31 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanWabup Subandi Dukung Program Pencegahan Zoonosis dengan Pendekatan One Health KOMINFO, SIDOAR...

Wabup Subandi Dukung Program Pencegahan Zoonosis dengan Pendekatan One Health KOMINFO, SIDOAR…

Wabup Subandi Dukung Program Pencegahan Zoonosis dengan Pendekatan One Health

KOMINFO, SIDOARJO-Masih dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit di tengah pandemic Covid 19 serta juga dalam rangka sinergitas lintas sektoral pemerintah kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pangan serta Pertanian menyelenggarakan kegiatan Seminar Pencegahan Zoonosis Dengan Pendekatan “One Health” yang di gelar di Hotel Aston Sidoarjo, Kamis (10/6/2021).

Zoonosis menjadi isu kesehatan global,  zoonosis merupakan penyakit menular yang berasal dari hewan pada manusia atau sebaliknya dimana dalam usaha peternakan Indonesia rentan sekali terhadap berbagai penyakit termasuk zoonosis sehingga zoonosis termasuk ancaman bahi kesehatan manusia.
Kepala Dinas Pangan serta Pertanian Kabupaten Sidoarjo Dr. Eni Rustianingsih, ST.,MT menyampaikan One Healt merupakan  strategi pengendalian zoonosis dilakukan dengan mengutakaman prinsip pencegahan penularan pada manusia dengan peningkatan upaya-upaya mengendalian zoonosis pada sumber penularan, penguatan koordinasi lintas sektor singkronisasi di dalam pembinaan , pengawasan pemahaman serta evaluasi pelaksanaan kebijakaanya.

Baca juga :  Vaksinasi usia 12-17 tahun dosis 2 pada seribu pelajar digelar Pemkab Sidoarjo bersama PT. Ka…

“Sinergitas antara semua lini pemangku kepentingan kesehatan untuk membentuk suatu ekosistem dalam pencegahan serta pengendalian zoonosis sehingga kesehatan manusia serta hewan dapat kita cegah serta jaga bersama  dengan pendekatan yang lebih baik serta secara holistic. Terciptanya koordinasi lintas sektoral di Kabupaten Sidoarjo dalam upaya pencegahan penyakit akibat zoonosis dengan pendekatan one healt, terciptanya sistem kesehatan hewan yang kuat supaya dapat melacak serta mengendalikan kejadian luar biasa dengan lebih baik, antisipasi penularan penyakit antrax akibat jual beli hewan” tambahnya
Wakil Bupati H Subandi yang membuka secara resmi kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan berkaca dari Pandemi Covid-19 yang sedang mewabah serta masih belum pasti kapan berakhirnya, maka segenap pemangku kepentingan di dunia kesehatan serta peternakan haruslah tetap siaga dalam memantau serta menanggulangi penyakit zoonosis. Masalah zoonosis perlu dikendalikan disebabkan dalam kondisi tertentu berpotensi menjadi wabah atau pandemi. YU.

Baca juga :  Semua pihak perduli dampak Covid-19, termasuk kalangan pengusaha. PT Avian contohnya, memberika…

Sumber » @pemkabsidoarjo

WhatsApp Image 2021 08 22 at 14.51.40

Must Read

WhatsApp Image 2021 08 22 at 14.51.40

Related News