30 C
Sidoarjo
BerandaTechnologyGadgetReview Gadget, Smartphone Rp2 Jutaan yang Kaya Fitur

Review Gadget, Smartphone Rp2 Jutaan yang Kaya Fitur

Jakarta, PortalSidoarjo.com – Meluncur di tanah Air sebagai penerus dari lini A31, Oppo A54 membawa beberapa peningkatan dari pendahulunya. Jika Anda sedang mencari smartphone yang memiliki harga terjangkau untuk aktivitas sehari-hari terutama untuk kebutuhan jualan online, dirasa Oppo A54 cocok untuk Anda.

Bukan Oppo Namanya kalau tak selalu memperhatikan kebutuhan konsumen. Seperti tahu bahwa tak semua orang mencari smartphone hanya untuk bermain game atau kebutuhan konten semata, Oppo menghadirkan Oppo A54 ini guna penunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari alat komunikasi, platform belajar, bekerja, hiburan semata, bahkan sampai kegiatan berbisnis online.

Diklaim sebagai wajah baru dari series A, hal ini membuat Oppo menaruh perhatian lebih pada gawai ini. Sebagai suksesor, Oppo A54 memboyong beberapa fitur serta teknologi baru. Apalagi, ponsel anyar ini ditenagai dengan baterai disertai kemampuan fast charging, membuat pengguna semakin nyaman serta mudah pada saat menggunakan smartphone ini.

Jika vendor lain yang mengeluarkan ponsel seharga sama dengan Oppo A54 melakukan perang spesifikasi sampai agak mengabaikan fitur, Oppo justru membekali A54 dengan berbagai fitur menarik yang jarang dimiliki pesaingnya.

Seri baru ini menawarkan berbagai keunggulan teknologi serta perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A, seperti kehadiran layar single punch-hole serta sertifikasi IPX4. Oppo A54 juga hadir membawa desain modern dengan pilihan warna yang stylish serta fashionable. Sebuah perangkat dengan berbagai pembaruan yang coba didefinisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia

Setelah berkesempatan untuk menjajal smartphone anyar ini selama beberapa minggu, berikut team Selular ulas terkait Oppo A54 sebagai bahan pertimbangan untuk Anda.

Rekomendasi Smartphone Oppo Dengan RAM Besar 8GB

Rangkaian isi kotak

Sebelum beralih ke spesifikasi dari Oppo A54, mari kita bahas rangkaian isi kotak dari A54. Isi di dalam kotak kemasan terbilang cukup lengkap. Selain unit ponsel Oppo A54, terdapat serangkaian aksesoris lain, yaitu charger, buku panduan serta kartu garansi, SIM card ejector tool, serta casing silikon transparan bodi ponsel yang dapat menjadi pelindung bagi smartphone supaya tak mudah pecah pada saat tak sengaja terjatuh.

Desain

Oppo memang dikenal selalu memperhatikan desain dari jajaran smartphone besutannya. untuk desain dari Oppo A54 sendiri, Oppo menghadirkan desain apik nan menawan sehingga membuat series A54 bak ponsel kelas atas yang enak dipandang. Bodi belakangnya terbuat dari plastik, memiliki lengkungan 3D di sisi kanan kirinya.

Menyasar pengguna muda, Oppo menyuguhkan warna Crystal Black serta Starry Blue pada series A kali ini. Kebetulan, team Selular berkesempatan menjajal varian Starry Blue. Menurut penulis, warna Starry Blue terlihat mewah bak ponsel kelas atas. Apalagi, gradasi dari warna biru tua ke biru muda nya nampak terlihat mengkilap dengan permukaan yang amat glossy, tersemat juga kilauan bak Pelangi pada bagian bawah ponsel yang menambah kesan desain semakin menarik.

“Sangat modern”, mungkin ini salah satu kesan pertama pada saat melihat tampilan dari Oppo A54. Ditambah, pada bagian bodi ponsel terdapat tiga kamera utama beserta lampu kilat yang ditempatkan dalam sebuah bingkai persegi pada sudut kiri atas.

Jika Anda lebih suka dengan warna kalem, penulis menyarankan supaya Anda memilih varian warna Crystal Black. untuk bodi belakang Oppo A54 sendiri, ia berbahan dasar plastik.

Salah satu hal menarik dari gawai ini ialah Oppo A54 telah mendapat sertifikasi IPX4, yang artinya ia tahan dengan cipratan air dari segala sisi. Fitur ini jarang hadir di kelas smartphone yang memiliki rentang harga Rp 2 jutaan. Bahkan, masih banyak smartphone di harga Rp3-5 juta yang belum memiliki fitur ini.

Smartphone ini memang hanya memiliki satu speaker. Tetapi hebatnya, suara yang dikeluarkan cukup lantang serta jelas.

Layar

Hal menarik lainnya yang tersemat pada Oppo A54 ialah layarnya yang mengusung panel IPS 6.5 inch beresolusi HD+. Kendati menggunakan panel IPS, warna yang disuguhkan oleh smartphone ini cukup vivid seperti panel AMOLED serta tidak berubah meski dilihat dari berbagai sisi.

Saat disandingkan dengan smartphone panel AMOLED untuk menonton youtube, tampilannya tidak berbeda jauh serta mata juga akan merasa terbiasa dengan panel IPS di Oppo A54 setelah penggunaan beberapa hari.

Tak lupa juga desain punch hole yang dipergunakan Oppo juga membuat tampilan layar lebih luas serta kekinian dibandingkan desain waterdrop yang umum kita temui pada kelas harganya.

meski ukuran layarnya terbilang besar, ponsel cerdas itu tetap nyaman digenggam disebabkan rasio layarnya yang memanjang yakni sebesar 20:9. Selain itu, Oppo A54 juga memiliki ketebalan 8,4 mm dengan bobot 192 gram.

Kamera

Selanjutnya beralih ke hal yang banyak dipertanyakan oleh calon pembeli smartphone, yaitu sektor kamera. Oppo A54 mengusung tiga lensa kamera belakang yang masing-masing berkemampuan 13MP, 2MP (makro), serta 2MP (bokeh). Sedangkan untuk kamera selfie-nya, ia beresolusi 16MP.

Selama pengujian dalam menangkap gambar, penulis mengaktifkan fitur HDR serta AI. Hasilnya, kamera di Oppo A54 mampu mengambil gambar dengan warna detail saat di siang hari. Kamera Oppo A54 juga didukung fitur dazzle color yang meningkatkan saturasi serta kecerahan gambar, serta menyesuaikan dengan algoritma kecerdasan buatan. Selain itu, pada bagian kamera dari handset ini juga didukung dengan AI Enhancement yang mampu mengenali 23 skenario foto serta menyesuaikannya dengan kecerdasan buatan.

Kemampuan kamera Oppo A54 ini memang baik untuk di kelasnya, hanya saja hasil foto yang ditangkap dalam kondisi cahaya minim kurang detail meski sudah disematkan fitur Ultra Night Mode.

Kualitas hasil foto Oppo A54 terbilang baik untuk di kelasnya. Hasil foto terlihat tajam dengan warna cemerlang saat memotret dalam kondisi cahaya ideal, terutama pada saat siang hari, baik pada saat di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Beralih ke kondisi cahaya pada saat mengambil fotopada saat malam hari, hasilnya memang tak dapat setajam jepretan di siang hari jika tidak disandingkan dengan Night Mode serta Expert Mode.

Beberapa fitur lain yang dimiliki pada kamera Oppo A54 yaitu diantaranya meliputi fitur Beautification, fitur Bokeh, fitur HDR yang mampu membuat foto wajah tetap terang serta jelas meski membelakangi sumber cahaya, hingga fitur AI Scene Enhancement yang akan secara otomatis memberikan penyesuaian warna pada objek yang sedang disorot kamera.

Tak berhenti sampai situ, perangkat ini juga dibekali dengan beberapa mode seperti Pro, Panorama, makro, serta dukungan Google Lens. Dari sektor video, Oppo A54 menghadirkan mode Slow-Mo serta Time-Lapse.

Hasil Jepretan Oppo A54

untuk lebih jelas dalam melihat kualitas kamera dari Oppo A54, berikut penulis paparkan hasil tangkapan gambar dari series Oppo A54 :

( Hasil kamera selfie )

Tanpa tambahan filter                            Dengan tambahan filter dari kamera A54

( Hasil kamera belakang pada siang hari di luar ruangan )

( Hasil kamera belakang pada saat siang hari di dalam ruangan )

( Hasil kamera belakang pada saat malam hari di dalam ruangan )

( Hasil kamera belakang pada saat malam hari di luar ruangan )

Baterai

dapat dibilang baterai dari Oppo A54 ialah salah satu yang dijagokan pada series ini. meski kapasitas baterainya bukan yang paling besar, yaitu hanya sebesar 5.000mAh, tetapi berkat resolusi layarnya yang HD+ disertai dengan kecepatan prosesor yang kilat, maka baterainya tak pernah terkuras kencang. Sehingga, penggunaan ponsel dapat sampai dua hari pemakaian lamanya.

Selain penggunaan port USB-C, Oppo A54 juga sudah mendukung fast charging hingga 18 watt. Mengisi daya hingga penuh memerlukan waktu kurang dari dua jam, tergolong standar untuk smartphone di segmen kelasnya. Kendati begitu, smartphone Oppo tetap lebih superior, disebabkan teknologi AI yang dapat bantu mencegah dari overcharge serta memperpanjang umur atau masa pakai baterai.

Tips yang tak boleh dilewatkan pengguna soal baterai dari Oppo A54 ialah, supaya konsumsi daya lebih maksimal serta tetap awet, Oppo juga menyediakan fitur Super Power Saving Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan baterai ponsel saat hampir habis dayanya.

Selain itu, Oppo juga menyuguhkan fitur Optimized Night Charging yang akan mendeteksi kebiasaan pengguna dalam hal mengisi baterai ponsel sehingga menghindari over-charge pada saat ditinggal tidur di malam hari.

Peforma

Lanjut ke sektor dapur pacu. Oppo A54 mengandalkan prosesor Helio P35 MT6765 dari MediaTek. Chipset tersebut ditemani dengan RAM 4GB LPDDR4X serta memori internal 128 GB yang kapasitasnya dapat diperluas hingga 256 GB lewat memori eksternal.

Smartphone ini masih berjalan dengan sistem operasi Android 10 serta antarmuka ColorOS 7.2. Dengan spesifikasi tersebut, Oppo A54 dapat diandalkan untuk melakukan multitasking. Aplikasi yang dibuka di latar belakang dapat tetap berjalan serta tak perlu loading ulang ketika dibuka kembali. Memori 128 GB juga terasa lega untuk download berbagai aplikasi serta file dokumen.

Adapun jika dipakai untuk menjalankan tugas berat seperti gaming ringan, Oppo A54 dapat menjalankan game secara lancar.

Fitur

Perlu digaris bawahi, salah satu hal yang menarik dari smartphone ini yaitu terdapatnya sertifikasi IPX4, yang berarti bahwa gawai ini mampu akan percikkan air dari segala arah, juga sanggup menahan terpaan debu. Fitur ekstra ini sangat penting bagi pengguna gadget yang kesehariannya beraktivitas di luar ruangan, yang tak dapat perkirakan kondisi cuaca serta sekitarnya. Sehingga, pengguna merasa aman pada saat menggunakan handset ini untuk aktivitas sehari-hari.

ColorOS 7.2 yang tersemat pada Oppo A54 memiliki banyak fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam memakai smartphone, fitur tersebut diantaranya meliputi dark screen, ultra saving, smart side bar, serta kustom ikon.

Selain itu untuk memudahkan bermain game, Oppo A54 juga menawarkan aplikasi Game Space yang berfungsi sebagai pusat kontrol ponsel pada saat bermain game.

Melalui aplikasi itu, setiap notifikasi yang masuk ke smartphone pada  saat bermain game akan ditampilkan dalam bentuk teks melayang dari kanan ke kiri, yang disebut sebagai bullet notification. Notifikasi ini tak dapat disentuh, jadi pengguna tak perlu khawatir keluar game jika tak sengaja mengklik notification tersebut.

Soal keamanan, Oppo juga menyematkan fingerprint yang terletak berbarengan dengan tombol daya. Kecepatan baca sidik jari sensor tersebut sangat cepat, kurang dari 1 detik. Terdapat pula sensor face unlock yang tetap berfungsi meski pengguna memakai masker, dengan kecepatan rekognisi kira-kira satu detik.

Selain itu, demi memanjakan kenyamanan mata para penggunanya pada saat menatap layar, Oppo menunjang fitur Eye Comfort pada series A54. Lewat fitur ini, cahaya biru dari layar bakal direduksi sehingga layar Oppo A54 lebih sehat untuk dilihat serta membuat mata tak mudah lelah meskipun berlama-lama di depan layar.

Kesimpulan

Berdasarkan kesimpulan yang dapat ditarik oleh penulis, untuk sebuah smartphone di segmen harga 2 jutaan, Oppo A54 dapat dibilang kaya akan fitur serta memiliki performa mumpuni, baik pada saat menjalankan berbagai aplikasi maupun pada saat bermain game.

Jika ditanya apakah Oppo A54 layak dibeli? Jawabannya ialah sangat layak. Apalagi, bagi Anda yang sedang membutuhkan smartphone dengan performa sangat tinggi tetapi terhalang oleh budget yang minim, A54 dapat jadi alternatif.

Ditambah baterai Oppo A54 yang terbilang super awet sehingga cocok untuk kegiatan multitasking sehari-hari seperti bermain game kasual, aktivitas belajar serta bekerja daring, hingga untuk melakukan aktivitas jualan online.

Tonton juga video di bawah ini:

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x