27 C
Sidoarjo
BerandaJatimBPOM Luncurkan Pedoman Pendistribusian Vaksin Covid-19

BPOM Luncurkan Pedoman Pendistribusian Vaksin Covid-19

Badan Pengawas Obat serta Makanan meluncurkan pedoman pendistribusian vaksin Covid-19 yang akan menjadi salah satu panduan tata laksana penanganan terhadap infeksi virus corona jenis baru di Indonesia.

Penny K Lukito Kepala BPOM dalam jumpa pers via daring di Jakarta, Kamis (3/12/2020), mengatakan pedoman pendistribusian vaksin Covid-19 itu diluncurkan bersama dengan tiga pedoman pelayanan publik serta pengawasan produk farmasi serta satu panduan penerapan persyaratan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Penny menyebut tiga pedoman pelayanan publik serta pengawasan produk farmasi itu di antaranya panduan pemasukan obat melalui jalur khusus, panduan pengajuan serta pelaksanaan uji klinik selama Covid-19 serta panduan farmakovigilance serta pengawasan mutu selama Covid-19.

“Ini menjadi rujukan untuk tangani Covid-19,” kata Penny dalam “Peluncuran Informatorium Obat Covid-19 di Indonesia Edisi Dua serta Publikasi Pelayanan Publik serta Pengawasan Obat Selama Pandemi untuk Penanganan Covid-19”.

Ia mengatakan panduan informatorium obat Covid-19 kini memasuki edisi kedua yang diselesaikan tim BPOM pada November. Edisi pertama dibuat pada Maret atau ketika virus corona jenis baru mulai melanda Indonesia.

BPOM, kata dia, selaku regulator serta pengawas obat terus menggunakan pendekatan ilmu pengetahuan dalam mengaitkan karakteristik virus corona jenis baru.

Perkembangan virus SARS-CoV-2, lanjut dia, dinamis serta berkembang baik di Indonesia maupun di dunia.

“Pembaruan yang terus menerus dari informatorium perlu dilakukan mengingat info terkait khasiat keamanan terkait Covid-19 ini sangat dinamis,” kata dia.(ant/iss)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x