan bumi sebagai tempat tinggal yang layak bagi manusia serta makhluk lainnya. Dengan kuasa-Nya, Allah menjadikan bumi berotasi setiap waktu mengelilingi porosnya. Rotasi bumi menjadikan sebagian tubuh bumi menghadap matahari serta sebagian lainnya membelakangi matahari, sehingga terciptalah siang serta malam.

Malam serta siang merupakan salah satu dari sekian banyak sunnatullah yang membuktikan bahwa alam semesta ini diatur oleh suatu zat yang amat luar dapat, yakni Allah Subhanahu wa ta’ala. Keduanya berjalan silih berganti secara teratur serta sistematis, saling melengkapi satu sama lain dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan Allah.

Kumpulan kata islami malam menjelang tidur ini banyak memuat nasehat bijak yang mengajak kita semakin mendekatkan diri pada Sang Penguasa waktu siang serta malam, yakni Allah subhanahu wa ta’ala.

Kata siang serta malam seringkali disebut beriringan secara berulang-ulang dalam alquran. Di antaranya Allah berfirman dalam surat Al-Furqan ayat 47, “Dialah yang menjadikan untukmu malam sebagai pakaian, serta tidur untuk istirahat, serta Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (Q.S Al-Furqan: 47).

Dalam ayat tersebut, Allah menegaskan bahwa siang serta malam memiliki aktifitasnya masing-masing, malam untuk beristirahat serta siang untuk bekerja. Itulah sunnatullah yang telah Allah gariskan. Jika kita langgar, tentu akan berakibat buruk bagi diri sendiri.

Beberapa nasehat pada kata islami malam menjelang tidur ini juga mengajak kita untuk menggunakan waktu malam sesuai yang Allah gariskan, yaitu untuk beristirahat, supaya keesokan harinya kita dapat beraktifitas kembali secara maksimal dalam kondisi yang sehat.

Malam serta beristirahat untuk tidur merupakan satu paket yang dirasakan oleh semua orang. Islam sendiri mengajarkan doa khusus menjelang tidur yang menampilkan kepasrahan diri kita pada Allah sebelum beranjak tidur, “Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu, Saya mati serta hidup”.

( Kata mutiara islami tentang fajar, subuh serta mengawali pagi)

Kata Bijak Islami Tentang Malam serta Tidur

Berikut ini beberapa kata islami malam hari yang sangat bagus sebagai ucapan selamat malam serta bekal menjelang tidur. Memuat banyak nasehat islami mengenai apa yang perlu dilakukan oleh seorang muslim menjelang tidur.

Sebelum tidur

Before going to sleep every night, forgive everyone, and sleep with a clean heart.

Sebelum beranjak tidur di setiap malamnya, maafkanlah semua orang serta tidurlah dengan hati yang bersih.

Pertanyaan malam

Every night before you sleep, Ask yourself, “What did i do today to deserve jannah?”.

Setiap malam sebelum beranjak tidur, tanyakanlah pada diri sendiri, “Apa yang sudah saya lakukan hari ini sehingga saya pantas untuk mendapatkan balasan surga?”.

Bersuci sebelum tidur

“Whoever spends the night in a state of purity, spends the night with an angel close to him. He does not wake up without the angel saying to him, ‘Oh Allah forgive Your slave so-and-so, he has spent the night in a state of purity.’” – (HR. Ibnu Hibban)

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan senantiasa bersamanya sepanjang malam. Ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan ini disebabkan tidur dalam keadaan suci.’” – (HR. Ibnu Hibban)

Orang kaya

“A rich person is he who can sleep at night knowing that he has not wronged a soul.” – Mufti Islamil Menk

“Orang kaya ialah dia yang dapat tidur di malam hari disebabkan mengetahui bahwa dia tidak melukai seseorang di hari itu.” – Mufti Islamil Menk

Doa sebelum tidur

Du’a Before Sleeping. O Allah, With your name I die and I live. “Allahumma bismika amuutu wa ahyaa”.

Doa sebelum tidur. Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, Saya mati serta Saya hidup. “Allahumma bismika amuutu wa ahyaa”.

Malam untuk istirahat

ٱللَّهُ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ لِتَسْكُنُوا۟ فِيهِ وَٱلنَّهَارَ مُبْصِرًا

“Allah, it is He Who has made the night for you that you may rest therein and the day for you to see.” – (Q.S Ghafir: 61)

“Allah lah yang telah menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya, serta menjadikan siang terang benderang.” – (Q.S Ghafir: 61)

Mendoakan mereka

“Tonight before we get into bed, say a prayer for those without a bed, a roof above their head, clothing or a morsel with which to be fed.” – Mufti Islamil Menk

“Malam ini sebelum kita tidur, berdoalah untuk mereka yang malam ini mungkin tidur tanpa tempat tidur, tanpa atap di atas kepala mereka, tanpa pakaian atau dalam keadaan perut mereka lapar tanpa sesuatu pun yang dapat dimakan.” – Mufti Islamil Menk

Berwudhu sebelum tidur

Imagine an angel staying very close to you all night long. And not only that, imagine that angel begging Allah ‘azza wajal to forgive you. This is what happens when you make wudoo before you go to sleep.

Bayangkan seorang malaikat berada sangat dekat denganmu sepanjang malam. serta tidak hanya itu, bayangkan malaikat itu memohonkan ampunan pada Allah azza wajal untuk memaafkanmu. Inilah yang terjadi ketika kamu berwudhu sebelum beranjak untuk tidur.

Sementara waktu

Sleeping is nice. You forget about everything for a little while.

Tidur itu nikmat. Kamu melupakan segalanya untuk sementara waktu.

Bersyukur

Alhamdulillah . for being able to sleep at night in a safe place.

Segala puji bagi Allah atas nikmat dapat tidur malam ini di tempat yang nyaman.

Seolah malam terakhir

Capture the night’s with silence in your heart, with sincere faith to your creator, and pray as if it’s your last.

Tangkaplah malam dengan keheningan di hatimu, dengan iman yang tulus pada Penciptamu, serta berdoalah seolah ini ialah malam terakhirmu.

Kita perlu bicara

When you cannot sleep at night, have you ever thought maybe it’s God saying, “We need to talk and you NOW have time.”

Ketika kamu tidak dapat tidur di malam hari, pernahkah kamu berpikir bahwa mungkin Tuhan berkata, “Kita perlu bicara serta sekarang kamu punya waktu.”

Pertanyaan malaikat

“Every single night our soul is taken, and every single night the Angel asks before bringing it back, ‘Ya Allah what about this one?’ ‘Do You want to send it back? Do You want to pull the plug or should we keep the Ruh (soul)?’ And every night Allah gives permission to the Angel to let us live one more time.” – Nouman Ali Khan

“Setiap malam nyawa kita diambil, serta setiap malam Malaikat bertanya sebelum mengembalikannya, ‘Ya Allah bagaimana dengan yang ini?’ ‘Apakah Engkau ingin mengembalikannya? Apakah Engkau ingin mencabut nyawanya atau haruskah kita tetap jaga Ruh nya?’ serta setiap malam, Allah memberi izin pada Malaikat untuk membiarkan kita menjalani hidup sekali lagi.” – Nouman Ali Khan

Tanyakan pada dirimu

Every night ask yourself, have you taken a step closer to Allah or a step further away?

Setiap malam.. coba bertanyalah pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah selangkah lebih dekat pada Allah ataukah justru selangkah lebih jauh?.

Menghitung nikmat

Before I sleep, I count my blessings instead of problems. I make sure I sleep happy and grateful.

Sebelum tidur, Saya menghitung semua nikmat yang Saya terima hari ini serta bukannya menghitung masalah. Saya ingin memastikan tidur dengan nyenyak serta penuh rasa syukur.

Kata Kata Islami Tentang Malam serta Tidur

Pejamkan mata serta berdoa

Pejamkan mata sebelum larut menyapa, ucapkan doa jika jiwamu masih percaya akan kuasa-Nya, semoga pagi akan menyapa.

Satu momen tiap malam

dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Sesungguhnya pada malam hari itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim tepat pada waktu itu minta pada Allah kebaikan dunia serta akhirat, melainkan Allah pasti memberikannya kepadanya. serta waktu itu ada pada setiap malam.” – (HR. Muslim)

Begadang yang dilarang

“Tidak boleh bagi seorang muslim untuk begadang yang mengakibatkan menelantarkan shalat subuh secara berjamaah atau mengerjakannya tidak tepat pada waktunya. Walaupun dia begadang untuk membaca Al-Qur’an atau menuntut ilmu.” – Abdullah bin Baz

Tidur yang bernilai ibadah

Ya Allah, jadikanlah tidur kami sebagai ibadah kepadamu. Bangunkanlah kami dalam keadaan iman serta kesehatan yang baik dalam rahmat-Mu.

Jangan lupa berdoa

Jangan pernah lupa untuk berdoa malam ini sebelum engkau tertidur, disebabkan Tuhan tidak pernah lupa untuk membangunkanmu esok paginya.

Menjelang tidur

Setiap menjelang tidur, kita selalu diberikan kesempatan untuk mengevaluasi diri, serta dibangunkan di pagi hari untuk memperbaiki diri.

Kesempatan indah

Malam ialah kesempatan indah untuk berdoa, beristirahat, memaafkan, melupakan, serta memulai hari esok yang lebih baik.

Peduli sesama

Jangan sampai di malam hari ini perutmu kenyang serta kamu dapat tidur pulas tetapi keluarga, saudara, atau tetanggamu masih ada yang kelaparan.

Senjata sebelum tidur

Persiapkanlah senjatamu saat kau akan tidur dengan doa, supaya saat tidur engkau tidak diserang oleh bala tentara setan.

Bertaubat sebelum tidur

Jangan lupa, mohonlah ampunan setiap malam sebelum tidur. disebabkan ketika kita tertidur jiwa meninggalkan tubuh, serta kembali atau tidak kita tidak pernah dapat mengetahuinya.

Tidur yang berlimpah pahala

“Barangsiapa yang naik ke atas ranjangnya sedang ia telah berniat untuk bangun melakukan shalat di malam hari, tetapi ia tertidur hingga subuh, maka dituliskan baginya pahala apa yang ia niatkan serta tidurnya itu ialah sedekah dari Rabbnya.” – (HR. An-Nasa’i)

(Rekomendasi: Kata mutiara islami terbaik, penuh motivasi serta inspirasi)

Semoga beberapa kata islami malam menjelang tidur di atas dapat menjadi bekal yang baik sebagai pengantar waktu tidur kita. Sehingga, keesokan harinya kita dapat kembali bangun sebagai seorang muslim yang lebih baik lagi.

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x