- Advertisement -
32 C
Sidoarjo
BerandaJatimWarga Protes Perlintasan KA Ditutup, PT KAI: Penutupun Itu Mencegah Terjadi Kecelakaan

Warga Protes Perlintasan KA Ditutup, PT KAI: Penutupun Itu Mencegah Terjadi Kecelakaan

LAMONGAN,jatim.siberindo.co – Penutupan jalan perlintasan kereta api oleh PT. KAI Daop 8 Surabaya di jalan Pahlawan Kelurahan Tumenggungbaru menuai aksi protes dari warga setempat.

Warga secara beramai-ramai berusaha mengangkat serta menjebol portal dari kayu yang dipergunakan untuk menutup akses perlintasan jalan menuju Lamongan kota tersebut.

Menurut warga, perlintasan di rel kereta api tersebut sudah puluhan tahun dimanfaatkan oleh pengguna jalan sebagai jalur alternatif untuk mempercepat perjalanan.

” Yang jelas kami merasa kecewa dengan penutupan tersebut. Perlintasan itu sudah sejak dari dulu ada, kenapa koq tiba-tiba sekarang ditutup,” ujar warga yang kebetulan ikut aksi protes pada Selasa (27/04) malam.

Sementara itu, PT. KAI Daop 8 Surabaya mengaku sangat menyesalkan atas tindakan yang sudah dilakukan oleh warga dengan membuka paksa portal perlintasan kereta api di jalan Pahlawan tersebut.

” PT. KAI bersama Dishub Provinsi serta Dishub Lamongan serta Muspika sudah sepakat untuk melakukan penutupan perlintasan itu,” ujar Ka Humas PT. KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Rabu (28/04).

Dia mengatakan, penutupan perlintasan di rel kereta api itu juga bertujuan sekaligus mencegah supaya tidak sampai terjadi kecelakaan lalu lintas di situ.

” disebabkan memang di perlintasan tersebut sangat rawan terjadi kecelakaan,” ucapnya.

Menurut dia, memang aturan undang undang 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian, kewenangan untuk itu ada di pemerintah daerah setempat. 

” Secepatnya PT KAI akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Lamongan, disebabkan penutupan kemarin juga kita lakukan bersama OPD terkait lainnya,” ungkapnya.

PT. KAI Daop 8 Surabaya juga akan mengajak warga sekitar untuk musyawarah guna mencari jalan keluar yang terbaik terkait dengan penutupan perlintasan kereta api itu. ard

Sumber »

MUST READ
JANGAN LEWATKAN
- Advertisement -