24 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPeristiwaBatik telah diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia oleh...

Batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO pada 2 …

Batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Pengakuan ini didasarkan pada kriteria yang telah dipenuhi oleh batik, yaitu motif yang kaya akan simbol serta merepresentasikan makna filosofis dari kehidupan bermasyarakat.
.
Batik pertama kali hadir di Kampung Jetis pada tahun 1675. Pelopor seni batik ini merupakan seorang pendakwah agama islam bernama Mbah Mulyadi yang datang dari suatu kerajaan yang tidak diketahui namanya. Pada mulanya ia menyamar sebagai pedagang sehingga mempermudah untuk membaur serta akrab dengan masyarakat kampung. disebabkan hebat, akhirnya banyak masyarakat sekitar yang menjadi pengikutnya.
.
Saat aktif menyebarkan agama islam, ia membuka latihan membuat batik tulis pada para jamaah. Latihan membatik ini mereka lakukan di Masjid Jami’ Al-Abror yang juga didirikan oleh Mbah Mulyadi pada akhir tahun 1675. Hasil batik tulis yang dihasilkan ini diminati oleh para pedagang dari Madura. Sehingga seringkali mereka mendapat pesanan untuk membuat batik dengan corak Madura. Itulah mengapa batik tulis dari Kampung Jetis ini terkenal sebagai penghasil batik tulis Madura. Adapun ciri khas dari corak Madura ialah banyak menggunakan motif bunga dengan warna terang mencolok.
.
#sidoarjo #infodarjo #infosidoarjo #batik

 

Sumber » @infodarjo

MUST READ
JANGAN LEWATKAN
- Advertisement -