28 C
Sidoarjo
BerandaJatimPMI Fokus Tingkatkan Persediaan serta Kualitas Darah

PMI Fokus Tingkatkan Persediaan serta Kualitas Darah

Jusuf Kalla Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) mengatakan Unit Donor Darah (UDD) PMI terus meningkatkan ketersediaan serta kualitas darah yang berkesinambungan.

“Sesuai dengan tema Rakernis tahun 2020 ini ‘Darah yang aman untuk menyelamatkan kehidupan’ tentunya kita tidak hanya bertugas untuk jaga ketersediaan darah saja, tetapi jaga kualitasnya,” katanya, Sabtu (19/12/2020).

PMI senantiasa membantu Pemerintah terutama Kementerian Kesehatan untuk pemenuhan kebutuhan darah nasional yg aman, bermutu, berkualitas serta berkesinambungan.

Begitu juga dengan pemenuhan kebutuhan donor plasma konvalesen untuk terapi Penderita Covid-19 yang tentunya pemenuhan ketersediaan darah ini menjadi tanggung jawab semua.

Menurutnya, darah serta komponennya tidak ada pabriknya maka JK mengajak seluruh pengurus PMI serta UDD dari tingkat pusat, provinis hingga kota/kabupaten dapat melibatkan masyarakat , TNI/ POLRI serta aparatur sipil negara (ASN) untuk jaga persediaan darah nasional.

Sementara, Sudirman Said Sekretaris Jendral PMI mengingatkan pada seluruh jajarannya untuk selalu jaga ketersediaan darah di masing-masing UDD.

“Sudah menjadi kewajiban kita (PMI) untuk mencari berbagai solusi terkait persediaan darah, jangan sampai ada warga yang membutuhkan darah tetapi kesulitan mencarinya,” katanya dilansir Antara.

Setiap UDD PMI di daerah baik tingkat provinsi, kota serta kabupaten harus dapat melakukan terobosan serta berinovasi dalam menyediakan darah.

Selain itu juga harus mampu melakukan penggalangan dana CSR supaya dapat membantu meningkatkan kinerja UDD PMI.

Ketersediaan darah merupakan hal yang sangat penting, setiap UDD harus mampu mencari solusi untuk memenuhi stok darah, mulai dari jemput bola, bekerjasama dengan instansi lainnya serta mengadakan event-event yang dapat menggugah masyarakat untuk menjadi pendonor.

Kemudian memantapkan Sistem Informasi Donor Darah (Simsdondar) serta menyosialisasikannya pada masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sehingga dapat mendukung pelaksanaan UDD dari recruitment donor hingga distribusi ke rumah sakit.

Di sisi lain, Donor Plasma konsvalesen menjadi pembahasan utama pada Rakernis UDD Palang Merah Indonesia PMI yang diikuti oleh seluruh UDD tingkat provinsi.(ant/dfn)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x