28 C
Sidoarjo
BerandaJatimTampung 1.000 Lebih Jemaah, Masjid Baitul Fikri Untag Diresmikan

Tampung 1.000 Lebih Jemaah, Masjid Baitul Fikri Untag Diresmikan

Drs. Bambang D.H., Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya meresmikan renovasi pembangunan dengan prosesi penandatanganan prasasti Masjid Baitul Fikri Untag Surabaya. Peresmian juga ditandai dengan serah terima pembangunan masjid oleh Ketua YPTA Surabaya, Drs. Ec. Mangapul Silalahi, MM., pada ketua Panitia Pembangunan Masjid sekaligus Kepala Pengelola Masjid, Muhammad Faisal, ST., MT.

Bambang DH menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya pada semua pihak YPTA maupun pengelola masjid yang telah berkontribusi dalam pembangunan masjid. Menurutnya, membenahi sarana ibadah merupakan salah satu wujud peningkatan pelayanan pada mahasiswa serta masyarakat.

“Renovasi ini juga menunjukkan penghargaan kita pada tempat ibadah,” tutur mantan walikota Surabaya ini saat memberi sambutan di halaman Masjid Baitul Fikri, Sabtu (21/11/2020).

Masjid Baitul Fikri merupakan salah satu wajah dari lembaga sebab tidak hanya mahasiswa yang menggunakan fasilitas masjid untuk beribadah sholat Jumat maupun ibadah lima waktu lainnya melainkan masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkan secara positif. Renovasi ini juga menjadi upaya lembaga mengoptimalkan pemanfaatan sarana prasarana.

“Atas nama pembina mewakili dewan pembina serta pengawas mengapresiasi serta berterimakasih atas berbagai upaya untuk meningkatkan layanan,” tambah Bambang DH.

Renovasi Masjid Baitul Fikri yang dilakukan sejak April 2020 ini meliputi memperluas ruang utama masjid, redesign mihrab masjid hingga menambah teras luar. Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Muhammad Faisal, ST., MT., menjelaskan perbaikan sistem drainase serta sanitasi serta dibangun tempat wudhu serta toilet dengan konsep modern serta kekinian.

Selain itu, tempat wudhu juga dipasang keran otomatis sehingga jamaah tak perlu lagi memutar keran. Bangunan masjid yang didirikan pada tahun 1994 ini, mulanya diprediksi menghabiskan waktu 4 bulan dalam mengerjakan renovasi, tetapi adanya pandemi menyebabkan target penyelesaian menjadi mundur.

Melatarbelakangi renovasi masjid dikarenakan pertambahan jumlah jamaah dari sivitas akademika Untag Surabaya. Selain itu, peran masjid yang bukan hanya sebagai tempat ibadah melainkan juga identitas kampus menjadikan perlunya perbaikan.

“Setelah dilakukan renovasi, Masjid Baitul Fikri yang sebelumnya hanya bisa menampung 500 jamaah, kini bisa menampung hampir 1100 jamaah. Mudah-mudahan ini bisa menjadi sarana bukan hanya sivitas akademika juga bisa mengakomodasi warga sekitar yang sering beribadah disini,” sambut Muhamad Faisal.

Setelah diresmikan, Masjid Baitul Fikri sudah bisa kembali menampung jamaah ibadah sholat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.(tok/iss)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x