- Advertisement -
28 C
Sidoarjo
BerandaTechnologyGadgetReview Gadget, Review APC Back-UPS Pro 650VA BR650MI: UPS Premium untuk Komputer...

Review Gadget, Review APC Back-UPS Pro 650VA BR650MI: UPS Premium untuk Komputer serta Alat Elektronik Saat Pemadaman Listrik

Jakarta, PortalSidoarjo.com – Musim penghujan yang disertai petir sering membuat aliran listrik terputus. Jika listrik padam saat bekerja dengan komputer PC, bukan hanya akan merusak PC, tetapi juga dapat berakibat file corrupt disebabkan PC mati mendadak. Guna mengantisipasi hal itu, alangkah bijaksana bila Anda menggunakan alat Uninterruptible Power Supply atau disingkat UPS.

UPS berfungsi untuk memperpanjang waktu hidup perangkat elektronik sebelum ia benar-benar kehabisan daya akibat listrik padam. Selain PC, UPS juga dapat “menyelamatkan” konsol gaming anda, serta alat elektronik lainnya.

Dengan UPS, Anda mempunyai jeda waktu yang cukup (tergantung spesifikasi produk) untuk secara perlahan mematikan konsol gaming, serta komputer PC.

Lebih dari sekadar ‘penyelamat’, UPS juga berfungsi sebagai stabilizer perabot elektronik sehingga produk dapat mempunyai umur lebih panjang berkat arus tegangan listrik yang stabil.

Guna membahas lebih rinci, berikut kami hadirkan ulasan salah satu perangkat UPS terbaru dari brand APC by Schneider Electric. Sudah tersedia di marketplace Tokopedia, APC by Schneider Electric mempunyai variasi produk UPS yang kaya. Mulai dari 650VA sampai 1600VA dengan opsi Watt mulai dari 390W sampai 960W. Semakin besar Watt yang dipilih, menentukan semakin lama waktu yang disediakan.

Model UPS yang kami review kali ini ialah UPS APC Back-Ups Pro BR Series yakni BR650MI dengan 6 soket, penstabil arus listrik, serta LCD Interface. Dengan tegangan 650VA serta 390Watt, UPS ini dapat memberi tambahan waktu sampai 64 menit untuk PC.

Sudah dapat dibeli APC Official Store di Tokopedia, UPS APC Back-Ups Pro BR650MI 650VA 390Watt ini dijual dengan harga Rp2.400.000.

Spesifikasi

Ups 5

Ups 5

Hemat ruangan, BR650MI ialah perangkat UPS dengan model tower dengan dimensi 19×9,1x31cm serta bobot seberat 6,8 Kg. yang mengemas kapasitas baterai cadangan di bagian bawah. Tipe Back-UPS memang lineup UPS dari APC by Schneider Electric yang diperuntukkan untuk penggunaan pribadi di rumah maupun di kantor.

Baca juga :  Review Gadget, Review Oppo Enco Buds: Dengar Musik 24 Jam Non-stop

Layaknya UPS pada umumnya, fungsi utama BR650MI ialah jaga supaya komputer PC Anda tetap menyala meski lampu padam, memberi Anda perpanjangan waktu untuk terus bekerja dengan konsumsi daya rendah. Atau, jika workstation Anda tergolong rakus daya, maka dengan UPS dapat memberi Anda waktu untuk menyimpan file pekerjaan dengan aman serta mematikan komputer secara lebih beradab.

Kinerja Stabil

Brand kawakan, APC by Schneider Electric telah berpengalaman menghadirkan produk UPS sejak tahun 1984. Produknya dikenal handal serta sesuai dengan standar Internasional. Semua produk UPS dari APC by Schneider Electric sudah mencakup garansi resmi tiga tahun serta dijual dengan harga kompetitif.

Kami menggunakan UPS dari APC by Schneider Electric ini untuk bekerja dengan komputer PC, tetapi ini juga dapat menjadi #UPSforGaming yang akan “menyelamatkan” nyawa Anda ketika lampu padam saat bermain game di PC. Selama satu minggu, BR650MI sangat baik menangani tugas harian sebagai penstabil lonjakan arus. serta kami juga melakukan simulasi pemadaman listrik penuh untuk melihat seberapa cakap UPS ini benar-benar melindungi peralatan elektronik.

Desain Kekinian

Ups

Ups

Penampakan BR650MI terlihat seperti CPU komputer PC versi mini. Mayoritas warnanya hitam matte, dengan set garis glossy di bagian depan. Desain keseluruhan sangat rapi, semua soket serta port diletakkan di bagian belakang, ventilasi di samping, serta layar dengan beberapa kontrol terletak di bagian depan.

Dengan bobot hanya 6,8Kg, ukurannya masih cukup nyaman untuk ditaruh di atas meja. Terlebih disebabkan desainnya yang elegan. Tapi mungkin kalian lebih suka meletakkannya di bawah meja. serta itu tidak jadi soal. Paket baterai terletak di bagian bawah UPS, tersembunyi di balik panel geser.

Baca juga :  Review Gadget, Review Realme 8 5G : Smartphone 5G Rp3 Jutaan, Bodi Ramping Performa Kencang

Pengaturan Awal

PowerChute

PowerChute

UPS ini dilengkapi dengan baterai yang tidak terhubung, jadi menghubungkan baterai dengan benar ialah bagian terpenting dari proses pengaturan. APC membuatnya cukup mudah, Anda tidak memerlukan alat apapun untuk mengeluarkan serta memasang baterai.

Setelah menarik baterai, membaliknya, serta memasangnya kembali, UPS siap dipergunakan. tetapi, UPS memang tidak dikirimkan dengan baterai yang terisi penuh, jadi Anda harus mengisinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Baterai akan terisi penuh dalam 12 jam pengisian.

Secara teknis, BR650MI siap dipergunakan setelah baterai terisi, tetapi Anda juga perlu menginstal software PowerChute Personal Edition yang disediakan APC. Memasang PowerChute serta menghubungkan BR650MI ke komputer cukup cepat serta mudah, jika Anda membiarkan semua pengaturan pada default. Tetapi Anda juga dapat mengubah hal-hal seperti sensitivitas untuk beralih ke daya baterai, batas konsumsi daya, atau pengaturan lainnya.

Tampilan Layar LCD

Ups 20

Ups 20

Back-UPS Pro 650 hadir dengan layar kecil yang menunjukkan informasi penting seperti voltase input, status baterai, serta load (beban) saat ini. Anda dapat mengakses informasi yang jauh lebih rinci melalui PowerChute. Yang pasti, keberadaan layar LCD kecil ini sangat bermanfaat serta estetik secara tampilan.

Soket serta Port

Ups 10

Ups 10

UPS ini memiliki enam soket untuk disambungkan ke enam produk elektronik berbeda. Keenamnya sudah dilengkapi dengan penstabil lonjakan arus. Sayangnya, semua soket menggunakan colokan kaki tiga, sehingga Anda mungkin harus membeli adapter terpisah.

Selain soket, unit ini memberikan perlindungan lonjakan arus untuk koneksi Ethernet serta kabel. Ini juga memiliki port data tunggal yang dapat dipergunakan untuk menyambungkan ke komputer. Semua soket serta port terletak di bagian belakang perangkat.

Baca juga :  Review Gadget, Review Oppo Enco Buds: Dengar Musik 24 Jam Non-stop

Baterai

Ini ialah UPS 650VA, 390Watt. Tetapi angka-angka itu mengacu pada seberapa besar daya yang dapat disediakan perangkat, bukan berapa banyak daya yang disimpan baterai. Baterainya sendiri ialah unit 12 Volt yang dapat di-hot-swap tanpa perlu mematikan peralatan Anda.

Dalam pengaturan di kantor, kami menggunakan UPS BR650MI untuk dipasang ke monitor serta catu daya PC yang besar tanpa keluhan apapun. disebabkan kami tidak mengalami pemadaman listrik secara alami selama menggunakan Back-UPS Pro 650VA, kami akhirnya mensimulasikan pemadaman listrik dengan memutus sirkuit yang sesuai. Dengan UPS pada pengaturan default, arus daya segera bertukar ke UPS, jaga komputer kami tetap aktif serta menyediakan banyak waktu untuk menyimpan serta mematikan semua peralatan yang tersambung.

Kecepatan Pengisian

Ups 18

Ups 18

Bersama enam soket, port pengisian daya berada di belakang. UPS ini mampu mengeluarkan daya lebih dari 390 watt, sehingga Anda dapat dengan aman mengisi daya perangkat apa pun dengan kecepatan yang sama seperti yang biasa Anda alami dengan mencolokkan pengisi daya yang sama langsung ke soket di belakang.

Pada website resmi #SchneiderElectricID tertulis dibutuhkan waktu 12 jam untuk mengisi penuh baterai. tetapi kami hanya memerlukan sekitar delapan jam untuk mengisi baterai sampai penuh.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp2.400.000, Back-UPS Pro 650 sangat sepadan. Fitur utama Back-UPS Pro BR Series untuk pemakaian rumahan serta kantoran sangat cukup menghilangkan kekhawatiran akan pemadaman listrik tiba-tiba. Ditambah, BR650MI dapat menjadi stabilizer untuk arus yang keluar masuk PC, membuat komponen PC lebih awet.

Jika ingin mengetahui ragam produk APC by Schneider Electric lainnya, dapat langsung mengikuti akun media social mereka di Facebook, Instagram serta YouTube channel.

Sumber »

MUST READ
JANGAN LEWATKAN
- Advertisement -