30 C
Sidoarjo
BerandaKata-kata MutiaraKata mutiara Islami, 21 Kata Mutiara Islami Tentang Hari Jumat (Nasehat, Peringatan,...

Kata mutiara Islami, 21 Kata Mutiara Islami Tentang Hari Jumat (Nasehat, Peringatan, Motivasi)

Kata mutiara islami tentang hari jumat – Jumat ialah hari baik yang mulia di sisi Allah serta memiliki banyak keistimewaan. Hal tersebut sebagaimana Rasulullah SAW ungkapkan dalam sejumlah hadis. Rasulullah menyebut jumat sebagai sebaik-baik hari saat matahari terbit. Hari jumat juga merupakan penghulunya seluruh hari dalam setiap pekan. Selain itu, ada beberapa peristiwa besar yang terjadi di hari jumat. Di antaranya jumat ialah hari diciptakannya Nabi Adam, hari ketika Allah memasukkan Nabi Adam ke dalam surga, hari diturunkannya Nabi Adam ke bumi, serta pada hari jumat pula Allah mewafatkan Nabi Adam. Peristiwa dahsyat kiamat juga akan terjadi di hari jumat. Keistimewaan hari jumat lainnya yang tidak boleh dilewatkan seorang muslim ialah adanya satu saat di mana ketika seorang hamba berdoa pada Allah maka akan dikabulkan doanya (HR. Bukhari serta Muslim), (HR. Ahmad).

Hari jumat merupakan momentum persatuan umat islam. Pada hari itu, kaum muslimin memiliki rangkaian ibadah khusus yang berbeda dari hari-hari lainnya, yakni ibadah shalat jumat. Dalam momentum ini, kaum muslimin berkumpul di masjid-masjid untuk mengikuti serangkaian ibadah jumat mulai dari mendengarkan khutbah yang berisi pengarahan, pengajaran, serta pesan-pesan nasehat bagi kaum muslimin kemudian dilanjutkan dengan shalat jumat secara berjamaah. Kesemuanya itu mengandung kemaslahatan, baik bagi agama maupun dunia. disebabkan itulah Rasulullah menyebut hari jumat yang mulia ini sebagai hari raya pekanan umat islam.

Kata Bijak Islami Tentang Hari Jumat

Berikut ini beberapa kumpulan kata mutiara islam, caption islami, kata-kata nasehat islami di hari jumat yang memuat pesan-pesan nasehat serta keutamaan-keutamaan hari jumat. Dilengkapi juga dengan gambar ilustrasi yang menarik, kata islami di hari jumat ini sangat bagus dijadikan sebagai syiar untuk mengajak kaum muslimin merengkuh kemuliaan di hari jumat.

Diampuni dosa-dosanya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ وَزِيَادَةُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا

“Barangsiapa yang berwudhu, lalu memperbagus wudhunya kemudian ia mendatangi shalat Jumat, kemudian ia mendengar serta memperhatikan khutbah, niscaya akan diampuni dosa-dosanya antara Jumat itu serta Jumat berikutnya ditambah dengan tiga hari. serta barangsiapa yang bermain-main dengan tongkat, maka ia benar-benar melakukan hal yang batil (lagi tercela).” (HR. Muslim no. 857)

Sebaik-baik hari

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

خَيْرُ يَومٍ طَلَعَتْ عليه الشَّمْسُ يَوْمُ الجُمُعَةِ، فيه خُلِقَ آدَمُ، وفيهِ أُدْخِلَ الجَنَّةَ، وفيهِ أُخْرِجَ مِنْها، ولا تَقُومُ السَّاعَةُ إلَّا في يَومِ الجُمُعَةِ

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya ialah hari jumat. disebabkan pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga serta dikeluarkan darinya, serta tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim)

Shalawat jumat

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

أكثروا الصلاة عليَّ يوم الجمعة وليلة الجمعة، فمن صلى عليَّ صلاة صلى الله عليه عشراً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari serta malam jumat, sesungguhnya barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.” (HR. Al-Baihaqi)

Perbanyak shalawat

إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة فأكثروا عليّ من الصلاة فيه فإن صلاتكم معروضة علي

“Sesungguhnya di antara hari-hari kalian yang paling mulia ialah hari Jumat. disebabkan itu, perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari itu disebabkan shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku.” (HR. Abu Dawud)

Baca Al-Kahfi

Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua jumat. (HR. An-Nasa’i serta Al-Baihaqi)

Waktu mustajab

Waktu siang di hari jumat ada 12 jam. Jika seorang muslim memohon pada Allah di suatu waktu di hari jumat, pasti Allah akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut, yaitu di waktu-waktu akhir setelah ashar. (HR. Abu Dawud)

Amalan jumat

Amalan di hari jumat; Perbanyak dzikir mengingat Allah (QS. Al-Jumuah: 9), Mandi jumat (HR. Bukhari serta Muslim), Memakai pakaian terbaik (HR. Abu Dawud serta Ibnu Majah), Bersegera berangkat ke masjid (HR. Bukhari), Memperbanyak shalawat Nabi (HR. Abu Dawud), Membaca surat Al-Kahfi (HR. Hakim), serta Shalat sunnah setelah shalat jumat (HR. Muslim serta Tirmidzi)

Hari raya kaum muslimin

Allah SWT menjadikan umat-umat sebelum kita tidak mengetahui keutamaan hari jumat. Orang-orang Yahudi menjadikan hari raya pekanan pada hari sabtu, sedangkan orang-orang Nasrani mendapatkan hari raya pekanan pada hari Ahad. Kemudian Allah menunjuki kita untuk memilih hari jumat (sebagai hari raya pekanan). (HR. Muslim)

Penggugur dosa

Shalat-shalat lima waktu, shalat jumat ke jumat berikutnya merupakan penggugur bagi dosa yang ada di antaranya, selama tidak melakukan dosa-dosa besar. (HR. Muslim)

Ancaman meninggalkan shalat jumat

Sungguh harus berhenti orang-orang yang terbiasa meninggalkan shalat jumat, atau sungguh Allah benar-benar akan menutup hati-hati mereka, kemudian sungguh benar-benar mereka akan termasuk orang-orang yang lalai. (HR. Muslim)

Dicatat malaikat

Apabila hari jumat tiba, maka akan ada para malaikat di setiap pintu-pintu masjid. Mereka akan mencatat orang yang pertama kali datang lalu berikutnya serta berikutnya lagi sampai apabila Imam telah duduk di mimbarnya mereka pun melihat catatan-catatan tersebut. Lantas mereka pun datang serta ikut mendengarkan khutbah. (HR. Bukhari)

Kata Kata Islami Tentang Hari Jumat

Langkah kaki menuju shalat jumat

Barangsiapa yang mandi pada hari jumat dengan mencuci kepala serta anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau serta mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa serta shalat setahun. (HR. Tirmidzi)

Hari ibadah

Hari jumat ialah hari ibadah. Apabila ia dibandingkan dengan hari-hari lainnya, maka permisalannya seperti bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Waktu mustajab pada hari jumat ibarat malam lailatul qadar pada bulan Ramadhan. – Ibnu Qayyim

Berkahi serta ridhai

Berkahi hari jumat ini dengan rahmat-Mu ya Allah. Ridhai setiap langkahku sebagai amal perbuatanku.

Hari baik

Hari jumat ialah hari baik untuk berbuat baik. tetapi janganlah menunggu hari baik untuk berbuat baik.

Berkah

Jumat makin berkah dengan sedekah.

Meninggalkan jumat

Gajimu berapa? Jabatanmu apa? Hartamu dari siapa? Sampai berani ninggalin shalat jumat.

Perbanyak shalawat

Wahai yang menginginkan syafaat Nabi Muhammad, perbanyaklah shalawat di hari jumat.

Memuliakan hari jumat

Hari jumat ialah hari yang mulia. untuk itu, selayaknya kaum muslimin memuliakan hari tersebut dengan Etika-Etika di hari jumat.

Itulah beberapa kumpulan kata kata islami di hari jumat yang semoga dapat kita ambil manfaatnya untuk memahami berbagai kemuliaan serta keutamaan yang ada di hari jumat.

Sumber »

Must Read

Related News