28 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanMusim Kemarau, Wabup Subandi Pastikan Aliran air ke Persawahan tercukupi KOMINFO,Sidoarjo....

Musim Kemarau, Wabup Subandi Pastikan Aliran air ke Persawahan tercukupi KOMINFO,Sidoarjo….

Musim Kemarau, Wabup Subandi Pastikan Aliran air ke Persawahan tercukupi

KOMINFO,Sidoarjo. – Musim kemarau yang telah berlangsung selama ini mulai dirasakan dampaknya, di Kabupaten Sidoarjo, terutama dirasakan oleh petani yang usia musim tanamnya masih memerlukan air untuk tumbuh kembang pertanaman padi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi SH Bersama Jajaran Dinas PU Sidoarjo serta Dinas Pertanian Sidoarjo Dr. Eni Rustianingsih ,Kamis (3/6)Siang, Melakukan sidak atau memantau langsung aliran air, di mulai dari pintu air Perbatasan Mojokerto sampai ke Pintu Air Jabon melihat dari dekat debit air yang mengalir sampai ke muara laut di Jabon yang terdampak kurang air pada musim kemarau.

Baca juga :  Roadshow penyaluran bansos oleh TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Ketua TP. PKK Hj. Sa’adah Ahmad Muhd…

Dalam sidak Wakil Bupati Subandi menemukan beberapa hal untuk segera ditindaklanjuti pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga serta Sumber Daya Air Sidoarjo (PU BMSDA) untuk normalisasi aliran air di Pintu Air Porong mengalami pendangkalan serta dibutuhkan normalisasi sungai dengan menerjunkan alat berat di sepanjang aliran sungai Porong serta jabon.

“Selain Ditemukannya keramba ikan milik para warga juga aliran air di Porong mengalami pendangkalan serta dibutuhkan normalisasi sungai serta akan dilakukan besok dengan menerjunkan alat berat di sepanjang aliran sungai Porong serta jabon”Ungkapnya Wabup.

Wabup Subandi menambahkan, adanya peninggian areal persawahan di Porong juga memicu aliran air menjadi kurang kearah muara, dengan alternative perlu adanya kajian ulang serta memberikan pompa air, supaya debit air dapat mengalir ke areal persawahan.

Baca juga :  SELAMAT HARI PMI…

“Adanya kerambah ikan milik warga yang ada di aliran sungai desa Kedung cangkring Jabon berpotensi menghambat saluran air menuju muara serta segera ditertibkan”Tegasnya.

Selain itu, Wabup Subandi minta petani untuk selalu membangun komunikasi yang baik dengan Pihak PU serta Dinas Pertanian, supaya permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan dengan bijak.

“Saya harap Petani, Pihak Kecamatan, Dinas PU serta Dinas Pertanian untuk senantiasa membangun Komunikasi yang baik, saya tidak ingin ada gesekan di masyarakat akibat dari kurangnya pasokan irigasi,” harap Subandi.

Mas.

Sumber » @pemkabsidoarjo

WhatsApp Image 2021 08 22 at 14.51.40

Must Read

WhatsApp Image 2021 08 22 at 14.51.40

Related News