28 C
Sidoarjo
BerandaJatimMendikbud Ajak Para Pendidik Hadirkan Kemerdekaan Belajar Tidak Hanya di Ruang Kelas

Mendikbud Ajak Para Pendidik Hadirkan Kemerdekaan Belajar Tidak Hanya di Ruang Kelas

Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat serta Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, serta Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD, Dikdas, serta Dikmen), menyelenggarakan Pertemuan Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PNPDBK) Tahun 2020.

Acara yang bertemakan “Saya bisa serta Saya Berprestasi Setiap Hari” ini berlangsung mulai tanggal 3 – 5 Desember 2020. Kegiatan ini diadakan juga untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember.

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) mengapresiasi semangat para pendidik serta peserta didik dalam melakukan pembelajaran meski di tengah pandemi Covid-19.

“Meskipun belajar terkendala, kita memastikan pembelajaran tidak terhenti, bagi setiap murid dengan berbagai kebutuhannya,” ujar Mendikbud secara virtual, Kamis (3/12/2020)

PNPDBK 2020 ialah satu diantara alternatif kegiatan belajar yang aman serta nyaman bagi peserta didik di masa pandemi. Tercatat, para peserta berasal dari SDLB, SMPLB, serta SMALB, dengan hambatan disabilitas fisik, intelektual, sensorik, serta ganda.

“Semoga peserta bisa memetik pengalaman serta ilmu yang bermanfaat untuk mewujudkan merdeka belajar serta membentuk karakter Pancasila,” kata Nadiem.

Mendikbud menjelaskan, target Merdeka Belajar ialah mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia. Kemendikbud ingin menciptakan sumber daya manusia unggul serta memiliki semangat sebagai Pelajar Pancasila, pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global serta berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila.

Karakter yang dimiliki seorang Pelajar Pancasila ialah beriman serta bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif.

“Pelajar inilah yang nantinya akan mengantarkan Indonesia pada kemajuan,” jelas Mendikbud.

Nadiem mengajak para pendidik untuk menghadirkan kemerdekaan belajar tidak hanya di ruang kelas tetapi melalui berbagai kegiatan di luar kelas.

Selain itu, Dia juga mengimbau para peserta untuk percaya diri, merdeka dalam berpikir serta merdeka untuk menentukan masa depan. Kondisi fisik bukanlah penghalang untuk meraih prestasi.

“Jadilah Pelajar Pancasila yang membanggakan kita,” tegasnya.

Sementara itu, Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden Republik Indonesia berpesan supaya para peserta menjadikan pandemi sebagai peluang untuk berkreasi. Ia juga mengajak generasi muda untuk meningkatkan literasi digital serta menggunakan sosial media dengan baik serta bijak.

“Gunakan itu untuk mengembangkan potensi kalian. Mari kita bersama-sama membawa Indonesia maju, Indonesia inklusif,” Imbaunya.

Supriyadi Wakil Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengapresiasi pelaksanaan kegiatan PNPDBK. Supriyadi mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan nafas kebijakan Kwarnas Gerakan Pramuka yaitu inklusif.

“Selamat pada adik-adik yang terpilih menjadi peserta, ikuti kegiatan dengan riang serta gembira,” tuturnya.

Acara PNPDBK 2020 merupakan hasil kolaborasi antara Direktorat Dikmas serta Diksus dengan Komisi Pembinaan Anggota Muda Kwarnas Gerakan Pramuka.(faz/lim)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x