- Advertisement -
28 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanPengangguran di Sidoarjo Dilatih Keterampilan Kerja KOMINFO,Sidoarjo- Angka pengangguran di Ka...

Pengangguran di Sidoarjo Dilatih Keterampilan Kerja KOMINFO,Sidoarjo- Angka pengangguran di Ka…

Pengangguran di Sidoarjo Dilatih Keterampilan Kerja

KOMINFO,Sidoarjo- Angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo terbilang tinggi. Jumlahnya 288 ribu orang atau 10,98 persen. Jumlah tersebut naik drastis semenjak pandemi Covid-19.

“Sidoarjo dengan adanya pandemi menjadi salah satu daerah tertinggi terimbas Covid, sehingga ada penambahan sekitar 135 ribu pengangguran baru, asalnya hanya 4,72 persen menjadi 10,98 persen, sekarang menjadi 288 ribu,” ujar Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali S.IP dalam sambutannya saat membuka pelatihan Barista di kantor Kecamatan Tarik, Kamis, (25/5).

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor mengatakan pelatihan keterampilan kerja semacam ini menjadi cara baru untuk menekan angka pengangguran. Dikatakannya bekerja buka hanya identik dengan memakai sepatu pantofel maupun berpakaian rapi. tetapi bekerja dapat dimulai dengan hobi. Dirinya melihat banyak pemuda yang hobi nongkrong diwarung-warung kopi. Melihat hal itu dirinya berharap para pemuda menjadi produktif dengan mengikuti pelatihan Barista atau peracik kopi profesional.

Baca juga :  Gus Muhdlor : Pejabat Fungsional Harus Mampu Berkreasi serta Berinovasi dalam bekerja Kominfo...

“Terutama yang muda-muda ini biasanya ke Warkop (warung kopi), sehingga saya harapkan kalau dapat dirubah, bukan hanya konsumtif tapi dapat produktif lagi,”ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gus Muhdlor juga mewanti-wanti pada peserta pelatihan untuk serius mengikutinya. Dikatakannya pelatihan seperti ini memakai anggaran daerah yang tidak sedikit. Dirinya tidak berharap peserta pelatihan mengikuti seenaknya. Dengan kata lain tidak tertarik pada pelatihan yang diberikan. tetapi tujuannya hanya ingin mengambil uang saku pelatihan saja.

“Pelatihan ini arahnya untuk meningkatkan kapabilitas, upgrading diri sampeyan, ingat, orang itu lebih bernilai ketika mempunyai skill yang tidak dimiliki orang lain, tidak semua orang dapat menjadi Barista,”katanya.

Gus Muhdlor juga menyampaikan, kedepan program pelatihan akan disesuaikan lagi dengan keinginan masyarakat setempat. Pemkab Sidoarjo akan memberikan pelatihan sesuai usulan yang disampaikan masyarakat. Kedepan, Pemkab Sidoarjo juga berencana memberikan fasilitas peralatan pelatihan pada peserta pelatihan.

Baca juga :  Bupati Sidoarjo Himbau PNS yang Memasuki Masa Purna Tugas untuk Gabung di PWRIKOMINFO, Sidoar...

Sigit

Sumber » @pemkabsidoarjo

MUST READ
JANGAN LEWATKAN
- Advertisement -