Rabu, 2 Desember 2020
28.4 C
Sidoarjo
Rabu, 2 Desember 2020
Jatim 11 Negara Ikuti SuraBali 2020, Merasakan Budaya Indonesia

11 Negara Ikuti SuraBali 2020, Merasakan Budaya Indonesia

Mahasiswa dari 11 negara termasuk Indonesia mengikuti SuraBali 2020 yang digelar secara daring di Surabaya serta Bali. Melalui acara ini, peserta diajak merasakan berbagai hal tentang budaya masyarakat Indonesia.

Konsorsium SuraBali telah berlangsung sejak tahun 2018, tetapi tahun 2020 kali ini pelaksanaannya secara virtual dengan konsep community immersion. Peserta tahun ini mencapai 183 peserta yang berasal dari 11 negara mulai dari Malaysia, India, Tanzania (East Africa), Lithuania (Europe), Pakistan, Philippines, Mymanmar, Bangladesh, China-Hongkong, Turki serta Indonesia.

Kegiatan pembelajaran SuraBali diadakan secara bergantian masing-masing di tiga perguruan tinggi atau universitas yang sudah ditentukan masing-masing. “Sebelumnya mereka belajar di Universitas Udayana serta Universitas Airlangga. Baru kemudian terakhir di Universitas Kristen Petra. Terbagi dalam enam sesi pembelajaran online/virtual, para peserta diajak mengenal beberapa budaya, seni serta cara mengembangkan potensi komunitas setempat,” papar Sherly De Yong, S.Sn., M.T., Personal In Charge SuraBali 2020, Sabtu (21/11/2020).

Universitas Kristen Petra berfokus pada materi Urban Indo Art & Design yang dipegang oleh Fakultas Seni serta Desain digelar pada Jumat (20/11/2020) serta Sabtu (21/11/2020). Pada hari pertama membahas potensi kota serta desa dalam membangun budaya, seni serta desain.

Sedangkan hari kedua atau Sabtu (21/11/2020) dijadwalkan dibahas mengenai komunitas batik Jawa Timur, dengan materi diantaranya seni Sarong, filosofi serta bermacam seni kuliner Jawa Timur.

Secara keseluruhan para mahasiswa peserta Sura Bali 2020 dari 11 negara tersebut wajib mengikuti 27 jam pembelajaran online, serta 31 jam pembelajaran secara mandiri serta 31 jam proyek yang dikerjakan secara berkelompok. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini berupa kuliah, diskusi kelompok, workshop serta pembelajaran lapangan study field.

Pada program di UK Petra Surabaya, peserta diajak mengenal serta memahami seni serta budaya dalam konteks desa serta kota. Sabtu (21/11/2020) para peserta diajak belajar mengenai budaya Batik serta transformasinya serta filosofi Sarong (kain Batik yang kedua ujungnya dijahit membentuk lingkaran dengan keliling kurang lebih 2 meter).

Materi ini dibawakan oleh Dr. Ir. Lintu Tulistyantoro, M.Ds. Pada kesempatan itu, Lintu Tulistyantoro mengajak peserta bagaimana cara memakai kain batik. “Sehingga para peserta kami minta menyiapkan sebuah kain dari rumah mereka masing-masing serta belajar untuk menggunakan kain panjang dalam budaya Jawa Timur,” ujar Sherly.

Meskipun dilaksanakan secara daring, kuliah kali ini dikemas sangat menarik seperti talkshow sehingga tidak membosankan serta melelahkan. untuk proyek akhirnya pun para mahasiswa diminta membuat video atau podcast tentang apa yang sudah dipelajari di SuraBali. “So far today event was fun, I get excited to know about the Java East culture, the tradition and the city,” kata Nur Fatin Aqilah dari Universiti Teknologi MARA Malaysia.

Sementara itu, menanggapi pelaksanaan SuraBali 2020, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menyampaikan bahwa dari kegiatan ini diharapkan para mahasiswa peserta dari 11 negara ikut merasakan bagaimana budaya masyarakat Indonesia.

“Surabali 2020 diselenggarakan bersama oleh Universitas Kristen Petra (UK Petra), Universitas Airlangga (Unair) serta Universitas Udayana (Udayana) sebagai wadah untuk memperkenalkan serta merasakan budaya masyarakat Indonesia pada pemuda di seluruh dunia. Tahun ini tidak ideal seperti yang di rencanakan, disebabkan tidak bisa berkumpul serta untuk merasakan langsung budaya kami begitu juga sebaliknya, disebabkan pandemi Covid-19. Apresiasi saya untuk semua peserta yang datang dari 11 negara berbeda, mulai dari Asia, Eropa serta Afrika, serta tentunya dari Indonesia,” terang Djwantoro Hardjito.(tok/iss)

Sumber »

Komentar

Muhdlor Ali

Konten Terbaru

Dua Pekan Terakhir Jatim Masuk Daftar Provinsi dengan Penambahan Kasus Covid-19 Paling Banyak

Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, pekan ini ada peningkatan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan di Tanah Air.Berdasarkan data, kenaikan...

Nasi Liwet bakul #nasikotaksidoarjo #nasiliwetsidoarjo #nasitumpengsurabaya #na…

Nasi Liwet bakul #nasikotaksidoarjo #nasiliwetsidoarjo #nasitumpengsurabaya #nasitumpengsidoarjo #nasibakulsidoarjo #nasitumpengsurabaya #nasiliwetsidoarjo #nasikroyokansurabaya #nasikroyokansidoarjo Chat ---> WhatsApp : 087702876369

Wajik tetel sepasang…

Wajik tetel sepasang Chat ---> WhatsApp : 087702876369

Kepala BNPB akan Tinjau Kondisi Lumajang Selesai Erupsi Gunung Semeru

Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan meninjau langsung kondisi beberapa daerah di Lumajang, yang terdampak erupsi Gunung Semeru, sore nanti, Rabu...

Jangan Lewatkan

Dua Pekan Terakhir Jatim Masuk Daftar Provinsi dengan Penambahan Kasus Covid-19 Paling Banyak

Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, pekan ini ada peningkatan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan di Tanah Air.Berdasarkan data, kenaikan...

Kepala BNPB akan Tinjau Kondisi Lumajang Selesai Erupsi Gunung Semeru

Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan meninjau langsung kondisi beberapa daerah di Lumajang, yang terdampak erupsi Gunung Semeru, sore nanti, Rabu...

Pemerintah Resmi Mengurangi Jumlah Hari Libur Akhir Tahun

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia serta Kebudayaan mengatakan, libur akhir tahun 2020 dikurangi tiga hari.Dengan pengurangan tersebut, libur akhir tahun yang sebelumnya...

Command Center Meralat Data Korban Kecelakaan yang Meninggal di Lidah Wetan

Andrayani (51) meninggal dunia dalam kecelakaan di Lidah Wetan, Selasa (1/12/2020) siang.Data korban ini sekaligus meralat pemberitaan sebelumnya. Di mana data sebelumnya diberikan oleh...